Tech & Auto

Google Wajibkan Produsen Sematkan Fitur Doze

produk Google

Beberapa waktu yang lalu versi terbaru dari Android memang telah dirilis, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Beberapa smartphone juga telah dikabarkan akan mencicipi versi OS yang satu ini, yaitu Nexus 5X dan Nexus 6P. Salah satu fitur unggulan yang ada pada OS ini ialah mode Doze.

Mode Doze merupakan fitur baru yang telah dikembangkan oleh Google untuk menghemat konsumsi daya pada baterai saat pengguna tidak sedang menggunakan perangkat. Canggih kan? Kehadiran fitur ini memang cukup menguntungkan pengguna. Google pun merasa fitur ini bermanfaat, sehingga pihaknya membenamkan mode Doze pada sistem operasi terbarunya.

Oleh karena itu, Google mewajibkan para produsen smartphone Android lainnya untuk menghadirkan fitur ini pada setiap smartphone buatan mereka. Bahkan Google menjadikan fitur ini sebagai salah satu syarat saat pabrikan smartphone Android hendak memproduksi ponsel tersebut dengan seluruh layanan Google, termasuk pencarian Google dan pemetaan. Tak hanya itu saja, Google juga telah menegaskan bahwa pabrikan tersebut juga harus melaporkan secara akurat mengenai informasi konsumsi baterai dari beragam aplikasi yang ada pada smartphone.

Mode Doze nantinya akan bekerja secara otomatis untuk mematikan beberapa proses aplikasi yang sedang berjalan ketika smartphone sedang tidak digunakan. Kurang lebih fitur ini akan sama ketika pengguna sedang mengaktifkan airplane mode. Namun fitur Doze tidak akan mematikan fitur-fitur utama lainnya seperti SyncAdapter yang gunanya untuk mensinkronisasi data, alarm manager, dan job scheduler.

Sejak dirilis, sejauh ini Android Marshmallow akan digunakan oleh beberapa produsen smartphone lain seperti Samsung, Sony, Motorola, dan Huawei.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top