Tech & Auto

Ini Beberapa Smartphone yang Memiliki Kemampuan Merekam Video 4K!

memotret dengan kamera smartphone

Saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Dahulu jika ingin mendapatkan foto yang bagus, pengguna harus rela merogoh kocok yang cukup dalam untuk membeli kamera digital atau DLSR. Namun saat ini nampaknya hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Beberapa smartphone telah memiliki kamera yang cukup mumpuni, bahkan kemampuannya dapat disandingkan dengan kamera DLSR.

Kini beberapa smartphone kelas atas telah memiliki kemampuan merekam video 4K. Video 4K merupakan istilah yang dipakai untuk mendefinisikan resolusi sebesar 4.096 x 2.160 piksel pada aspek rasio 16:10. Namun, karena 16:9 merupakan aspek rasio standar untuk sensor kamera pada smartphone, maka video 4K yang dihasilkan adalah 3.840 x 2.160 piksel. Video beresolusi 4K ini memiliki beberapa keunggulan antara lain gambar terlihat tajam, lebih detail, dan jelas. Smartphone apa saja yang telah memiliki fitur ini? Berikut ini merupakan beberapa tipe smartphone kelas atas yang memiliki kamera dengan kemampuan merekam video 4K.

iPhone Apple 6s dan iPhone 6s Plus

Smartphone kelas atas yang sangat populer ini jelas sudah dibekali dengan kemampuan video 4K. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dibekali dengan kamera beresolusi 12 MP dengan sensor 1,22-micron pixel. Sedangkan lensanya terdiri dari 5 elemen dengan aperture f/2.2 dan mendukung fitur phase detection autofocus serta dual-tone LED Flash. Sedangkan kemampuan merekam video, seri iPhone 6s dapat merekam video dengan resolusi 2160p pada 30fps (4K), 1080p pada 60fps, 1080p pada 120fps, dan 720p pada 240fps (slow motion). Jika ingin menghasilkan video yang lebih optimal lagi, kamera seri iPhone 6s dilengkapi juga dengan fitur optical image stabilization (OIS).

Samsung Galaxy S6 Series dan Galaxy Note5

Samsung pun tak ingin kalah dengan smartphone keluaran Apple. Samsung meluncurkan beberapa smartphone dengan kemampuan merekam video 4K, seperti Samsung Galaxy S6 Series (Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Edge, dan Samsung Galaxy S6 Edge Plus) dan Samsung Galaxy Note 5. Seluruh tipe ponsel Samsung di atas memiliki kamera dengan resolusi 16 MP. Fitur lain yang disematkan ialah kemampuan merekam audio dengan jernih, OIS, dan continous autofocus.

Sony Xperia Z5, Z5 Compact, dan Z5 Premium

Beberapa smartphone dari Sony Xperia Z5 ini juga dilengkapi dengan kamera yang memiliki kemampuan merekam video 4K. Pada seri Z5, kamera utama yang digunakan memiliki resolusi sebesar 23 MP dengan  sensor Exmor RS 1/2.3″. Selain itu, terdapat juga fitur OIS serta sistem super cepat hybrid autofocus.

LG G4

LG G4 juga memiliki kemampuan serupa. Smartphone ini mempunyai sensor kamera 16 MP 1/2.6″ dengan dukungan laser autofocus dan optical image stabilization. LG G4 sempat digadang-gadang sebagai “rajanya kamera smartphone” saat pertama kali ini dirilis karena kemampuan mengambil gambarnya yang sangat baik.

Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P

LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P memiliki kemampuan sensor Sony 12,3 MP dengan aperture f/2.0 dan ukuran piksel 1,55 micron-pixel. Kameranya juga mampu merekam video 4K pada 30fps per detik. Untuk menunjang performa kameranya, terdapat juga fitur laser autofocus dan dual-LED (dual tone) Flash.

Itu tadi 10 smartphone yang memiliki kemampuan merekam video 4K. Dengan segala fitur yang ada, cukup mumpuni kan jika dibandingkan dengan kamera DSLR? Selain itu, beberapa smartphone di atas juga lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja. Sehingga kebutuhan untuk mengabadikan momen kapan saja dan di mana saja bisa terpenuhi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top