Tech & Auto

Mengenal Aplikasi KineMaster sebagai Aplikasi Editing Video Terbaik

KineMaster

KineMaster – Setiap hari seorang vlogger pastinya harus memikirkan akan membuat konten video apa untuk para subscriber-nya. Ketika pembuatan konten video, mereka lebih menyukai mereka secara realtime dengan menggunakan kamera maupun camcorder.

Setelah perekaman selesai pun, hasil rekaman tidak langsung diunggah di YouTube karena hasil rekaman video masih mentah. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengeditan agar rekaman video yang didapatkan layak untuk diunggah dan dikonsumsi publik. Dalam hal ini tentunya diperlukan aplikasi untuk mengedit video agar hasil video lebih bagus. Salah satu aplikasi editing video terbaik adalah aplikasi KineMaster.

Nah kira-kira seperti apa aplikasi KineMaster itu? kenapa bisa disebut sebagai aplikasi editing video terbaik? Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi KineMaster? Dan bagaimana cara menggunakannya?. Untuk menjawab pertanyaan itu semua, berikut ini ulasannya. Simak baik-baik ya!

KineMaster

KineMaster dirilis oleh KineMaster Corporation. KineMaster merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengedit video dengan mudah dengan fitur dan alat pengedit yang lengkap dan canggih. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini termasuk aplikasi edit video yang simpel namun tangguh. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuat video dari foto-foto yang digabungkan menjadi satu sehingga menghasilkan video dengan jalinan cerita yang rinci. Biasanya juga disertai dengan musik yang mendukung video tersebut.

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pilihan editor. Hal itulah yang menyebabkan KineMaster disukai Content Creator untuk membuat video yang akan diunggah di beberapa media sosial seperti YouTube, Tik Tok, dan Instagram. KineMaster bisa digunakan untuk membuat video berdurasi pendek maupun video dengan durasi panjang yang rumit. Meskipun demikian hasil akhirnya pun tetap berkualitas.

Cara Menggunakan Aplikasi KineMaster

Sebelum pengguna bisa mengedit video dengan menggunakan aplikasi KineMaster, tentunya aplikasi tersebut harus sudah terpasang di handphone. Apabila belum memiliki aplikasinya, maka pengguna harus menginstallnya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Unduh dan install aplikasi KineMaster di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Tunggu hingga aplikasi terpasang di handphone

Download KineMaster

2. Buka aplikasi KineMaster. Setujui perizinan agar aplikasi dapat mengakses semua data yang ada di perangkat

3. Geser hingga muncul tulisan “mulai” kemudian klik tulisan tersebut

4. Klik lingkaran dengan tanda (+) di tengah. Di sini akan muncul pilihan aspek ratio untuk video yang akan diedit. Setiap ratio yang ada sudah diatur sesuai dengan aturan pengunggahan video di beberapa akun media sosial. Sebagai contoh: Jika ingin unggah video ke Instagram, maka bisa memilih ratio 1:1 maupun 4.5

5. Setelah memilih ratio, muncul halaman untuk mencari video mana yang akan diedit atau juga bisa menggunakan foto untuk digabungkan menjadi sebuah slide video disertai dengaan musik yang sesuai dengan tema foto. Jika telah memilih, maka klik centang yang ada di pojok kanan atas

6. Jika ingin menambahkan audio agar video semakin menarik, maka pilih “Audio”. Pilih musik yang sesuai dengan tema foto. Kemudian klik (+) untuk menambahkan audio ke dalam video

7. Setelah itu akan beralih di halaman pengeditan video. Jika ingin mempercantik hasil video, maka klik “foto” di halaman pengeditan. Di situ akan muncul beberapa alat pengeditan seperti crop, rotasi, dan zoom. Selain itu terdapat juga beberapa fitur untuk mempercantik hasil video seperti klip grafis, filter warna, penyesuaian dan vignette. Pilih sesuai yang diinginkan. Lakukan di foto-foto selanjutnya.

8. Apabila ingin menambahkan efek, stiker dan lainnya, maka pilih “lapisan” karena di situ adalah tempat media, efek, stiker, tulisan tangan dan teks berada. Jika merasa fitur bawaan aplikasi masih kurang, maka bisa menambahnya melalui logo “tenda”. Klik logo tersebut.

