Tech & Auto

Clubhouse Booming, Berikut Aplikasi Berbasis Audio Populer Lainnya

Aplikasi Berbasis Audio Populer

Saat ini, aplikasi Clubhouse tengah menjadi perbincangan banyak orang. Aplikasi berbasis audio ini ramai diperbincangkan setelah digunakan oleh CEO dari Tesla yaitu Elon Musk. Sebenarnya, selain Clubhouse, ada banyak aplikasi berbasis audio yang tidak kalah populer, bahkan aplikasi-aplikasi tersebut sudah ada sejak lama.

Namun, kepopuleran Clubhouse membuat aplikasi-aplikasi sejenis was-was sehingga mereka berlomba-lomba untuk menambahkan fitur menarik agar tidak kehilangan pengguna. Lalu, apa saja aplikasi sejenis Clubhouse yang tidak kalah populer? Penasaran? Yuk simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Twitter Audio Spaces

Twitter Audio Spaces
Foto fitur Audio Spaces di Twitter

Twitter mengembangkan sebuah fitur yang dinilai hampir mirip dengan aplikasi Clubhouse yaitu Audio Spaces. Dalam fitur ini juga berupa ruang obrolan dimana pengguna akan saling terhubung melalui audio. Ruang obrolan dalam fitur ini juga terdapat host, pembicara dan pendengar.

Kepopuleran dari Clubhouse membuat Twitter mempercepat proses pengembangan fiturnya. Baru-baru ini, fitur Audio Spaces telah diperbarui pada tampilan jumlah pembicara dan pendengar.  Secara mekanisme memang benar jika Audio Spaces sangatlah mirip dengan Clubhouse.

Twitter sudah mengembangkan fitur ini sejak lama, namun baru dirilis dalam versi beta pada Desember 2020 untuk sebagian kecil pengguna iOS. Kabarnya, fitur ini akan secara resmi dirilis pada tahun 2021.

Discord

Discord
Foto logo aplikasi Discord

Discord menjadi platform untuk komunitas para gamer untuk berkomunikasi satu sama lain melalui panggilan suara, panggilan video, pesan teks, media, dan file dalam suatu ruang obrolan pribadi atau bagian dari komunitas yang disebut server. Namun, sejak dirilis tahun 2015, Discord sudah banyak digunakan oleh komunitas dunia maya.

Dalam aplikasi Discord, pengguna bisa membuat ruang obrolan terpisah dengan topik yang disukai seperti halnya di aplikasi Clubhouse. Discord bisa beroperasi di Windows, MacOS, Android, iOS, Linux maupun peramban web. Di tahun 2020, pengguna aplikasi ini sudah mencapai 140 juta.

Riffr

Riffr
Foto logo aplikasi Riffr

Riffr merupakan sebuah aplikasi berbasis audio yang berbentuk micro-podcast. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa membuat podcast dalam durasi yang singkat kemudian diunggah ke feed pengguna. Biasanya durasi podcast dari aplikasi Riffr sekitar lima detik sampai 30 menit. Untuk topik, pengguna bisa mencarinya sendiri sesuai yang ingin dibicarakan. Kini, Riffr telah tersedia di iOS maupun Android.

Spoon

Spoon
Foto logo aplikasi Spoon

Spoon adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan streaming audio digital sosial. Aplikasi ini dirilis pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2013. Bisa dibilang bahwa Spoon termasuk salah satu aplikasi mobile radio sosial pertama yang dinaungi oleh MYKOON.

Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat membuat siaran pribadi dengan membagikan cerita, ide, musik favorit dan lainya. Di sini akan memberikan kontrol penuh bagi kalian yang ingin membagikan pengalaman-pengalaman menarik kapan pun yang diinginkan.

Tidak hanya itu, Spoon bisa juga digunakan untuk streaming konten pengguna lain maupun berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui audio.

Nah, dari keempat aplikasi di atas, aplikasi mana yang pernah kalian coba?

To Top