Tech & Auto

Indonesia, Basis Terdepan UC Web Browser di Asia Tenggara

Portal Berita

UC Web Browser, mesin pencari ketiga paling terpopuler di dunia versi Statcounter, menggebrak industri teknologi informasi di Indonesia. Bagaimana tidak, mereka secara resmi memperkenalkan browser mereka dan membangun markas besar region Asia Tenggara di Indonesia. Ini semua bentuk komitmen UC Web dalam upayanya untuk meningkatkan kehadirannya di pasar internet mobile Indonesia.

Paska diakuisisi oleh Alibaba Grup tahun 2014, UC Web kian gencar melebarkan sayapnya keluar Tiongkok. Browser yang dikenal dari lambang tupainya ini memang digemari karena kecepatan dan kegesitannya.

Dalam Global Mobile Internet Conference (GMIC) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu, Director International Business Development UC Web, Kenny Ye, mengatakan browser mobile-nya menguasai lebih dari 38% pangsa pasar Indonesia per Juli 2015 berdasarkan layanan analisis trafik pihak ketiga StatCounter.

Kecepatan browsing UC Browser dicapai melalui percepatan pageload dan teknologi kompresi data. Popularitas UCWeb juga dipicu oleh mentalitas “Going Glocal” yang bekerja secara lokal di negara tempatnya beroperasi. Selain di Indonesia, UC Web populer di India. Di Indonesia, UCWeb sudah memiliki tim staf lokal untuk operasional hariannya.

“Kami senang bisa memperkenalkan platform ini di sini untuk melayani para pengembang Indonesia. Selain UC Browser, browser mobile kami, yang membantu para mitra kami menjangkau para pengguna, kami juga memiliki UC Union, sebuah platform komersialisasi dan promosi bagi para pengembang aplikasi,” ujar Jonathan Zhong, Managing Director, UC Web Indonesia, pada laman techinasia.

Perusahaan asal Tiongkok ini juga menjalin kerjasama dengan para penyedia konten dan layanan lokal agar UC Browser juga kaya informasi lokal. Jonathan menambahkan hingga saat ini perusahaannya telah bekerja sama dengan sekitar 30 developer lokal untuk dipamerkan dalam aplikasi UC Web Browser.

UC Web Menuju Desktop

Karena peminat UC Browser semakin meningkat, UC Web mulai melebarkan sayapnya. UC Web mulai mengembangkan aplikasi Browser ke Desktop.

“Dalam sebuah survey terbaru dari pengguna UC Browser mobile, kami menemukan bahwa banyak dari mereka yang menggunakan PC sebagai sarana bekerja selain dari mobile,” ujar Jerry Wen, Head of Product Initiative UC Web Browser.

“Selain itu, banyak dari mereka yang menyukai fitur pada versi mobile kami dan ingin menggunakan pada desktop mereka. Kami pun menanggapi lebih lanjut permintaan pasar mengenai fitur browsing yang tersedia pada perangkat desktop. Kami pun percaya bisa meningkatkan popularitas kami sebagai browser PC dengan mengedepankan kebutuhan pengguna sebagai prioritas kami,” ungkapnya lagi

UC Browser PC dilengkapi dengan berbagai fitur penting yang disukai oleh para fans yang menggunakan UC Browser mobile. Misalnya, Cloud Sync yang memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan sinkronisasi tab dan bookmarks dari UC Browser di perangkat mobile. Dengan demikian pengguna bisa dengan nyaman browsing di perangkat mobile maupun desktop. UC Browser PC juga memiliki kemampuan download cepat dengan pilihan untuk melanjutkan proses download jika terjadi masalah koneksi. Selain itu, UC Browser PC pun dilengkapi dengan file manager pintar yang secara otomatis mampu mengkategorikan file yang di-download berdasakan jenis file.

Sama seperti UC Browser mobile, di versi dekstop pun dilengkapi pre-loading yang membuat foto dan link sebelumnya sehingga penggunanya dapat langsung membuka dan melakukan browsing tanpa batas. Fitur lain yang bisa ditemukan pada UC Browser adalah Add-ons, themes, adblock, gesture support dan speed dials yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top