Tech & Auto

Mengenal Bitcoin, Mata Uang Digital Yang Bernilai Fantastis

Mengenal Bitcoin, Mata Uang Digital Yang Bernilai Fantastis

This post is also available in: English

Bitcoin merupakan mata uang digital yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh masyarakat. Memiliki nilai tukar yang semakin tinggi membuat banyak orang makin tertarik dan ingin tahu dengan mata uang ini. Dilansir dari Kompas.com, Kamis (10/2/2021), satu ‘keping’ bitcoin senilai Rp 628.701.386,10 . Data tersebut didapatkan dari Morningstar dan Coinbase.

Nilai Tukar Bitcoin
Nilai Tukar Bitcoin

Mata uang digital ini semakin populer setelah pemilik Tesla Inc, Elon Musk, menyatakan dukungannya melalui akun Twitter miliknya.

“Saya merupakan pendukung bitcoin,” tulisnya seperti yang dilansir dari Reuters, Senin (1/2/2021).

Elon Musk mengatakan, dirinya sedikit terlambat menyadari potensi bitcoin, dan menyebut kalau seharusnya ia sudah membelinya delapan tahun sebelumnya. Komentar yang diikuti tag “#bitcoin” di profil media sosial Twitter pribadinya, membuat nilai mata uang itu naik hingga 14%.

Lalu Apakah Bitcoin Itu?

Dikutip dari BBC, Kamis (11/2/2021), bitcoin kerap kali digambarkan sebagai mata uang virtual dan memang jenis uang yang sepenuhnya virtual. Sederhananya, bitcoin dapat dikatakan sebagai versi digital dari uang tunai.

Pemilik bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran untuk membeli sebuah produk maupun jasa. Penemunya sendiri bernama Satoshi Nakamoto, yang pertama kali meluncurkan mata uang digital di Internet pada 2009 lalu. Tapi, identitas aslinya belum dapat dipastikan karena ternyata nama tersebut adalah samaran.

Bahkan beberapa orang mengklaim sebagai pemilik nama itu. Sejauh ini sudah ada sejumlah layanan yang menerima mata uang virtual ini sebagai alat pembayaran, salah satunya adalah PayPal. Bahkan, Tesla Inc juga menerimanya sebagai alat pembayaran mobil. Kini, Bitcoin semakin berharga karena banyak orang yang bersedia menukarnya dengan barang maupun uang tunai.

Mengenal Cara Kerjanya

Sebenarnya setiap mata uang ini merupakan file komputer yang tersimpan di aplikasi ‘dompet digital’ di komputer maupun smartphone. Pemilknya dapat bertransaksi dengan cara mengirimkan mata uang digital tersebut melalui dompet digital.

Kemudia setiap transaksinya akan tercatat di daftar publik yang bernama blockchain. Hal tersebut memungkinkan untuk pelacakan riwayat bitcoin, mencegah seseorang untuk membelanjakan koin yang tidak dimiliki, membuat salinannya, maupun membatalkan transaksi. Cara mendapatkan Bitcoin sendiri dapat dilakukan dengan:

  • Menambang menggunakan komputer
  • Membeli menggunakan mata uang asli
  • Menjual barang atau jasa dan menerima bitcoin sebagai alat pembayarannya

Bagaimana Cara Menambang Bitcoin?

Sebenarnya, kegiatan ini hanyalah sebuah gambaran sederhana dari proses komputer untuk memperoleh bitcoin. Agar sistemnya berfungsi, orang-orang bisa memerintahkan komputer untuk memproses transaksi bagi semua orang.

Komputer diatur agar bis memproses perhitungan yang super rumit. Dari situlah seseorang bisa mendapatkan mata uang digital ini. karena perhitungannya yang sangat rumit itulah, dibutuhkan komputer yang mendukung dan kuat. Inilah yang kemudian dikatakan sebagai ‘menambang’.

Tetapi, mata uang digital ini memiliki sistem yang diatur sedemikian rupa, sehingga proses perhitungan untuk mendapatkannya pun semakin sulit. Hal ini dilakukan agar mencegah mata uang yang dihasilkan terlalu banyak beredar.

Lihat Juga: 6 Mata Uang Digital Selain Bitcoin Yang Cocok Dijadikan Investasi

Jika seseorang mulai menambang saat ini, mungkin dibutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya mendapat sekeping bitcoin. Di lain sisi, juga dibutuhkan banyak biaya untuk membayar listrik dan merakit komputer agar cukup kuat untuk menambang.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top