Tech & Auto

Mark Zuckerberg Umumkan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Mark Zuckerberg Umumkan Facebook Ganti Nama Jadi Meta

Mark Zuckerberg mengumumkan Facebook ganti nama menjadi Meta pada acara Connect 2021. Meta ke depannya akan jadi induk perusahaan yang menaungi WhatsApp, Facebook, Instagram dan lainnya. Melalui tulisannya, Zuck menjelaskan kata ‘meta’ diambil dari Bahasa Yunani yang berarti beyond, atau apabila diterjemahkan lebih jauh artinya melewati, lebih jauh atau melebihi.

Dalam wawancaranya bersama The Verge, Zuck menyampaikan alasan di balik penggantian nama ini. Alasan utamanya yaitu menekankan fokus Mark Zuckerberg untuk membangun metaverse sebagai masa depan Facebook.

“Jadi kami saat ini melihat bisnis kami sebagai 2 hal yang berbeda. Satu untuk aplikasi sosial dan lainnya untuk media masa depan, sederhananya seperti itu,” ujar Zuck, seperti mengutip dari The Verge, Jumat (29/10/2021).

“Jadi kami ingin mempunyai identitas merek baru yang seperti yang dikabarkan. Sejalan dengan visi masa depan yang tengah kami kerjakan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Zuckerberg pernah menyebut metaverse adalah masa depan internet. Walaupun sebelumnya nama metaverse diidentikkan dengan sebuah hal yang cenderung negatif. Namun Zuckerberg yakin metaverse akan memberi keuntungan bagi ekonomi digital.

Lihat Juga: Gegara Fitur Baru Facebook untuk Menyaingi TikTok, Kekayaan Mark Zuckerberg Bertambah Drastis!

Dalam visinya, Zuckerberg membayangkan metaverse sebagai tempat virtual di mana orang-orang dapat berinteraksi dengan virtual reality serta augmented reality, namun terasa layaknya berjumpa langsung.

Selain fokus baru perusahaan, ia mengatakan nama Facebook tak lagi sesuai dengan identitas perusahaan yang ke depannya ingin lepas dari citra perusahaan media sosial. Apalagi saat ini mereka juga mempunyai Instagram dan WhatsApp, sehingga nama Facebook dinilai kurang cocok untuk mewakili identitas perusahaan.

Sebenarnya Facebook ganti nama sendiri bukanlah hal yang mengagetkan. Mereka bukanlah perusahaan teknologi pertama yang berganti nama seiring dengan berubahnya ambisi perusahaan. 2015 lalu, Google juga melakukan perubahan besar-besaran dengan mengganti namanya jadi Alphabet.

Kala itu, dua pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin mengundurkan diri dari jabatannya. Namun untuk Facebook, Mark Zuckerberg menyampaikan dirinya tidak ada rencana untuk mundur dan akan menempati jabatan baru sebagai CEO sekaligus chairman Meta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top