Tech & Auto

Mengenal Masalah-masalah yang Sering Muncul di PC

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Di zaman yang serba canggih ini kita sudah dimudahkan dengan berbagai alat dan perangkat elektronik canggih yang bisa membantu kita mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu perangkat elektronik yang cukup dekat dengan kehidupan pekerjaan kita adalah perangkat elektronik personal computer. Personal computer atau PC ini bahkan sudah hadir dalam bentuk yang lebih praktis dibawa kemana-mana yaitu laptop. Penggunaan PC pun tak jarang dari masalah yang bisa berpengaruh pada kinerjanya dan secara tidak langsung mempengaruhi kita sebagai pengguna untuk bekerja menggunakan PC.

PC yang kerap mengalami masalah terkadang hanya dibiarkan saja oleh para penggunanya dan hanya dilakukan restart sembari berharap bahwa PC mereka baik-baik saja. Namun hal itu akan hilang sementara bahkan beresiko pada keamanan data Anda. Nah kali ini kami akan membahas masalah-masalah yang sering muncul pada PC yang berpotensi bisa mengganggu efektivitas Anda dalam bekerja.

  1. Masalah pada power supply dengan gejala ketika dihidupkan PC tidak bereaksi apapun, tidak ada tampilan awal di monitor, lampu indikator tidak menyala, hingga kipas power supply yang tidak berputar. Solusinya periksa apakah kabel penghubungnya sudah benar terpasang pada soket, lalu periksa tombol on dan oof di belakang power supply sudah dalam posisi on. Jika sudah diposisikan tepat namun tidak menyala, kemungkinan masalah terjadi pada kabel power supply dan disarankan untuk menggantinya.
  2. Masalah pada mother board dengan gejala ketika PC dihidupkan tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator di panel depan menyala dan lampu indikator di monitor berkedip. Kipas power supply berputar, tidak ada suara beep dari speaker. Solusinya melepaskan semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboard, dan semua kabel yang terhubung ke CPU. Lepaskan juga komponen lainnya yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, hard disk, dan floppy. Periksa motherboard dengan teliti dan periksa apakah ada yang terbakar. BIla tidak ada kemungkinannya adalah motherboard masih bagus hanya kerusakannya pada BIOS.
  3. Maslah pada hard disk yang tidak terbaca dengan gejala pada saat CPU dinyalakan dan melakukan proses post dan proses ini tidak berlanjut. Selanjutnya tampilannya akan memperlihatkan pesan bahwa hard disk error atau hard disk failure. Solusinya adalah memeriksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke hard disk. Pasang kencang kabelnya dan kemudian nyalakan kembali, dengarkan apakah ada suara yang keluar dari hard disk normal. Bila tidak, kemungkinan hard disk rusak pada controllernya.

Sekian ulasan singkat mengenai beberapa masalah yang mungkin dan kerap muncul pada PC. Mulai sekarang, coba Anda perhatikan masalah-masalah yang sering muncul pada PC Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top