HP Terkena Virus, Tanda dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui bahwa virus atau malware tidak bisa diremehkan begitu saja. Tidak hanya menyerang PC atau laptop saja, virus dan malware juga menyerang smartphone, salah satunya Android. Android bukan termasuk perangkat yang benar-benar aman. Android menjadi salah satu target serangan dari virus atau malware tersebut.

Berbagai macam dampak yang disebabkan virus seperti handphone menjadi rusak, data-data yang ada di handphone tidak bisa dibuka, bahkan hilang, handphone menjadi lambat dalam beroperasi, dan masih banyak lagi.

Meski telah dilakukan pencegahan, tampaknya masih ada celah yang dimanfaatkan virus atau malware untuk masuk ke dalam sistem Android. Hal itu tentunya sangat membahayakan, baik bagi si pengguna maupun handphone Android itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui ciri-ciri handphone yang terkena virus,  bagaimana tips untuk melindungi handphone dan apa saja aplikasi yang dapat melindungi handphone dari serangan virus atau malware.

Ciri-ciri HP Yang Terkena Virus

Mudah dalam mengenali apakah handphone tersebut terkena virus berbahaya atau tidak. Jika teliti, maka pengguna akan merasakan hadirnya virus tersebut pada handphone miliknya. Berikut ini ciri-ciri handphone yang terkena virus berbahaya:

Boros dalam penggunaan kuota internet

Virus ataupun Malware diciptakan untuk mencuri data pengguna seperti kata sandi atm banking, nomor telepon, dan lainnya.

Data yang dicuri tersebut akan dikirimkan melalui internet sehingga kuota internet secara otomatis akan cepat habis

Handphone menjadi lambat ketika beroperasi

Virus atau Malware memang tidak terlihat tetapi kehadirannya mampu membuat handphone beroperasi lambat. Hal itu dikarenakan aktivitas yang dihasilkan oleh keduanya terlalu banyak

Daya baterai cepat habis

Meskipun pengguna telah mengaktifkan fitur “hemat daya” dan hal tersebut ternyata masih tidak berpengaruh pada hematnya daya baterai, kemungkinan handphone telah terkena sebuah virus

Seringnya panggilan terputus ketika menelpon

Telepon terputus ketika sinyal tidak stabil itu sudah biasa. Namun berbeda jika sinyal dalam keadaan bagus tetapi telepon tiba-tiba terputus, maka pengguna patut waspada jika hal tersebut bisa disebabkan karena adanya virus atau malware pada telepon pengguna

Cara Agar HP Tidak Terkena Virus

Untuk melindungi handphone kita dari serangan sebuah virus sebenarnya adalah hal yang mudah. Kita harus berhati-hati dalam mengunduh sebuah aplikasi yang tersebar di Google Play Store jika handphone yang dimiliki Android. Selain itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh pengguna agar handphone tetap aman dari virus:

Unduh dan Install aplikasi dari toko aplikasi resmi

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah jangan pernah mengunduh dan menginstall aplikasi selain dari toko aplikasi resmi seperti menginstall dari website-website aplikasi yang tersebar di internet.

Hal itu dikarenakan aplikasi-aplikasi yang didapatkan dari website membawa virus atau malware yang dapat merusak handphone. Unduh dan install aplikasi melalu toko aplikasi resmi seperti Google Play Store maupun App Store.

Periksa terlebih dahulu nama pengembang dari aplikasi yang ingin di install

Perlu diketahui bahwa di Google Play Store banyak sekali aplikasi palsu yang tersebar. Untuk itu, sebelum menginstallnya periksa dulu pihak pengembangnya agar terhindar dari sesuatu yang sifatnya merusak sistem operasi pada handphone

Selalu memperbarui sistem operasi

Tips ini sangat berguna karena setiap adanya pembaruan pada handphone, semua fitur yang ada tentunya ikut diperbarui pula. Hal ini membuat handphone menjadi aman dari serangan virus atau malware.

Bacalah review aplikasi dari pengguna lain

Sebelum memutuskan untuk menginstall sebuah aplikasi baru, bacalah terlebih dahulu review yang diberikan terkait aplikasi tersebut. Jika banyak yang memberikan review negatif, kemungkinan aplikasi tersebut palsu dan bermasalah yang bisa saja mengirimkan sebuah virus berbahaya pada handphone

Hindari klik iklan yang muncul ketika mengakses sebuah website

Perlu diketahui bahwa setiap iklan yang muncul ketika browsing ternyata menghasilkan malware yang merusak handphone. Jika kita mengklik iklan tersebut, kita telah membiarkan virus masuk ke dalam handphone tanpa kita sadari.

