Tech & Auto

Mengenal GoTo, Perusahaan Baru Gabungan Gojek-Tokopedia

Mengenal GoTo, Perusahaan Baru Gabungan Gojek-Tokopedia

Gojek merupakan platform pembayaran dan layanan on-demand serta finansial terkenal di Asia Tenggara. Sementara Tokopedia adalah perusahaan marketplace di Indonesia. Kedua perusahaan besar tersebut mengumumkan secara resmi pembentukan Grup GoTo yang merupakan sebuah grup teknologi yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia.

Perusahaan gabungan tersebut akan menjadi andalan masyarakat Indonesia dengan menawarkan sejumlah solusi untuk kebutuhan sehari-hari (GoTo ecosystem for daily life). Pembentukan grup perusahaan ini adalah kolaborasi usaha terbesar di Tanah Air. Sekaligus kolaborasi terbesar antara 2 perusahaan teknologi dan layanan media di Asia hingga kini.

Lihat Juga: Luncurkan Layanan Check COVID-19, Kolaborasi Gojek, Halodoc dan Kemenkes

Andre Soelistyo, CEO GoTo Group menuturkan penggabungan tersebut menjadi tanda dimulainya fase pertumbuhan berikutnya untuk Tokopedia, Gojek, dan juga GoTo Financial.

“Pengemudi Gojek bakal mengirim lebih banyak paket Tokopedia. Mitra dagang dari seluruh ukuran bakal mendapat untung dari solusi bisnis yang diperkuat. Dan kami akan gunakan skala gabungan kami untuk menambah inklusi keuangan di kawasan berkembang dengan potensi pertumbuhan yang belum tergali,” tutur Andre saat siaran pers, Senin (17/5/2021).

Patrick Cao, Presiden GoTo mengatakan modal bisnis ke depannya akan lebih stabil, beragam serta berkelanjutan.

“GoTo Group akan memberikan lebih dari 2 persen PBD di Indonesia dan kami bakal menciptakan lebih banyak pekerjaan dan peluang mendapat pemasukan seiring dengan bertumbuhnya perusahaan dan ekonomi kami,” tuturnya.

Berikut ini fakta seputar merger kedua perusahaan raksasa ini:

Nilai Transaksi

Nilai transaksi penggabungan hingga akhir 2020 kemarin lebih dari US$ 22 miliar atau sekitar Rp 319 triliun (kurs 1 US$ Rp 14.500). Dengan lebih dari Rp 26 triliun atau US$ 1,8 miliar pada 2020.

Total Armada

Lebih dari 2 juta pengemudi telah terdaftar sebagai armada. Selain itu sekitar 11 juta mitra pedagang telah bergabung menurut data pada Desember 2020. Sedangkan jumlah pengguna aktif mencapai 100 juta orang serta 2% ekosistem dari PBD Indonesia.

Lihat Juga: Jalin Kerja Sama Dengan Tokopedia, XL Axiata Terapkan Teknologi MCCM

Jajaran Manajemen GoTo

CEO GoTo Group akan dipimpin oleh Andre Soelistyo dari Gojek, sedangkan Presiden GoTo Group dijabat oleh Patrick Cao dari Tokopedia. CEO Gojek akan tetap dipegang oleh Kevin Aluwi, sementara William Tanuwijaya tetap sebagai CEO Tokopedia. Sementara itu, Andre juga akan tetap memimpin pembayaran serta pelayanan keuangan di bawah merek GoTo Financial, yang meliputi GoPay dan penawaran pelayanan pedagang serta keuangan grup.

Berdasarkan data Google, Bain e-Conomy SEA 2019 dan 2020 Report, serta Tamasek, manajemen GoTo memaparkan sejumlah potensi pasar. Di antaranya melayani 270 juta penduduk Indonesia.

To Top