Tech & Auto

Jalin Kerja Sama Dengan Tokopedia, XL Axiata Terapkan Teknologi MCCM

Jalin Kerja Sama Dengan Tokopedia, XL Axiata Terapkan Teknologi MCCM

Kita semua pastinya mengetahui apa itu XL Axiata maupun apa itu Tokopedia. Sebelum membahas tentang jalinnya kerja sama antara XL Axiata dengan Tokopedia, berikut ini akan diulas secara singkat mengenai XL dan Tokopedia.

XL Axiata sendiri merupakan salah satu provider dari perusahaan telekomunikasi terkenal di Indonesia dimana fokus perusahaan ini adalah menyediakan layanan digital untuk memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat dan mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. 

XL Axiata sendiri mulai beroperasi sejak 8 Oktober 1996 yang saat ini telah menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel yang didukung dengan jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Mulai Desember 2014, XL Axiata sudah menerapkan jaringan 4G LTE yang dilanjutkan ke pengembangan 4G LTE secara komersial berskala nasional di bulan Juli 2015.

Untuk Tokopedia sendiri merupakan perusahaan perdagangan elektronik yang juga disebut toko daring dimana Tokopedia tersedia di website maupun aplikasi yang bisa diakses di smartphone. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison yang dirilis di publik pada 17 Agustus 2009. Sejak pertama kali diluncurkan, Tokopedia berhasil menjadi salah satu market place yang memiliki pertumbuhan sangat pesat dan menjadi market place yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia sendiri memiliki misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Saat ini, Tokopedia telah memiliki jutaan penjual dan pengguna yang memanfaatkan market place ini untuk menjual sesuatu bagi penjual, membeli sesuatu bagi pengguna, dan membayar sesuatu terhadap apa yang sudah dibeli. Selain itu, Tokopedia juga mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin memasarkan produknya secara daring.

Saat ini, di tahun 2020 PT XL Axiata menjalin kerjasama dengan Tokopedia dengan menerapkan platform Multi Channel Campaign Management (MCCM) yang mana menawarkan produk menurut profil dari setiap pelanggan. Hal itu sangat berguna untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan meningkatkan penjualan.  Inovasi ini tentunya mengikuti tren yang saat ini sedang terjadi di masyarakat dimana kebanyakan orang yang mulai beralih berbelanja melalui saluran digital.

Perlu diketahui bahwa penerapan teknologi inovasi ini tentunya mempertimbangkan sisi keamanan dan perlindungan atas data pribadi pelanggan. Oleh karena itu, para pelanggan tidak usah khawatir dengan tersebarnya data pribadi ke publik karena teknologi ini memiliki keamanan yang tinggi dalam melindungi privasi pelanggan.

Seperti yang dikatakan oleh Octavia, Kurniawan, Chief Sales Officer dari XL bahwa “XL Axiata akan terus mencari peluang agar bisa meningkatkan kualitas layanan untuk para pelanggannya dengan cara memanfaatkan setiap inovasi yang ada pada teknologi terbaru, khususnya teknologi di bidang penjualan. Kita sangatlah yakin jika setiap pelanggan diberikan banyak kemudahan dalam mengakses produk-produk XL Axiata, termasuk juga cara untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhannya, maka hal tersebut tentunya bisa meningkatkan penjualan”.

Beliau juga mengatakan bahwa XL Axiata menjadi satu-satunya operator yang telah menerapkan MCCM di e-commerce dimana hal ini bekerja sama dengan Tokopedia. Jalinan kerja sama dengan Tokopedia merupakan salah satu terobosan di industri Telekomunikasi dari sektor marketing. Dengan penerapan MCCM ini, XL berharap perusahaan teknologi  buatan Indonesia juga akan menjadi salah satu solusi di tengah pandemi ini.

Inovasi MCCM ini memungkinkan setiap pelanggan XL mendapatkan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhannya ketika belanja di Tokopedia. Bahkan, pelanggan XL Axiata berkesempatan mendapatkan promo-promo yang menarik dari segi harga yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Jika ada promo di penjualan biasa pun, pelanggan belum tentu bisa mendapatkan produk-produk promo yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.  Hal itu dikarenakan inovasi platform ini bisa mengidentifikasi kebutuhan setiap pelanggan berdasarkan data pemakaian produk layanan XL Axiata sehingga mampu membedakan kebutuhan setiap pelanggan yang tentunya berebda satu sama lain.

Mengenai terjalinnya kerja sama dengan XL Axiata ini juga sejalan dengan komitmen dari Tokopedia sendiri. seperti yang dikatakan oleh Yosep Susanto, Product Senior Lead Tokopedia bahwa “Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen kami untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat. Dengan kolaborasi ini tentunya sangat berharap agar masyarakan bisa mendapatkan produk digital XL termasuk pulsa dan paket data melalui pemanfaatan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.”

Saat ini, era-nya adalah semua serba digital dimana sarat dengan kompetisi antar penyedia layanan yang sama. Hal ini adalah suatu solusi yang mana bisa menghadirkan suatu kemudahan bagi para pelanggan yang bisa membawa dampak besar. Apalagi, masyarakat khususnya Indonesia sudah terbiasa dengan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh dunia digital. Hal itulah yang mmebuat XL Axiata sebisa mungkin untuk terus menyesuaikan diri dengan memberikan berbagai macam kemudahan dan inovasi yang menarik untuk pelanggan.

Untuk mendapatkan penawaran-penawaran spesial yang ada di Tokopedia sangatlah gampang. Pelanggan XL Axiata hanya perlu membuka halaman pembelian paket data di e-commerce Tokopedia. Setelah itu, secara otomatis aplikasi akan memunculkan berbagai penawaran produk promo yang sesuai dengan data atau MSISDN pelanggan di halaman paket data tersebut. pelanggan hanya cukup dengan memilih promo tersebut dan melakukan check out untuk melanjutkan ke pembayaran.

Nah itulah informasi terbaru mengenai jalinan kerja sama yang dilakukan XL Axiata dengan Tokopedia dengan menerapkan MCCM untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian terutama bagi pelanggan XL yang sering menggunakan Tokopedia untuk berbelanja atau apapun itu. Selamat membaca.

To Top