Tech & Auto

Google Photos Akan Berbayar Tahun Depan

Google Photos Akan Berbayar Tahun Depan

This post is also available in: English

Google Photos menawarkan penyimpanan foto tanpa batas untuk para penggunanya yang ingin menyimpan foto maupun video mereka secara gratis dengan kualitas yang tinggi.

Setelah dirilis pada tanggal 28 Mei 2015 yang terhitung 5 tahun dari sekarang, Google memutuskan untuk mengakhiri kebijakan dalam menyediakan penyimpanan foto tanpa batas yang gratis diperkirakan dimulai pertengahan tahun 2021.

Google Photos sendiri merupakan layanan penyimpanan dan berbagi foto secara online dari Google. Google mengumumkan kepada pengguna bahwa hanya akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB per pengguna untuk mengunggah foto dengan kualitas original setelah tanggal 1 Juni 2021. Ruang penyimpanan ini bisa dibilang hampir sama dengan yang digunakan oleh Gmail dan Drive.

Dilansir LoperOnline dari blog resmi Google, Jum’at (13/11/2020) pemberlakuan ini akan resmi dilakukan pada 1 Juni 2021. Artinya, mulai tanggal tersebut semua foto yang diunggah akan diberlakukan dengan sama, baik itu foto dengan kualitas yang original maupun tinggi. Sebelum ini hanya foto yang berkualitas original alias tidak dikompres maupun diedit yang dihitung di dalam ruang penyimpanan, sementara foto yang diunggah dengan kualitas tinggi yang dikompres dianggap gratis.

Meskipun akan ada perubahan dalam penyimpanan Google Photos, pengguna tidak perlu khawatir mengenai foto-foto lama mereka yang tersimpan di dalamnya. Semua foto, video maupun dokumen yang telah diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021 tidak akan dihitung karena sudah di back-up sehingga dianggap gratis dan dibebaskan dari batas penyimpanan. Yang dihitung hanyalah semua foto, video, maupun dokumen yang diunggah setelah tanggal tersebut.

Agar foto, video, maupun dokumen yang diunggah sebelum tanggal 1 JUni 2020 aman, maka pengguna harus melakukan backup. Untuk mengatur hal tersebut, pengguna harus membuka Google Photos, pilih Pengaturan kemudian pilih “Backup & Sinkronisasi dan aktifkan. Setelah itu pilih mode backup dan pilih kualitas tinggi untuk mem-backup foto dengan resolusi tinggi.

Backup Setting

Perubahan tersebut tidak berlaku bagi pengguna Pixel dimana mereka masih tetap bisa mengunggah foto dengan kualitas tinggi secara gratis meskipun dilakukan setelah tanggal 1 Juni 2021 dan tentunya tanpa perlu memikirkan batasan kapasitas penyimpanan.

Selain melakukan perubahan di kapasitas penyimpanan, kabarnya Google juga akan menerapkan kebijakan baru terkait penghapusan data di akun yan tidak aktif atau tidak pernah login setidaknya selama 2 tahun berturut-turut. Hal itu juga berlaku untuk akun Google yang tersambung ke Gmail maupun Drive dimana jika pengguna melebihi batas penyimpanan selama dua tahun, maka Google akan menghapus konten yang ada di Gmail maupun Drive.

Sebelum itu, Google akan memberikan notifikasi beberapa kali sebelum dilakukan penghapusan konten baik foto, video maupun dokumen yang dianggap kadaluarsa. Oleh karena itulah, pengguna diharapkan untuk selalu mengecek Gmail, Drive, Google Photos untuk mengetahui notifikasi tersebut.

Selain itu, Google juga akan menerapkan Storage Management Tools di Google Photos yang didalamnya memiliki sebuah tool yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menemukan maupun menghapus foto yang sudah tidak diinginkan.

Sebelum perubahan ini akan dilakukan tentunya pengguna masih memiliki waktu untuk memutuskan apakah tetap menggunakan layanan Google Photos atau beralih ke yang lain. Menurut Google sendiri dengan penyimpanan hingga 15GB tersebut tidak akan penuh setidaknya sampai 3 tahun penggunaan. Jika penyimpanan tersebut hampir mencapai batasan, maka akan ada pemberitahuan dari Google. Ketika kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB itu penuh, maka pengguna memiliki pilihan untuk menggunakan layanan Google lainnya yaitu Google One.

Bukan tanpa alasan pihak Google akan memberlakukan perubahan tersebut pada Google Photos. Google sendiri berharap dengan adanya perubahan ini setidaknya akan lebih banyak pengguna yang mendaftar ke layanan Google One jika masih ingin menggunakan layanan dari Google.

Seperti yang dilansir dari blog resmi Google, Jumat (13/11/2020) bahwa saat ini sudah lebih dari 4 triliun foto yang disimpan di Google Photos dimana setiap minggunya terdapat 28 miliar foto maupun video baru yang diunggah di layanan tersebut. Dikarenakan banyak yang bergantung pada Google Photos untuk menyimpan foto, maka hal itu sangatlah penting bagi Google.

Oleh karena itu, Google bukan hanya menawarkan layanan yang baik tetapi juga terus menerus berusaha untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam jangka panjang. Oleh karena itulah, Google mengubah kebijakan dalam penyimpanan foto, video maupun dokumen kualitas tinggi yang unlimited di Google Photos. 

Selain itu, Google melakukan perubahan ini bertujuan untuk mengimbangi permintaan penyimpanan yang terus meningkat. Bisa dibilang ini adalah suatu perubahan yang besar dan mungkin saja mengejutkan pengguna. Oleh karena itulah, dengan adanya tulisan yang ada di blog resmi Google bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna sebelum perubahan itu dilakukan. Perubahan mengenai kapasitas penyimpanan di Google Photos ini berlaku di semua platform baik itu Android, iOS maupun Windows.

Nah itulah informasi baru mengenai salah satu layanan dari Google untuk menyimpan foto, video maupun dokumen yang akan dilakukan perubahan pada penyimpanannya. Layanan yang dimaksud adalah Google Photos yang akan memiliki penyimpanan unlimited foto gratis hanya 15GB.

Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang merupakan pengguna Google Photos sehingga kalian bisa mengetahui kebijakan baru yang dibuat Google terkait penyimpanan di Google Photos yang baru akan diberlakukan pada tanggal 1 Juni 2021. Selamat membaca.

To Top