Tech & Auto

iPhone 13 Dikabarkan Memiliki Kapasitas Memori Internal Hingga 1TB

iPhone 13

Pertengahan Oktober 2020 lalu, Apple telah merilis seri terbarunya yaitu iPhone 12. Namun sepertinya Apple juga telah menunjukkan tanda-tanda akan merilis seri iPhone selanjutnya yang kabarnya akan dirilis pada tahun 2021 dengan peningkatan di salah satu spesifikasi perangkatnya .

Dilansir situs Korea ETNews bahwa iPhone edisi 2021 nantinya akan menjadi ponsel tertipis yang pernah dibuat oleh Apple. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk intip ulasan terkait bocoran mengenai seri iPhone terbaru setelah iPhone 12.

iPhone dikenal sebagai ponsel yang mendukung kapasitas memori hingga 512GB dimana kapasitas tersebut bisa dikatakan cukup besar untuk sebuah perangkat smartphone.

Beredar kabar bahwa model terbaru iPhone 2021 ini akan didukung dengan kapasitas penyimpanan yang tidak seperti biasanya yaitu berkapasitas hingga 1TB. Masih belum jelas mengenai kabar tersebut. Namun tampaknya Apple mungkin saja akan meningkatkan kapasitas penyimpanan di iPhone berikutnya.

Seperti yang dikatakan oleh John Prosser yang terkenal sebagai seorang pembocor ulung melalui akun Twitter-nya. Beliau mengatakan bahwa akan ada iPhone terbaru setelah iPhone 12 dengan kapasitas penyimpanan 1TB. Kapasitas tersebut tentunya sangat besar untuk ukuran sebuah smartphone.

Kapasitas 1TB hampir dua kali lipat kapasitas dari seri-seri iPhone 12 yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max Pro dimana kapasitas penyimpananya mulai dari 256GB hingga 512GB tergantung serinya.

Beliau sendiri tidak menyebutkan seri mana yang akan mendapatkan peningkatan pada kapasitas penyimpanan hingga 1TB tersebut. Perkataan John Prosser tersebut sepertinya mengarah ke model iPhone selanjutnya yang bakal rilis pada tahun 2021 yang mungkin akan dikenal dengan nama iPhone 13.

layar iPhone 13
Konsep iPhone 13

Mengenai layarnya dikabarkan bahwa iPhone 13 nantinya akan didukung dengan layar 120Hz ProMotion OLED yang terintegrasi dengan sensor sentuh. Tidak hanya di iPhone 13, semua model iPhone dikabarkan akan menerima pembaruan di bagian panel layarnya pada tahun 2021 nanti.

Selain itu, pada  iPhone 13 nantinya akan dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari Apple seperti model iPhone di awal-awal dulu yaitu Touch ID. Dengan terintegrasinya panel OLED pada layar iPhone dengan sensor sentuh, maka ruang yang diperlukan untuk membentuk iPhone 13 bisa lebih ringkas yang artinya bisa mengurangi ketebalan ponsel.

iPhone 13 nantinya akan didukung dengan teknologi jaringan 5G seperti seri sebelumnya. Seperti yang diketahui, baru-baru ini Apple merilis iPhone 12 yang dikabarkan sebagai produk Apple pertama yang mendukung teknologi 5G yang komprehensif iPhone.

Informasi tersebut kian dipertegas dimana keempat varian iPhone 12 yaitu iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan 12 Max Pro didukung dengan teknologi 5G.

Sebelumnya beredar kabar bahwa standar iPhone 12 dan iPhone 12 Max hanya akan didukung dengan konektivitas sub-6GHz 5G, sedangkan model Pro akan menggunakan dukungan jaringan dual-band. Akan tetapi, pada iPhone 13 nanti dikabarkan akan menggunakan teknologi 5G band tunggal.

CPU iPhone 13

Pada iPhone terbaru nanti akan menggunakan modem X60 5G Qualcomm yang disebut-sebut mampu memperbaiki kekurangan dari iPhone 12 yang menggunakan modem Qualcomm X55 5G. Modem yang digunakan pada iPhone tersebut dikenal tidak hanya memiliki harga yang mahal, namun juga sangat boros daya baterai dan juga dukungan internasional yang sangat terbatas. Oleh karena itulah yang membuat Apple melakukan banyak pembaruan pada produk-produk iPhone terbaru di tahun 2021 nanti.

Dengan teknologi serta kapasitas penyimpanan hingga 1TB ini membuat iPhone 13 diperkirakan akan dijual dengan harga tinggi. Risiko itulah yang harus dihadapi konsumen. Semakin canggih teknologi yang digunakan beserta lengkapnya spesifikasi pada ponsel maka hal tersebut tentunya akan mempengaruhi pada harga jual ponsel.

Seperti halnya pada seri iPhone 12 dimana seri tertinggi terdapat pada iPhone 12 Pro Max dengan kapasitas memori penyimpanan hingga 256GB dibandrol dengan harga sekitar Rp 20.7 jutaan. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika iPhone 13 yang pastinya akan mengeluarkan beberapa varian akan dibandrol dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga iPhone 12 Pro Max maupun iPhone 12 lainnya.

Namun, sejauh ini tampaknya Apple masih belum memberikan penyataan resmi terkait kabar mengenai model terbaru setelah iPhone 12 yaitu iPhone 13 karena kabarnya produk ini baru akan diperkenalkan pada tahun 2021.

Oleh karena itu, bagi kalian penggemar produk iPhone sebaiknya tahan terlebih dahulu untuk membeli iPhone yang telah rilis di tahun 2020 ini karena di tahun berikutnya dikabarkan akan hadir iPhone terbaru yang tentunya didukung dengan fitur dan spesifikasi yang lebih canggih lagi daripada seri sebelumnya, bahkan dikabarkan akan didukung dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar sekitar 1TB.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini setidaknya memberikan informasi bagi kalian sebagai pembaca bahwa Apple tampaknya akan merilis produk iPhone selanjutnya di tahun 2021 nanti. Kabar itu terdengar tidak lama setelah rilisnya iPhone 12 di pasaran. Selamat membaca.

To Top