Tech & Auto

Ketahui Tips Memilih Earphone yang Berkualitas Sebelum Membeli!

Ketahui Tips Memilih Earphone yang Berkualitas

Earphone merupakan salah satu perangkat output yang lazim digunakan untuk menerima output berupa suara baik dari personal computer, laptop, maupun smartphone.  Paling sering earphone ini digunakan oleh mereka yang menggunakan smartphone sebagai media mendengarkan lagu atau suara supaya lebih jelas dan tidak terdistraksi oleh gangguan dari luar.

Untuk mendapatkan earphone  terbaik, maka kali ini kami akan memberikan tips memilih earphone yang berkualitas sehingga Anda tetap bisa menggunakannya untuk bekerja tanpa harus merasa terganggu akibat desain yang salah atau suara yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Respon terhadap frekuensi

Earphone yang memiliki kualitas baik memiliki respon frekuensi yang besar. Semakin lebar rentang frekuensi yang dimiliki earphone tersebut maka earphone tersebut semakin berkualitas. Sebagai contoh frekuensi 4 Hz hingga 30.000 Hz. Jika frekuensi ujungnya semakin tinggi, maka bisa dipastikan bahwa earphone tersebut memiliki kelengkapan kualitas audio yang baik.

Impedence

Faktor kedua adalah impedence atau hal yang menunjukkan resitensi atau hambatan yang ada di dalam earphone. Tinggi rendahnya hambatan ini bisa disesuaikan dengan selera kita. Biasanya hambatan yang rendah berkisar pada 15 ohms hingga 150 ohms. Apabila earphone memiliki lebih dari 150 ohms, maka hambatan pada earphone tersebut tergolong tinggi.

Sensitivitas

Tekanan sensitifitas suara biasanya menggunakan satuan decibel (dB/mW). Jika earphone memiliki angka sensitifitas yang tinggi, suara yang dihasilkan oleh earphone tersebut  cukup keras sehingga Anda tidak perlu menambah tingkat volume perangkat player kita. Selain itu apabila earphone memiliki sensitifitas yang tinggi, maka kita akan semakin kecil dalam mengeluarkan daya dari gadget maupun smartphone.

Kabel

Pilihlah earphone yang memiliki panjang kabel yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek untuk kenyamanan penggunaannya. Selain itu pilihlah earphone menggunakan suara double-side.

Demikian sajian singkat mengenai tips memilih earphone yang berkualitas. Semoga dengan memilih earphone yang berkualitas sesuai dengan tips yang kami sajikan, Anda mendapatkan earphone yang memang sesuai tujuan penggunaan sehingga fungsinya bisa lebih optimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top