Tech & Auto

Alasan Mengapa Semua Orang Perlu Tahu Kode Bank

Kode Bank

Kode bank merupakan salah satu hal penting yang berguna untuk menghubungkan kegiatan transaksi antar pihak pembeli dan penjual yang memiliki bank berbeda. Di era digital seperti sekarang, semua orang dituntut untuk memiliki rekening tabungan yang berguna untuk berbagai kebutuhan.

Salah satunya berupa kebutuhan transaksi jual beli. Ditambah lagi dengan maraknya bisnis online yang membuat siapa saja dapat membeli barang apapun dari dan untuk dikirim ke berbagai daerah.

Sementara itu, banyaknya pilihan bank membuat nasabah pun menentukan masing-masing pilihannya. Dengan demikian keberagaman inilah yang membuat hubungan transaksi antar bank perlu dibantu dengan kode bank.

Mengapa Semua Orang Perlu Tahu Kode Bank?

Kode Bank
Pentingnya Memahami Tentang Kode Bank

Sebagaimana penjelasan singkat di atas bahwa peran kode khusus yang berbeda tiap bank ini memiliki kegunaan untuk memudahkan transaksi. Namun secara lebih lengkap hal tersebut ditujukan untuk beberapa hal di bawah ini.

1. Sebagai Identifikasi Transaksi

Memiliki fungsi sebagai data yang akan diterima oleh sistem bank untuk kemudian  diteruskan kepada bank tujuan agar masing-masing bank memahami dan menindaklanjuti sesuai hak dan kewajibannya. Setiap kode telah mewakili nama bank masing-masing dalam sistem transaksi, sehingga semua pengiriman dan penerimaan dana akan terselesaikan sesuai dengan tujuannya.

2. Membantu Nasabah Bank Satu dengan Bank Lainnya Tetap Terhubung

Dalam satu negara tentu tidak mungkin semua penduduk memiliki satu bank yang sama. Selain karena banyaknya perusahaan perbankan, hal ini juga dipengaruhi lokasi geografis, prinsip ataupun ketentuan perusahaan tempat bekerja.

Sementara itu, di zaman yang semakin maju semua orang terus berinteraksi baik dalam hal bisnis maupun lainnya yang melibatkan pemindahan dana. Oleh sebab itu, adanya kode sebagai acuan dalam melakukan transaksi perbankan akan membantu pihak satu dengan pihak lain yang berbeda bank untuk tetap dapat berinteraksi dalam hal keuangan.

3. Kode Bank Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Secara tidak langsung kode pada setiap bank juga berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi. Dengan cara transaksi yang semakin mudah termasuk untuk pengiriman antar bank online dapat membuat banyak pihak semakin meningkatkan aktivitas jual belinya. Maka hal tersebut akan membuat bisnis berkembang dan ekonomi daerah maupun negara juga turut bertumbuh.

Pengaruh Lain Terhadap Tingginya Transaksi Online

Kode Bank Dalam Mobile Banking

Berbeda zaman tentu akan berbeda kondisi masyarakat yang dipengaruhi oleh teknologi dan informasi serta berbagai kebijakan negara maupun daerah. Hal ini termasuk pada tingkat kesadaran penduduk untuk menggunakan transaksi online dengan sistem perbankan. Berikut adalah pengaruh kode bank terhadap transaksi online.

1. Membuat Jangkauan Jual Beli Online Semakin Luas

Saat ini hampir tidak ada kata tidak mungkin bagi Anda untuk membeli suatu barang jika memang dananya telah dimiliki. Banyaknya toko online, marketplace, dan e-commerce yang tersedia di dunia maya atau bahkan offline store membuat masyarakat berbondong-bondong berbelanja meski tidak mengeluarkan fisik uang secara tunai.

Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh adanya kode yang dapat membantu memudahkan transaksi. Dengan demikian meskipun bank Anda dan penjual berbeda, namun jual beli tetap dapat dilangsungkan hingga selesai dengan transfer menggunakan kode sesuai bank tujuan.

2. Memudahkan Penjual Dalam Mengarahkan Pelanggan Untuk Melakukan Transaksi

Berbekal data kode tersebut, seorang penjual dapat dengan membantu pelanggannya untuk melakukan tahap transaksi dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku. Salah satunya dengan memberikan informasi kode yang dimiliki penjual agar pelanggan tidak kerepotan untuk mencari kode terlebih dahulu sebelum melakukan transfer dana untuk pembelanjaannya.

3. Membantu Pelanggan Dalam Mengambil Keputusan

Kode khusus ini juga berfungsi untuk membantu pelanggan dalam mengambil keputusan terhadap transaksinya. Dengan adanya data yang dibutuhkan tersebut maka mereka akan cenderung lebih yakin untuk membelanjakan uangnya ke rekening tujuan yang benar.

4. Menghindari Kesalahan Dalam Transaksi Online

Pengaruh baik lainnya adalah membantu pelanggan atau pihak yang mengirim dana agar lebih berhati-hati dan terhindar dari kesalahan. Kode ini akan memastikan bahwa dana yang dikirim adalah benar sesuai tujuan yang dimaksud bahkan sebelum uang tersebut berpindah tangan.

Manfaat Mengetahui Kode Bank Secara Individual

Kode Bank
Kode Bisa Memudahkan Transaksi

Secara individu, mengetahui kode setiap bank mempunyai manfaat sebagai berikut.

1. Kode Bank Sebagai Pedoman dalam Melakukan Kegiatan Transfer

Setelah resmi mendaftar sebagai nasabah dan memiliki rekening pribadi, maka ada baiknya Anda menggenggam pedoman berisi kode antar bank online. Hal ini akan membantu Anda di suatu waktu yang diperlukan untuk menggunakan kode tersebut dalam kegiatan transaksi.

2. Membuat Anda Terbiasa dengan Ketentuan yang Tepat Sebelum Melakukan Transaksi

Membiasakan diri mengetahui kode transfer dapat membuat Anda lebih tepat dalam melakukan langkah-langkah transaksi tanpa terjadi kendala atau kesalahan.

3. Membantu Kegiatan Bisnis Maupun Non Bisnis

Jika Anda seorang pebisnis, pelajar, pekerja maupun menyandang profesi lain maka kode unik juga bermanfaat untuk diketahui sebagai dasar pengetahuan. Hal tersebut akan membantu Anda di kemudian jika terjadi kondisi yang mengharuskan Anda melakukan transfer baik melalui mesin ATM, via m-banking dan cara lainnya.

Beberapa Daftar Kode Bank Terbesar di Indonesia

Untuk menambah informasi Anda, berikut adalah daftar beberapa nama bank beserta kodenya, yaitu BCA 014, MANDIRI 008, BNI 009, BNI Syariah 427, BRI 002, Syariah Mandiri 451, CIMB Niaga 022, CIMB Niaga Syariah 022, BRI Syariah 422, Muamalat 147, BTN 200 dan Permata Bank 013. Selain itu ada pun kode bank lainnya yakni, Danamon 011, Mega 426, Bukopin 441, BCA Syariah 536 dan Citibank 031.

To Top