Tech & Auto

Hal yang membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

smartphone Android

Kini, ponsel tidak lagi menjadi barang mewah. Dari kalangan bawah hingga kalangan atas pun dapat memilikinya. Selain adanya harga ponsel yang begitu miring, benda tersebut juga menjadi suatu alat komunikasi yang begiu diperlukan. Terlebih para pengguna android yang aktif dengan medsos. Kuantitas pemakaian ponsel lebih banyak dibandingkan pengguna ponsel biasa. Penggunaan ponsel yang kurang tepat akan membuat kerusakan pada ponsel terutama baterai. Apa saja yang membuat baterai ponsel cepat rusak? Simak hal berikut;

  • Mengoperasikan Ponsel Saat Di-Charge

Menggunakan ponsel sambil di-charge bukan hal yang jarang dilakukan anak muda zaman sekarang. Apalagi jika mereka aktif dengan sosial media, gemar maen game atau suka mendengarkan musik. Pasti meeka tidak akan betah berlama-lama untuk mematikan posel dan memaksakan menghidupkan ponsel ketika di charge. Bukan hanya menghidupkan, tidak segan-segan mereka juga memakainya sambil mendengarkan musik, aktifin sosial media ataupun mendengarkan musik. Hal tersebut mengakibatkan suhu perangkat naik lebih dari biasanya dan dampaknya baterai akan cepat rusak.

  • Menggunakan Ponsel Sampai Baerai Habis

Terkadang kita terlalu mengabaikan hal ini. Asik menggunakan ponsel dan sengaja akan mengisi baterai ketika baterai benar-benar habis. Hal tersebut sangatlah tidak disarankan untuk jenis baterai litium. Agar menjaga keawetan baterai, minimal menyisakan daya 20% kemudian langsung mengisi ulang baterai. Jika membiarkan mengisi baterai ketika sudah benar-benar kosong, hal tersebut akan cepat merusak baterai.

  • Mengisi Baterai Terlalu Lama

Seringkali kita mengisi ulang baterai sebelum tidur, agar keesokan harinya baterai penuh. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran/kerusakan baterai. So, jangan sampai mengisi ulang ketika benar-benar habis dan juga jangan terlalu lama mencharge baterai. Kedua hal tersebut akan mempercepat kerusakan pada baterai.

  • Menggunakan Charger yang Tidak Ori

Charge merupakan bagian penting dalam mengisi daya baterai. Terkadang kita tidak terlalu memperhatikan kualitas charger, yang penting baterai terisi penuh. Padahal jika itu dilakukan secara terus-menerus, akan membuat baterai cepat rusak. Selain itu, charge yang tidak ori akan cepat rusak. Lebih baik memberi barang mahal dan berkualitas dan keawetannya terjamin.

  • Menggunakan Ponsel pada Suhu Panas

Jangan menyepelekan hal ini, pemakaian ponsel pada suhu yang panas juga akan mempercepat mesin ponsel juga cepat panas, terutama pada baterai. Maka hindari pemakaian ponsel ketika terik matahari.

Itulah beberapa hal yang membuat baterai ponsel cepat rusak.. Ponsel memang alat komunikasi yang sangat diperlukan di era ini, bukan berarti karena harganya yang terjangkau kemudian kita seenaknya memperlakukan benda tersebut. Gunakan ponsel seperlunya dan beli perangkat ponsel ori untuk menjaga keawetan pada ponsel

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top