Tech & Auto

‘Hawa’ Tawarkan Solusi Bagi Permasalahan Wanita

Portal Berita

Semakin canggihnya infomasi serta kehadiran Smartphone membuat sumber informasi semakin cepat didapatkan. Hal ini membuat para pengguna gadget khususnya yang berbasis Android sering kali menambahkan aplikasi tambahan untuk menunjang informasi dan pengetahuan. Termasuk para wanita yang mulai butuh berbagai aplikasi khusus dalam smartphone-nya.

Kebutuhan akan berbagai informasi yang fokus akan dirinya sangat dibutuhkan wanita urban saat ini. Ragam aplikasi yang ditujukan khusus wanita semakin beragam dengan hadirnya “Hawa”. Aplikasi ini mencoba menjawab kebutuhan wanita sekarang ini. Dikembangkan oleh perusahaan asal Singapura, Pinneapple Connect, Hawa mencoba membidik pengguna wanita mulai dari kalangan pelajar, pekerja muda, ibu muda, wanita
karir, dan pasangan yang baru menikah. Secara spesifik, aplikasi ini ditujukan pagi wanita yang ada di rentang 15 tahun ke atas.

“Kami sangat bangga, serta bersemangat bahwa pada hari ini, kami dapat memperkenalkan sebuah aplikasi yang mengerti akan perjuangan keseharian yang dialami oleh wanita Indonesia. Dengan aplikasi ini, seorang wanita yang sedang mencari jawaban yang valid atas masalah kewanitaan akan menemukan sebuah kelompok (community) yang berbagi masalah serupa dan dapat menemukan jawaban bersama,” ungkap Elisa, Perwakilan Hawa, pada laman Metronews.

Aplikasi Hawa menjadi asisten bagi para wanita mengatasi beberapa masalah pribadi mereka, seperti menstruasi, kesuburan, kehamilan, dan gaya hidup sehat. Tenang, aplikasi ini tidak sembarangan karena bekerja sama dengan pakar dan ahli di bidangnya masing-masing, seperti ahli gizi, dokter, OBGYN, dan lainnya yang terpilih sebagai penasihat bagi pengguna aplikasi.

Pengguna bisa mendapatkan berbagai artikel seputar masalah perempuan mulai dari kesehatan, kecantikan, penampilan, asmara hingga hijab dari pakarnya dalam fitur “Tips”. Tidak hanya itu, Hawa juga memberi fasilitas berbagi daring agar pengguna dapat berbagi kisah dan bertanya lewat forum komunitas sesama pengguna lewat fitur “Hawa
Sosialita”.

Topik yang dibicarakan bervariasi, meliputi kesehatan, kecantikan, curahan hati, gaya hidup, entertainment, pernikahan dan kasak kusuk. Pengguna aplikasi juga dapat menulis pengalaman dalam dalam fitur “Yuk Berbagi”, tulisan-tulisan tersebut bisa dibagikan ke media sosial lain seperti Twitter dan Facebook.

Bantu Atur Siklus Datang Bulan

Dengan aplikasi Hawa, wanita bisa menghitung sendiri apakah siklus menstruasinya teratur atau tidak. Bukan hanya itu, media sosial ini juga dapat mengingatkan wanita tiga hingga dua hari menjelang jadwal haid agar tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang bisa berpengaruh terhadap menstruasi.

Nada Rusli, Public Relation dari aplikasi Hawa, mengatakan bahwa setelah melalui riset, Hawa menjadi media sosial pertama yang punya fitur unik fokusnya memang ke menstruasi. Setelah meng-input jadwal haid, dua atau tiga hari sebelum masa haid akan ada pemberitahuan agar jangan minum telalu dingin atau banyak makan pedas. Ia mengatakan aplikasi tidak menggunakan anyone tips. “Setiap orang tipsnya berbeda-beda tergantung data diri yang mereka isi di awal. Tips itu tentu dari pakarnya dan sudah melalui riset,” tambah Nada.

Proses pembuatan Hawa dimulai sejak awal tahun ini karena terinspirasi dari aplikasi serupa yang sudah berkembang di Asia seperti Taiwan, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Namun Hawa baru dijalankan bulan lalu dan kini sudah ada sekitar 300 pengguna. Aplikasi Hawa baru bisa diunduh di Android. Sementara untuk iPhone, baru bisa diunduh sekitar tiga bulan lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top