Tech & Auto

Jalin Kerja Sama, Tweet Anda Bisa Muncul di Google

Portal Berita

Twitter merupakan salah satu media sosial yang paling digemari di dunia. Media sosial yang terkenal dengan istilah ‘tweet’ tersebut mengalami pertumbuhan yang pesat dan tak butuh waktu lama meraih popularitas. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat ke-22. Media sosial yang didirikan Jack Dorsey, kini, semakin meluncurkan inovasi-inovasi terbaru.

Berdasarkan laporan Mashable, sebuah kerjasama terbaru dijalin oleh Twitter dengan Google. Mereka mulai mengitegrasikan tweet ke hasil pencarian Google. Perubahan ini dilakukan setelah sebelumnya di awal tahun ini, Twitter mengumumkan kerjasamanya dengan raksasa teknologi itu.

Pembaruan secara diam-diam oleh Google pada desktop, Jumat (21/8). Mereka memasukkan tweet yang relevan dalam hasil pencarian Anda. Google memberi contoh apabila kamu tertarik mencari berita terbaru tentang Taylor Swift, perkembangan #MadMenFinales, atau kabar terakhir NBA playoff. Pengguna tinggal mengaksesnya langsung dari Google. Sebagai contohnya adalah NASA, tinggal ketik ‘NASA Twitter’ di kolom pencarian maka tweet-tweet akun @NASA akan muncul di hasil pencarian Google.

Pada 2009, keduanya menyepakati hal serupa, namun tweet menghilang dari hasil pencarian Google pada 2011. Kerja sama ini dapat meningkatkan keterlibatan di Twitter yang tumbuh pesat dibandingkan jaringan sosial lain. Kerja sama itu juga membawa konten baru dari Twitter untuk permintaan agar dapat muncul di Google.

Kerjasama antara Google dan Twitter kini tidak sebatas sekedar soal iklan. Dalam kerjasama ini, Google hanya akan membayar lisensi data Twitter yang diakses. Menurut CEO Twitter, Dick Costolo, kerjasama ini akan meningkatkan popularitas Twitter karena setiap kicauan bisa diakses langsung dari pencarian Google.

Dalam blog resminya, Google membuat tulisan berjudul Tweets take flight in the Google app. Google menulis, “Mulai hari ini, kita membawa tweet muncul di Google di perangkat mobile. Maka sekarang ketika kamu melakukan pencarian di Google app atau browser apapun di ponsel atau tabletmu, maka kamu dapat mendapatkan konten real-time dari Twitter tepat di hasil pencarian.”

Sebelumnya, Bing telah bekerja sama dengan Twitter terlebih dahulu sejak musim panas lalu. Jadi, Google sebenarnya bukanlah satu satunya mesin pencari yang melayani tweet. Bagaimanapun, kemitraan bisa lebih berperan untuk masa depan Twitter. Dengan 316 juta pengguna aktif bulanan, basis pengguna Twitter terus tumbuh, tapi pada kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Memang, jaringan sosial ini telah menghadapi tekanan dalam beberapa bulan terakhir untuk isu-isu seputar pertumbuhan pengguna, retensi pengguna dan hasil yang mengecewakan dari bisnis iklan tanggapan langsungnya.

Twitter berharap dengan kesepakatan baru ini akan secara efektif memperluas jangkauannya. Ia berharap tweet yang dilihat pengguna non-Twitter dalam hasil pencarian akan memaksa mereka untuk mendaftar untuk akun platform media sosial itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top