Tech & Auto

Sudah Kantongi Restu, Inilah Perkiraan Waktu Beredarnya iPhone 12 Di Indonesia dan Harganya

iPhone 12 Di Indonesia Beserta Harganya

iPhone 12 dikabarkan akan dijual tanpa adanya charger maupun earbud kabel di box kemasannya. Meskipun demikian, Apple nantinya akan merilis charger baru dengan kecepatan 20W sebagai aksesoris iPhone menggantikan charger yang lama.

iPhone 12 ini menjadi iPhone pertama yang menggunakan teknologi 5G. Kabarnya iPhone 12 ini nantinya menggunakan layar dengan panel OLED yang menampilkan warna terang dan tajam. Karena itulah mengapa iPhone 12 diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang mahal.

Mengenai kehadiran iPhone 12 di Indonesia bisa dibilang semakin dekat. Hal itu dikarenakan pada akhir Oktober 2020 lalu, iPhone 12 telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian.

Selain harus mendapatkan sertifikan TKDN sebesar 30% untuk perangkat 4G, ponsel yang akan beredar di Indonesia juga wajib mendapatkan sertifikasi dari Ditjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) dari Kemenkominfo terkait frekuensi dari radio yang digunakan.

Berdasarkan informasi yang beredar, kini seri dari iPhone 12 mulai dari iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Mini telah mendapatkan sertifikasi-sertifikasi tersebut yang artinya iPhone 12 sudah mengantongi izin penjualan di Indonesia oleh KemenKominfo di Indonesia.

Mengenai sertifikat yang berhasil di dapatkan oleh iPhone 12 diketahui dari aplikasi Sirani (Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi) milik Kemenkominfo. Dalam sistem tersebut sudah tercantum empat sertifikat sesuai dengan seri iPhone 12. Empat sertifikat tersebut adalah iPhone 12 dengan nomor model A2403, iPhone 12 Pro dengan nomor A2407, iPhone 12 Pro Max dengan nomor model A2411 dan iPhone 12 Mini dengan nomor model A2399.

Perlu diketahui bahwa yang mengajukan sertifikasi tersebut dari pihak PT Erajaya Swasembada, Tbk, PT Apple Indonesia dan Mapple Mitra Adiperkasa dimana ketiganya adalah distributor resmi produk-produk Apple yang beredar di Indonesia.

Sebelum mendapatkan sertifikasi, iPhone 12 tentunya melakukan pengujian terlebih dahulu. Ketika pengujian sertifikasi pada iPhone 12 telah selesai, maka itu menandakan bahwa peluncuran ponselnya kian semakin dekat. Hal itu bisa dilihat dari produk-produk iPhone sebelumnya dimana produk iPhone terbaru dijual di Indonesia dalam kurun waktu dua atau tiga bulan setelah mendapatkan sertifikat TKDN.

Kita lihat pada iPhone 11. iPhone tersebut mendapatkan sertifikast TKDN pada akhir September 2019. Kemudian selang dua bulan kemudian tepatnya tanggal 6 Desember 2019, iPhone 11 sudah bisa dipesan secara resmi di Indonesia. jadi, bisa disimpulkan bahwa iPhone 12 yang sudah mendapatkan sertifikasi TKDN pada akhir Oktober 2020 lalu, besar kemungkinan iPhone 12 sudah bisa dipesan di Indonesia sekitar akhir Desember 2020 ataupun pada awal Januari 2021.

Setelah mengantongi sertifikat dari TKDN yang otomatis telah mendapatkan restu untuk edar oleh Kominfo, tentunya konsumen pastinya penasaran kan kira-kira berapa harga untuk masing-masing seri iPhone 12. Akan tetapi, Apple sendiri masih belum mengumumkan terkait harga yang akan dipatok di masing-masing seri iPhone 12. Pengguna mungkin masih bisa mengetahui harga iPhone 12 series dengan membandingkan pada harga iPhone 11 yang dulu dijual di Indonesia dan Singapura. 

Saat pertama kali iPhone 11 dijual di Singapura dibandrol dengan harga mulai dari S$ 1.149 atau setara dengan sekitar Rp. 11,8 juta untuk varian 64GB. Sementara varian 64GB yang dijual di Indonesia secara resmi dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 13 juta.

Di lansir dari situs Apple wilayah Singapura, Sabtu (14/11/2020), untuk iPhone 12 sepertinya akan dibandrol dengan harga lebih mahal dibandingkan harga iPhone 11. Perkiraan harga iPhone 12 mulai dari S$ 1.299 atau sekitar Rp 14 juta berdasarkan kurs saat ini. Untuk di jual di Indonesia sendiri, kemungkinan harga iPhone 12 bakal lebih mahal dibandingkan iPhone 11 dulu.

iPhone 12 Di Indonesia Beserta Harganya
Harga iPhone 12

Dalam jajaran iPhone 12, versi termurah terletak pada iPhone 12 Mini yang diperkirakan akan dijual dengan harga yang sama dengan harga iPhone 11 yaitu S$ 1.149 atau setara dengan Rp 11,8 juta. Bisa jadi ketika iPhone 12 Mini dijual di Indonesia akan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 13 juta.

Hal itu juga dilakukan untuk mengetahui harga dari iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max dengan cara membandingkan dari iPhone 11 sesuai dengan serinya. Dulu, iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max dijual di Singapura dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan iPhone 11. Untuk iPhone 11 Pro dijual mulai dari harga S$ 1.649 atau setara dengan Rp 17 juta, sedangkan untuk iPhone 11 Pro Max dijual dengan harga mulai dari S$ 1.799 atau setara dengan Rp 18,5 juta. Harga tersebut menurut kurs November 2019.

Dulu, ketika resmi dijual di Indonesia iPhone 11 Pro dijual dengan harga mulai dari Rp. 18 jutaan, sementara iPhone 11 Pro Max dijual dengan harga mulai dari Rp. 19 jutaan. Bisa dikatakan keduanya antara Indonesia dan Singapura hanya selisih Rp 1,5 juta saja.

Sepertinya untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tidak akan mengalami kenaikan harga dari model sebelumnya. Apple Store Singapura menjual iPhone 12 Pro mulai dari harga sekitar S$ 1.649 atau setara dengan Rp 17,5 juta. Untuk iPhone 12 Pro Max dibandrol dengan harga S$ 1.799 atau setara dengan Rp. 19 juta. Harga-harga tersebut berdasarkan kurs saat ini.

iPhone 12 Di Indonesia Beserta Harganya

Jadi, dapat dikatakan bahwa sepertinya harga iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang akan dijual di Indonesia bisa jadi memiliki selisih harga yang serupa dari Singapura. Hal itu tentunya akan disesuaikan karena adanya perbedaan nilai tukar mata uang antara  Singapura dan Indonesia yang berbeda.

Nah itulah informasi terbaru mengenai perkiraan waktu beredarnya iPhone 12 series di Indonesia. Selain itu, terdapat juga perkiraan harga dari masing-masing seri iPhone 12.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini memberikan manfaat untuk kalian yang membaca artikel ini. Apabila kalian sedang menunggu iPhone 12 ini, maka harus sabar ya dan selalu pantau website dari Apple untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

To Top