Tech & Auto

Intip Desain dan Keunggulan Ponsel Oppo Find X3

Desain dan Keunggulan Ponsel Terbaru Oppo Find X3

Jagat dunia maya kini heboh dengan kehadiran Oppo Find X3 yang sempat menjadi perbincangan hangat setelah kehadiran Oppo A93 sebelumnya. Meski Oppo belum merilis secara resmi, tapi tetap saja kemungkinan Oppo akan merilisnya cukup menarik perhatian para netter. Bagaimana tidak? Bocoran spesifikasi tentang Ponsel seri Find X3 telah dapat Anda temukan pada berbagai platform media sosial.

Seri Find X memang merupakan ponsel yang cukup mewah apabila Anda bandingkan dengan seri-seri lain. Apalagi Indonesia yang menjadi pasar Oppo yang terbesar dan pembeli yang cukup loyal membuat seri ini cukup laris pada pasaran Indonesia.

Bocoran terkait spesifikasi Oppo Find X muncul pada laman benchmark Geekbanch. Pada laman tersebut, Geekbench mengonfirmasi sejumlah spesifikasi yang akan hadir pada Oppo seri Find X3. Apa saja bocorran dari spesifikasi Oppo Find seri X3? Berikut ini beberapa spesifikasi dari ponsel tersebut.

1. Nilai Benchmark Oppo Find X3

Skor benchmark merupakan salah satu patokan dalam menilai kualitas dari suatu ponsel. Nilai benchmark akan didapat melalui penilaian dari beberapa spesifikasi seperti GPU, CPU, RAM dan performa UX. Apabila suatu ponsel memiliki skor benchmark yang tinggi, terdapat kemungkinan ponsel tersebut memiliki kualitas yang juga lebih tinggi daripada yang lain.

Oppo Find X3 muncul degan nomor seri Oppo PEDM00 muncul pada laman Geekbanch dengan 2 skor benchmark yang berbeda. Pada pengujian single core, seri X3 hanya mendapatkan skor benchmark sebesar 4.280. Sedangkan untuk pengujian multi-core, seri X3 mendapatkan skor benchmark lebih besar yaitu 12.843.

2. Motherboard

Pada bagian motherboard yang akan Oppo Find X3 gunakan, laman Geekbanch chip menunjukan kode “kona”. Chip dengan kode kona tersebut kemungkinan besar adalah Snapdragon 865. Hal itu sangat bertentangan dengan booran seri Find X3 yang telah muncul sebelumnya. Pada bocoran tersebut mengatakan bahwa seri Find X3 akan menggunakan chipset Snapdragon 870 yang sangat baik pada kelasnya. Tentu hal tersebut sangat disayangkan sebab chipset Snapdragin 865 lebih rendah daripada Snapdragon 870.

3. Sistem Android Oppo Find X3

Sistem Android Oppo Find X3
Sistem Android Oppo Find X3

Karena Oppo seri Find X merupakan seri yang cukup mewah sehingga spesifikasinya juga lebih tinggi apabila Anda bandingkan dengan telepon genggam pada entry level. Oleh karena itu, Oppo juga tidak ingin memberikan yang setengah-setengah untuk gawai ciptaanya. Hal itu terbukti dengan pemberian sistem OS yang terbaru pada Oppo Find X3 yaitu Android 11.

Untuk saat ini, sistem Android 11 merupakan sistem Android yang terbaru dan terbaik. Meskipun telah terdengar desas-desus kehadadiran sistem OS Android 12.

4. RAM dan ROM

Pada laman situs pengujian benchmark tersebut juga menyertakan spesifikasi tentang RAM milik Oppo PEDM00 yang tak lain adalah Oppo Find X3. Tertulis spesifikasi RAM yang Oppo berikan untuk ponsel terbarunya tersebut cukup besar, yaitu 8 GB. Meski begitu, tampaknya seri Find X3 tidak akan hadir dengan hanya satu varian RAM. Biasanya akan terdapat varian RAM dengan harga ponsel yang juga berbeda.

Walaupun pada bocoran spesifikasi tersebut menuliskan tentang jumlah RAM yang akan ada pada seri Find X3. Tetapi laman tersebut tidak menjelaskan tentang memory internal secara lebih lanjut. Walau begitu, desas-desus sebelumnya telah mengatakan bahwa seri Find X3 akan hadir dengan varian memori internal sebesar 256 GB. Sama seperti RAM, seri Find X3 kemungkinan juga akan hadir dengan beberapa variasi pilihan ROM yang berbeda.

5. Tampilan Oppo Find X3

Tampilan Oppo Find X3
Tampilan Oppo Find X3

Terkait rumor tentang Oppo Find X3, kabarnya ponsel pintar tersebut tidak akan memiliki layar Super Amoled, melainkan hanya Full HD Plus. Hal itu tentu sangat disayangkan jika mengingat seri Find X3 akan menjadi sebuah ponsel mewah. Bukan tanpa alasan, banyak ponsel-ponsel flagship dunia yang memilih layar Super Amoled. Kelebihan layar Super Amoled yaitu pada tampilannya yang sangat tajam dan jernih.

Meski begitu, layar Full HD Plus bukanlah sebuah mimpi buruk. Layar pada seri Find X3 akan memiliki resolusi sebesar 1.080 x 2.412 piksel. Hal itu tentu cukup bagus apabila hanya Anda gunakan untuk sekedar menonton film atau berselancar internet.

6. Kamera Oppo Find X3

Bocoran ini terkait dengan Oppo yang sedang bekerjasama dengan Sony untuk menciptakan kamera chip buatan yang akan keduanya beri nama Sony IMX789. Meski begitu, hingga saat ini masih belum dapat untuk kita ketahui ponsel Oppo manakah yang akan mendapatkan chip kamera tersebut. Terdapat kemungkinan Oppo Find X3 atau Oppo Reno 6 yang juga akan segera rilis.

Jika seri Find X3 tidak mendapatkan chip Sony IMX789, masih terdapat kemungkinan jika ponsel tersebut akan mendapatkan Sony IMX766. Chip kamera IMX766 merupakan chip kamera yang juga pernah hadir untuk seri Oppo Reno 5.

7. Antarmuka ColorOS

 Antarmuka ColorOS
Antarmuka ColorOS

Menurut kabar yang beredar, Oppo akan memberikan Antarmuka ColorOS terbarunya yaitu ColorOS 11.2. Kelebihan dari ColorOS 11.2 ada pada user customization yang membuat penggunanya dapat meningkatkan personalisasi dari penggunanya.

Selain itu juga ColorOS 11.2 juga menghadirkan Darkmode dengan skema tiga warna dan tingkatan kontras yang berbeda. Tidak hanya itu, pengguna juga memiliki lebih banyak pilihan untuk menciptakan tema, wallpaper, nada dering, hingga ikon sesuai kemauan dari penggunanya.

Itulah 7 spesifikasi dari Oppo Find X3 yang masih misteri terkait kapan perilisannya. Bocoran tentang spesifikasi tidak dapat terkonfirmasi kebenarnya. Pasalnya, belum ada informasi resmi dari pihak Oppo itu sendiri.

To Top