Tech & Auto

Huawei Mate 40 RS Porsche Design Collection Edition Menjadi Alternatif Dari Thermo Gun

Huawei Mate 40 RS Porsche Design

This post is also available in: English

Saat ini, Huawei mencoba melakukan perbaikan di bagian sektor kamera dengan melakukan pengembangan bersama Leica agar mendapatkan posisi di peringkat puncak kamera terbaik. Selain itu, Huawei juga melakukan peningkatan di elemen-elemen lain agar menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Salah satu upaya peningkatan yang dilakukan oleh Huawei di produk terbarunya adalah dengan menambahkan fitur yang bisa digunakan sebagai thermo gun untuk mengukur suhu. Berikut ulasan Huawei Mate 40 RS Porsche Design.

Di acara peluncuran produk barunya yang diadakan di Shanghai pada Kamis, 22 Oktober 2020, Huawei mengenalkan beberapa produk smartphone terbarunya yaitu seri Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, Pro+ dan lainnya. Namun, ada satu produk yang dari awal sudah menarik perhatian pengunjung yaitu Huawei Mate 40 RS Porsche Design Collection Edition.

Hal yang mampu menarik perhatian pengunjung dari ponsel ini adalah ketika pemeriksaan keamanan di acara peluncuran produk tersebut, Mate 40 RS Porsche Design ini terlihat digunakan sebagai thermo gun untuk mengukur suhu tubuh para pengunjung secara real time melalui sensor suhu inframerah belakang untuk mencegah penyebaran virus yang saat ini sedang melanda dunia yaitu Covid-19.

Huawei Sensor Termo

Hal itu bukan suatu yang kebetulan. Kabarnya Huawei Mate 40 RS Porsche Design ini dilengkapi dengan fitur sensor suhu inframerah yang memiliki sensor khusus yang dapat mendeteksi suhu minus antara 20 oC sampai 100oC. Sensor ini terdapat pada kamera belakang ponsel yang akan mendeteksi suhu baik itu benda, manusia atau entitas lainnya yang diukur dengan menerima energi inframerah. Jadi, sensor tersebut akan mengetahui berapa derajat celcius suhu tubuh yang diukur dari energi yang diterima inframerah.

Cara kerja fitur pengukur suhu di Mate 40 RS Porsche Design sebenarnya sama dengan cara kerja dari aplikasi yang dirilis oleh platform pengujian publik Huawei yang bernama Thermometer dimana aplikasi ini hanya mendukung Mate 40 RSz dengan kode produk KUL-AN10. Cara kerjanya yaitu pengguna harus menyelaraskan posisi sensor dengan objek pengukur suhu. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sejajarkan posisi perangkat dengan sumber panas yang tidak terhalang apapun dalam jarak 50 cm dari udara. Kemudian letakkan perangkat pada jarak 1-3 cm dari benda yang diukur. Setelah itu, klik “Pengukuran Suhu” dan tahan dengan kuat hingga bergetar. 

Kemungkinan dari situlah yang membuat pihak Huawei akhirnya melengkapi salah satu ponsel Collection Edition terbarunya yaitu Mate 40 RS Porsche Design dengan fitur sensor inframerah sehingga bisa digunakan sebagai Thermo gun untuk mengukur suhu tubuh dimana fitur ini sangat bermanfaat apalagi di tengah pandemi Covid-19. Pemeriksaan suhu tubuh adalah salah satu bagian dari pemeriksaan yang penting untuk mencegah penyebaran virus.

Selain memiliki fitur yang canggih dimana fitur pengukur suhu tubuh tersebut sangat dibutuhkan saat ini, Huawei Mate 40 RS juga memiliki spesifikasi yang tinggi dan canggih. Ponsel ini hadir dengan Porsche Design dimana desain untuk bagian eksteriornya harus dipesan terlebih dahulu di perusahaan desain terkenal. Ponsel ini merupakan satu-satunya dalam seri yang mampu merekan video hingga 8K. Huawei Mate 40 RS Porsche hadir dalam dua pilihan warna yaitu Ceramic White dan Ceramic Black.

Huawei Mate 40 RS Porsche Design memiliki dimensi layar 6.76 inci dengan resolusi 1344×2772 pixel. Layar ponsel ini telah menggunakan panel OLED dengan refresh gate hingga 90Hz dan screen body ratio hingga 94,1%. Di bagian sektor kamera, ponsel ini memiliki 5 lensa di kamera belakang dengan kamera utama 50MP, lensa ultrawide 20 MP, lensa telephoto 12MP, lensa superzoom 8MP, 3D Dept Sensing dan satu LED Flash. Sedangkan di kamera depan memiliki dua lensa yaitu lensa kamera utama 13MP dan 3D Depth Sensing

Huawei Mate 40 RS Porsche ini menggunakan chipset Kirin 9000 5G dengan fabrikasi 5 nm yang didukung dengan Octa-core CPU dan GPU Mali-G78 MP24. Ponsel ini menggunakan sistem OS Android 10 yang didukung dengan EMUI 11 dengan tidak adanya Google Play Service. Ponsel ini dilengkapi dengan kapasitas baterai 4.400mAh yang didukung fitur Fast Charging 66W.

Untuk penyimpanan internalnya, Mate 40 RS Porsche Design memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang cukup besar yaitu RAM 12GB dengan memori internal 512GB dan adanya slot memori MicroSD hingga 256GB. Ponsel ini bertipe Dual SIM dengan menggunakan USB type C. Untuk jaringannya sendiri, ponsel ini telah mendukung jaringan 5G. Selain itu juga mendukung jaringan lainnya mulai dari GSM, HSPA, dan LTE. Selain fitur sensor pengukur suhu atau infrared thermometer sensor, Huawei Mate 40 RS Porsche juga dilengkapi dengan fitur Face ID, Fingerprint, accelerometer, gyro, proxymity, barometer, compass, dan color spectrum.

Kabarnya ponsel ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 39 jutaan. Mahalnya harga tersebut tentunya berhubungan dengan lengkap dan canggihnya spesifikasi yang dimiliki. Selain itu, adanya fitur sensor infrared sebagai thermo gun tersebut yang membuat ponsel ini memiliki harga jual tinggi.

Belum ada keterangan resmi mengenai kapan pastinya produk ini bisa dipesan di Indonesia, namun ponsel ini rencananya akan resmi rilis di publik pada bulan November 2020 ini. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian mengenai produk terbaru dari Huawei yaitu Mate 40 RS Porsche Design. Selamat membaca.

To Top