Tech & Auto

Kini Perpanjang SIM Makin Mudah Dengan Aplikasi Online

Kini Perpanjang SIM Makin Mudah Dengan Aplikasi Online

Korlantas Polri resmi meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR). Aplikasi tersebut diharapkan bisa menekan, bahkan menghilangkan perilaku pelanggaran, seperti masalah calo ketika warga mengurus SIM.

“Tentunya pelanggaran-pelanggaran yang bisa terjadi pada waktu interaksi-interaksi yang dilakukan oleh oknum yang menyalahgunakan wewenang. Tentunya, dengan pelayanan daring ini, itu (calo) dapat kami tekan dan kita dapat hilangkan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada awak media di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (13/4/2021).

Hal tersebut disampaikan Listyo Sigit Prabowo saat menanggapi pertanyaan pengaruh aplikasi online ini terhadap calo SIM. Sigit lalu memaparkan terobosan di Korlantas Polri tidak hanya soal SIM, tetapi juga meliputi pengurusan surat-surat kendaraan lainnya, seperti STNK dan BPKB.

“Ke depan kami bakal meneruskan dengan terobosan-terobosan baru soal pembuatan SIM baru, lalu STNK, BPKB. Yang ke depan nanti bakal kita luncurkan,” tutur Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sigit mengatakan, pelayanan aplikasi yang berbasis online ini diharapkan dapat mendorong masyarakat lebih disiplin.

“Namun yang jelas, harapan kita dengan aplikasi yang dipasang di mana pun ini tidak untuk menakut-nakuti. Tetapi lebih dalam prinsip mendisiplinkan supaya masyarakat dapat lebih mematuhi,” ujar Sigit.

Seperti yang telah diketahui, aplikasi SINAR ini dibuat untuk urusan memperpanjang masa berlaku SIM. Menurut Korlantas, SINAR adalah sebuah metode perpanjangan SIM via aplikasi dari pertama di dunia.

“Total terdapat tujuh belas yang ditugaskan di luar negeri. Mereka telah ditugaskan untuk mengecek apakah benar data itu (pertama di dunia) yang pertama. Dan jawabannya betul,” ungkap Kombes Dodi Darjanto , Analisis Kebijakan Madya Gakkum Korlantas Polri saat berada di lokasi peluncuran aplikasi SINAR.

“Seluruh pimpinan polisi di Benua Eropa mulai Turki, Jerman, Belanda itu gak ada. Benua Amerika, itu pun enggak ada, atase kepolisian di Asia juga tidak ada,” tambahnya.

Perpanjang SIM Dengan SINAR Bayar Melaui VA BNI

Dalam memudahkan pelayanan administrasi BNBP SIM secara daring, Korlantas Polri menggandeng BNI. Pembayaran bisa dilakukan melalui virtual accound (VA) dan PT Pos Indonesia untuk pengiriman SIM ke tempat tinggal pemohon.

Adapun kerjasa tersebut adalah salah satu bentuk komitmen BNI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Utamanya dalam penerapan layanan secara digital yang kini semakin digaungkan oleh BNI.

Royke Tumilaar, Direktur Utama BNI menyambut dengan baik peluncuran aplikasi perpanjangan SIM ini sebagai upaya untuk memudahkan pelayanan dan implimentasi digitalisasi di tubuh Polri. Di sisi lain, inovasi tersebut juga mendukung upaya pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan karena dapat memperpanjang SIM dari rumah.

BNI siap mendukung layanan digital untuk pembayaran SIM tersebut, pemohon SIM nantinya akan mendapat virtual account BNI sebagai sarana pembayaran administrasi PNBP SIM.

“Untuk memudahkan masyarakat, administrasi PNBP itu dapat dilakukan melalui bank manapun. Termasuk menggunakan e-channel BNI seperti ATM, BNI Mobile Banking, dan juga melalui semua cabang BNI yang tersebar di seluruh RI,” papar Royke.

Sebelum perpanjang SIM secara online, masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi SINAR di Play Store atau App Store.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top