Tech & Auto

Ini Alasan Office 365 Lebih Unggul Daripada Google Docs

Portal Berita

Dengan semakin canggihnya zaman, penyimpanan file dan data kita tak terbatas hanya melalui perangkat fisik saja. Hal ini dibuktikan dengan munculnya penyimpanan data berbasis digital yang dikenal dengan sebutan Cloud Storage. Cloud Storage merupakan sebuah teknologi penyimpanan dat digital dengan memanfaatkan server virtual sebagai media penyimpanan. Teknologi ini tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun selain perangkat komputer maupun gadget yang dilengkapi layanan koneksi internet.

Contoh cloud storage adalah Google Docs dan Microsoft Office 365. Keduanya merupakan pesaing berat di kelas penyimpanan data digital sekarang ini. Banyak yang lebih menyukai penggunaan Google Docs namun tak sedikit yang menggunakan Office 365. Kali ini akan dibahas mengenai kelebihan Microsoft Office 365 dalam menyiman data digital yang lebih baik dibandingkan dengan Google Docs.

Office 365 sebagai cloud storage memungkinkan penggunanya bisa bekerja di tempat mana pun dan mendukung fitur koneksi sosial, terlihat dari kemampuannya menyediakan informasi update mengenai rekan yang berteman dengan pengguna di sosial media seperti Skype, Facebook, atau Twitter. Office 365 juga bisa digunakan secara online maupun offline untuk melakukan editing dan viewing. Selain itu Office 365 mendukung penyimpanan data digital ini hingga kapasitas yang cukup besar yaitu 20 GB. Masalah keamanan di Office 365 pun tidak perlu dikhawatirkan karena Microsoft sendiri adalah perusahaan teknologi yang kerap bergelut dengan serangan cyber dan hacker sehingga Microsoft sendiri sudah terbiasa menangani masalah keamanan.

Jika Office 365 bisa memudahkan penggunanya dengan fasilitas pengerjaan yang harus secara offline terlebih dulu, beda halnya Google Docs yang meminta penggunanya mengerjakan secara online sehingga secara tidak langsung pengguna dipaksa untuk selalu memiliki koneksi internet setiap akan menggunakan Google Docs. Hal ini tentu sangat mengganggu bila mana pengguna sedang tidak memiliki koneksi internet atau memang jaringannya sedang buruk padahal harus mengerjakan pekerjaannya saat itu juga. Mengatasi hal ini, Office 365 memberikan kemudahan untuk penggunanya mengerjakan secara offline terlebih dulu dan ketika pengguna sudah memiliki jaringan koneksi internet maka data akan bisa disimpan.

Keunggulan yang dimiliki oleh Office 365 meliputi:

  1. Easy Collaboration, yang berati berkolaborasi dengan mudah. Para pengguna yang sama-sama sudah menjadi teman dapat berkolaborasi dengan mudah dan dapat dikerjakan bersama-sama dan juga dan berkumpul menjadi satu dan membahas suatu pekerjaan.
  2. Document Fidelity, yang berati dokumen yang tersimpan di udara. Dokumen dapat diakses tanpa media penyimpanan (perangkat keras), namun dapat diakses dengan media penyimpanan udara yang bisa diakses dimanapun dengan mudah, tanpa takut data hilang.
  3. Familiar Tools, yang berarti tools penggunaan yang sudah dikenal. Office 365 ini sama persis dengan paket Microsoft Office yang sudah dikenal oleh masyarakat. Tombol-tombol atau tools yang digunakan sudah sering dilihat dan memudahkan pengguna .
  4. Significant Savings, mirip dengan document fidelity, yang berati pengguna dapat menghemat biaya dari pembelian perangkat keras. Kemudian bisa mengurangi penggunaan energi terus menerus, dan dapat dikembangkan dengan mudah dan relevan.
  5. Mengurangi Capital Expenditure (CAPEX) di perangkat
  6. Melupakan Infrastruktur IT dan pemeliharaannya
  7. Mengoptimalkan bisnis
  8. Sistem dan hardware selalu up-to-date tanpa bingung installasi
  9. Kebebasan untuk bekerja dalam semua perangkat

Perbandingan antara Office 365 dengan Google Apps.

Fungsi

Google Apps

Office 365

Word ProcessingGoogle DocsMicrosoft Word
SpreadsheetGoogle SheetsMicrosoft Excel
PresentationsGoogle SlidesMicrosoft Powerpoint
EmailGmailOutlook
WebsiteGoogle SitesMicrosoft Sharepoints
StorageGoogle DriveMicrosoft Skydrive
Instant MessagingGoogle TalkMicrosoft Lync
Video ConferencingGoogle HangoutMicrosoft Lync
Social NetworkGoogle+So.cl
Note TalkingGoogle KeepMicrosoft OneOne
1 Comment

1 Comment

  1. Putra Eka

    Februari 10, 2016 at 1:20 pm

    Saya pake dua2nya tapi kebanyakan pakai google docs, karena gratis tanpa perlu ms office yang berbayar (walaupun tetap menggunakan ms office untuk pekerjaan kantor)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top