Tech & Auto

Masalah-masalah yang Sering Terjadi Pada Printer

Masalah-masalah yang Sering Terjadi Pada Printer

Printer merupakan perangkat keras yang dibutuhkan oleh para pengguna personal computer atau PC untuk mencetak hasil kerjanya yang bisa dalam bentuk data huruf maupun gambar. Printer ini sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Nah kali ini kami akan membahas masalah-masalah yang sering terjadi pada printer.

  1. Hasil cetakan menunjukkan adanya cetakan bergaris atau warnanya pudar. Hal ini bisa terjadi oleh beberapa faktor penyebab seperti adanya gelembung udara dalam cartridge yang mungkin masuk ketika menyuntikkan tinta isi ulang, print head mengalami penyumbatan oleh tinta yang kering atau rusak karena kerusakan fisik. Bisa jadi salah pemasangan cartridge sehingga hasil cetakan tidak sempurna, kehabisan tinta untuk warna tertentu dan salah pengaturan menjadi beberapa faktor yang mendukung hasil cetakan tidak sempurna. Solusinya dengan membersihkan head cleaning setidaknya 2 hingga 4 kali untuk mengeluarkan gelembung udara. Pasang kembali dengan benar dan cek apakah statusnya telah berubah. Ganti cartridge yang telah rusak dan jaga jangan sampai seal gilm bagian bawah tidak keluar sama sekali.
  2. Masalah kedua bisa jadi hasil cetakan tidak keluar sama sekali. Faktor penyebabnya bisa karena banyaknya gelembung udara di dalam cartridge, printer memang sudah tua atau rusak bagian print head-nya, hingga label berwarna (kuning) tak dibuang. Solusinya dengan membersihkan head cleaning secara berkala, mengocok cartridge sebelum digunakan, dan buang label kuning untuk mengalirkan udara sehingga bisa mencetak secara normal.
  3. Masalah ketiga yang mungkin muncul adalah printer tidak mengenali cartridge yang baru dipasang. Kemungkinannya cartridge tidak terpasang dengan benar, menyetuh chip kecil pada cartridge dengan tangan kotor atau basah, hingga rusaknya sebagian jalur rangkaian pada cartridge. Solusinya adalah dengan memasang cartridge secara benar, menggunakan kain bersih untuk membersihkan chip kecilnya, dan cek jalur rangkaian apabila ada kerusakan.

Sekian ulasan singkat mengenai masalah-masalah yang sering terjadi pada printer. Perawatan yang tepat akan mengurangi dampak masalah ini sehingga Anda juga akan terkena biaya perawatan yang minimal. Ingatlah bahwa printer Anda juga membutuhkan servis berkala untuk memperbaiki beberapa bagian yang memang harus diganti secara periodikal. Semoga artikel ini membantu pembaca sekalian.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top