Jangan mengklik tautan yang tidak jelas sumbernya

Seringkali kita mendapatkan link tautan tidak jelas dari broadcast-broadcast yang terkirim ke media sosial. Ketika kita mendapatkan hal seperti itu, usahakan jangan mengklik-nya. Bisa saja link tautan tersebut membawa sebuah virus maupun malware. Hal itu berbeda jika link tautan tersebut memang aman, maka pengguna boleh membukanya.

Pasang aplikasi keamanan antivirus terbaik dari toko aplikasi resmi

Setelah mengikuti beberapa tips di atas, alangkah lebih baik lagi jika pengguna juga memasang beberapa aplikasi antivirus terbaik sehingga handphone akan semakin aman dari virus dan malware.

Antivirus Terbaik

Di Google Play Store ada beberapa aplikasi antivirus terbaik yang sudah terbukti keamanannya diantaranya:

Look Out – Antivirus dan Keselamatan

Lookout Mobile Security

Di Google Play Store aplikasi ini bernama Antivirus & Keselamatan yang dibuat oleh Lookout Mobile Security.

LookOut termasuk salah satu aplikasi antivirus terbaik yang terbukti telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna yang tercatat di Google Play Store. Saat ini, LookOut Antivirus menjadi satu-satunya aplikasi All in One yang menawarkan perlindungan handphone dari virus sekaligus perlindungan identitas pengguna.

Beberapa perlindungan yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya Security dan Antivirus serta Find My Phone. Selain itu, ada beberapa perlindungan tambahan yang bisa didapatkan dengan akun LookOut premium seperti Breach report, Theft Allert, Safe Browsing, Privacy Advisor, dan Lock & Wipe.

Phone Cleaner – Android Clean, Master Antivirus

Phone Cleaner

Aplikasi Phone Cleaner – Android Clean, Master Antivirus merupakan sebuah aplikasi pembersih virus maupun sampah yang membantu dalam mengoptimalkan handphone pengguna. Dengan mekanisme pembersihan yang super cepat mampu meningkatkan kinerja handphone dengan menghapus semua sampah sisa, chace, apk usang dan data-data yang terindikasi sebuah virus. Aplikasi ini mengklaim dirinya sebagai aplikasi antivirus terbaik karena mendapatkan rating tertinggi di Google Play Store sebanyak 12+ dengan jumlah unduhan lebih dari 10 juta pengunduh.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjamin keamanan handphone seperti Junk Cleaner, Free Antivirus, Safe Browsing, WiFi Security, App Lock, One Tap Boost Cleaner, CPU Cleaner, dan masih banyak lagi

Kaspersky Mobile Antivirus: App Lock & Web Security

Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi antivirus terbaik kedua yaitu Kaspersky Mobile Antivirus: App Lock & Web Security yang telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi Kaspersky ini adalah solusi untuk melindungi handphone dari serangan virus yang berbahaya secara gratis.

Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain perlindungan antivirus, pemeriksaan latar belakang, fitur temukan lokasi dan mengunci handphone jika hilag maupun dicuri, anti pencurian, App Lock, Anti Phishing, Dan Filter Web.

Safe Security – Antivirus Gratis, Pembersih

Safe Security

Aplikasi antivirus terbaik ketiga adalah Safe Security – Antivirus Gratis, Pembersih yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Awalnya aplikasi ini terkenal dengan nama “360 Security”, namun setelah ada pembaruan, nama aplikasi ini diubah menjadi “Safe Security”. Aplikasi ini mengklaim dirinya dapat membersihkan dan mencegah virus dan sampah dengan proses scanning.

Keuntungan  yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi ini di handphone diantaranya bisa membersihkan sampah yang tidak diperlukan, mencegah data dalam perangkat agar tidak jatuh ke pengguna yang salah, menghemat penggunaan daya baterai, pengunci privasi dan aplikasi, dan mengelola ruang penyimpanan dengan menghapus data dari file apk yang tidak diperlukan. Jika pengguna lebih menyukai aplikasi antivirus yang sederhana, maka wajib untuk menginstall aplikasi Safe Security ini.

Memang benar jika tidak ada yang namanya perangkat aman dari serangan virus atau malware yang berbahaya termasuk Android. Akan tetapi, semua itu setidaknya bisa diatasi jika pengguna berhati-hati dalam penggunaan handphone termasuk pengunduhan aplikasi baru. Jika ada suatu aplikasi yang terlihat meragukan termasuk aplikasi yang tidak jelas atau yang mendapatkan review buruk dan lainnya, sebaiknya jangan di install di handphone Itu semua harus dihindari sebagai bentuk pencegahan masuknya sebuah dari virus maupun malware yang berbahaya ke dalam handphone kita. Untuk itu, hati-hati dalam menginstall sebuah aplikasi baru!

This website uses cookies.