8. Setelah merasa pengeditan sudah selesai, maka pilih tanda “simpan” yang ada di pojok kanan atas.

10. Di sini akan muncul pilihan resolusi dan laju bingkai yang harus dipilih. Jangan lupa atur laju bit dari rendah ke tinggi. Pilih sesuai keinginan kemudian klik “ekspor”.  Di bagian ini akan muncul tampilan size dari video yang telah diedit. Tunggu hingga proses ekspor selesai.

11. Hasil video yang telah diedit sudah tersimpan. Pengguna sudah bisa menonton video tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi KineMaster

Setiap aplikasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitupun aplikasi KineMaster. Memang KineMaster didukung dengan beragam fitur terbaik dan cukup lengkap. Namun, di sisi kelebihannya pasti ada juga sisi kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi KineMaster:

Kelebihan:

  1. Terhubung dengan berbagai media sosial yang ada

KineMaster adalah aplikasi pilihan editor. KineMaster sengaja dirancang sebagai aplikasi  yang terhubung ke berbagai media sosial karena memang aplikasi ini ditujukan untuk influencer, vlogger, content creator, penerbit, dan lainnya yang memang ingin menunjukkan kreativitasnya melalui video yang dihasilkan.

2. Memiliki beragam pilihan editing yang powerful namun tetap ramah

KineMaster didukung dengan berbagai macam tool editing yang berguna untuk mempercantik hasil editan video. Tool editing yang dimiliki aplikasi ini pun sangat ramah sehingga meskipun pemula namun tetap akan menghasilkan video yang bagus seperti editor profesional. Beberapa tool editing yang ada di dalam aplikasi seperti Voice Over, Playback, Sharing, Cut, Copy, Crop, Filter Warna, Color Adjustment, Vignette, Trimming, Rotate, Record dari kameran dan camcorde, Split, Drag dan Drop, Capture Frame, Duplicate, Undo, dan Redo.

3. Interface begitu sederhana

KineMaster memiliki tampilan interface yang sederhana yang membuat pengeditan jauh lebih mudah dibandingkan aplikasi editing lainnya. Interface sebuah aplikasi biasanya menjadi sebuah pertinbangan karena jika menggunakan aplikasi dengan interface yang rumit, maka akan mempersulit proses pengeditan.  

4. Memiliki transisi yang terlihat professional

KineMaster memiliki transisi yang terlihat profesional karena mempertimbangkan kualitas dan presisi. Ketika pengguna menginginkan video yang simpel, KineMaster telah menyediakan pilihan untuk video simpel sehingga saat proses pengeditan pun tidak terlihat seperti memaksakan pengeditan.

5. Memiliki tingkat kontrol yang baik dan bebas glitch

KineMaster dikenal sebagai aplikasi yang memiliki tingkat kontrol yang baik dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga bebas dari glitch.

6. Mengedit video tanpa batasan

KineMaster memiliki fitur yang dapat mengedit video tanpa batas karena aplikasi ini mendukung banyak fitur-fitur tambahan yang mendukung kualitas dari video yang dihasilkan

Kekurangan:

1. Watermark tidak bisa dihilangkan

Sebenarnya watermark pada hasil editan video bisa dihilangkan asalkan beralih ke KineMaster versi premium. Untuk yang versi gratis, watermark masih ada dan tidak bisa dihilangkan.

2. Kualitas video editan belum Full HD

Meskipun aplikasi ini termasuk aplikasi editing video terbaik, namun kualitas video yang dihasilkan masih belum Full HD.

Bagaimana? apakah masih ragu untuk mencoba aplikasi KineMaster sebagai aplikasi untuk mengedit video? Dengan semua penjelasan di atas setidaknya bisa menghapus keraguan kalian tentang aplikasi ini karena meskipun hasilnya belum Full HD namun bisa dipastikan resolusi video yang dihasilkan tetap jelas dan bagus.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian sehingga kalian mengetahui seperti apa aplikasi KineMaster itu. Selamat membaca.

To Top