Tech & Auto

Google Nexus 5X dan Nexus 6P Telah Dirilis Secara Resmi

sinyal-smartphone-banner

Beberapa hari yang lalu Google telah mengumumkan tentang sistem operasi terbarunya, yaitu Android Marshmallow. Hari ini, tepatnya Rabu (30/09/2015) dini hari WIB atau Selasa siang waktu San Fransisco, Amerika Serikat, raksasa Google telah merilis dua smartphone terbarunya, yaitu Nexus 5X dan Nexus 6P. Keduanya sangat istimewa karena merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android Marshmallow. Google membuat dua ponsel ini untuk menyaingi iPhone 6s, Samsung Galaxy S6, dan Sony Xperia Z5 Premium yang saat ini menduduki posisi tertinggi di pasar gadget.

Google menggandeng dua vendor yang sudah terkenal untuk menggarap proyek ini, yakni LG dan Huawei. LG memproduksi Nexus 5X, sedangkan Huawei mengerjakan Nexus 6P.  Kedua produsen ini membekali masing-masing ponsel dengan fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk disandingkan dengan smartphone kelas premium.

Nexus 5X diusung memiliki layar yang berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1080p serta kerapatan pixel sebesar 423 ppi. Masalah dapur pacu, ponsel ini dipersenjatai dengan Chip hexa-core Snapdragon 808, RAM sebesar 2 GB, serta memori internal sebesar 16 GB dan 32 GB. Namun sayangnya Nexus 5X tidak dibekali dengan slot microSB untuk menambah kapasitas penyimpanan. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki ponsel ini ialah port USB yang sudah menggunakan USB-C dan fitur pemindah jari. Masalah kamera, Nexus 5X sudah menggunakan kamera utama sebesar 12,3 MP dan kamera belakang 8 MP yang dilengkapi dengan dual flash-light serta auto-focus laser. Sehingga bidikan kamera akan lebih tajam dibanding kamera smartphone lain.

Sedangkan Nexus 6P memiliki performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Nexus 5X. Smartphone ini memiliki fitur unggulan seperti perekaman video 4K dengan fitur slow motion 240fps. Masalah layar, ponsel ini memiliki resolusi 2560p dengan kerapatan 515 ppi. Kamera juga masih sama dengan Nexus 5X, yaitu kamera utama 12,3 MP dan kamera depan 8 MP. Di sektor pacu, Nexus 6P menggunakan Qualcomm Snapdragon 810 yang dipadukan dengan RAM 3 GB serta memori internal yang terbagi menjadi tiga varian, mulai dari 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB. Nexus 6P juga memiliki baterai yang cukup unggul jika dibandingkan dengan pesaingnya karena mengusung baterai non-removable 3450 mAh. Untuk port sambungannya juga menggunakan USB-C serta mobile wireless Project Fi sama seperti Nexus 5X.

Hingga kini, Nexus 5X dan Nexus 6P sudah dapat dipesan melalui Google PlayStore. Google akan mempromosikan ponsel ini di pasaran mulai 25 Oktober 2015 mendatang. Masalah harga, Nexus 6P dibanderol mulai dari harga 499 dollar AS atau setara dengan Rp 7,3 juta. Sedangkan Nexus 5X dibanderol dengan harga 379 dollar AS (Rp 5,5 jutaan) untuk varian 16 GB dan 429 dollar AS (Rp 6,2 jutaan) untuk varian 32 GB.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top