Tech & Auto

Instagram Hadirkan Fitur Pencarian Dengan Keyword

Instagram Hadirkan Fitur Pencarian Dengan Keyword

This post is also available in: English

Siapa yang tidak mengenal Instagram di era milenial seperti sekarang ini. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa pun ada yang menggunakan Instagram. Memang tidak semua orang memiliki akun Instagram, namun kebanyakan orang menggunakan Instagrma untuk membagikan momen dalam sehari-hari.

Instagram yang biasanya disingkat dengan IG merupakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto maupun video yang memungkinkan pengguna mengambilnya dengan menerapkan filter-filter yang ada di Instagram. Apalagi saat ini banyak sekali filter-filter menarik yang membuat orang-orang terutama kaum muda tertarik untuk mengambil gambar dengan kamera yang ada di salah satu aplikasi milik Facebook ini.

Ketika pengguna Instagram ingin mencari sesuatu yang diinginkan,  biasanya mereka menggunakan hashtag maupun nama akunnya. Namun, saat ini pengguna sudah bisa melakukan pencarian tidak dengan kedua cara tersebut. Pencarian di Instagram kali ini semakin meningkat.

Saat ini, hanya dengan mengetik keyword yang dimaksud, maka pengguna dapat menemukan sesuatu yang dicari dengan mudah. Hal itu dikarenakan Instagram baru saja menghadirkan fitur baru yang mempermudah penggunanya melakukan pencarian hanya dengan keyword yang ditulis di update selanjutnya.

Perlu diketahui bahwa fitur ini akan dirilis pertama kali untuk para penggunanya yang menggunakan bahasa Inggris di sejumlah negara. Seperti yang dilansir dari The Verge, Sabtu (21/11/2020) mengungkapkan bahwa fitur pencarian keyword baru hadir untuk beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi termasuk negara Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Kanada, dan wilayah lainnya. Akan tetapi mengenai waktu kapan dirilisnya masih belum ada penjelasan lebih lanjut. Masih belum jelas kapan fitur tersebut tersedia untuk wilayah dan bahasa dari negara lain.

Fitur semacam ini memang sangat diperlukan pengguna yang memang ingin kemudahan dalam mengakses media sosial khususnya Instagram. Pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan keyword dianggap lebih mampu untuk membantu pengguna yang ingin mencari video maupun foto yang tidak memiliki hashtag atau yang hanya menggunakan hashtag yang tidak jelas. Hal itu berbeda jika melakukan pencarian dengan menggunakan hashtag.

Dengan hashtag memang cukup berguna, tetapi jika digunakan untuk mencari foto maupun video pengguna akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, dengan adanya update terbaru ini pengguna Instagram bisa langsung melakukan pencarian dengan keyword tertentu sesuai dengan yang diinginkan, tanpa perlu menggunakan hashtag yang lebih spesifik.

Misalnya jika sebelumnya pengguna yang ingin mencari “baju tunik” dengan menggunakan hashtag #bajutunik atau juga dengan menulis “baju tunik” di kolom pencarian, maka yang akan muncul adalah akun-akun yang berhubungan langsung dengan apa yang diketik.

Namun, saat ini Instagram akan menampilkan postingan yang berhubungan dengan “baju tunik” sesuai dengan keyword yang digunakan oleh pengguna maka yang muncul adalah pilihan dari “baju tunik” yang dimaksud. Misalnya baju tunik panjang, baju tunik dewasa, baju tunik anak-anak, dan lainnya. Mengenai bagaimana Instagram akan mengidentifikasi konten yang sesuai dengan keyword, hal itu masih menjadi misteri.

Contoh dengan keyword “baking recipes”

Mengenai cara kerja dari fitur ini, pihak Instagram belum mengungkap secara detail mengenai cara kerjanya. Namun, kabarnya Instagram nantinya akan menggunakan beberapa faktor untuk menemukan konten mana yang mengandung sejumlah keyword seperti jenis konten, caption, waktu unggahan sebelum akhirnya menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword. Dengan hal ini, Instagram juga menggunakan machine learning yang digunakan untuk mencari konten yang berkualitas tinggi yang mana sesuai dengan pencarian pengguna.

Sepertinya Instagram akan melakukan pembatasan pada pencarian keyword untuk istilah-istilah tertentu. Pengguna bisa mencari sesuatu sesuai dengan keyword yang mengandung topik umum maupun keyword yang sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh Instagram. Fitur ini memang masih dirilis di beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk wilayah dengan bahasa lain, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Demikian informasi mengenai fitur baru dari Instagram yang dapat melakukan pencarian hanya dengan keyword. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian bahwa akan ada update terbaru di Instagram, namun masih jelas kapan fitur tersebut dirilis di Indonesia. Selamat membaca dan jangan lupa beri komentar ya.

To Top