Tech & Auto

Mengenal TikTok Cash, Layanan Yang Baru Diblokir Kemkominfo

Mengenal TikTok Cash, Layanan Yang Baru Diblokir Kemkominfo

Kemkominfo secara resmi memblokir TikTok Cash pada Rabu (10/2/2021). Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan pemblokiran tersebut merupakan permintaan resmi dari OJK. Menurut Otoritas Jasa Keuangan, pemblokiran tersebut karena tidak adanya izin dan diduga merupakan skema money games, karena tidak ada barang maupun jasa yang dijual. Intinya, pemblokiran itu dikarenakan adanya transaksi elektronik yang melanggar hukum.

Berikut ini beberapa hal mengenai Tiktok Cash

  1. Menawarkan uang

Dilansir dari Antara, Rabu (10/2/2021), layanan tersebut menawarkan uang kepada pengguna setelah menonton tayangan video di TikTok. Layanan tersebut juga mengklaim sebagai platform yang bisa menghubungkan pengguna dengan ekonomi selebritis Internet.

Sebelum mendapat uang, pengguna harus mendaftar lebih dulu dengan menyertakan alamat email dan nomor telepon. Selain itu, ada beberapa paket keanggotaan yang ditawarkan, yaitu ‘pekerja sementara’ seharga Rp 89.000 yang berlaku selama 8 hari. Ada pula paket ‘general manajer’ dengan harga Rp 89.000 dan berlaku selama 365 hari.

  1. Tidak berkaitan dengan TikTok

Dengan tegas pihak TikTok mengeluarkan pernyataannya di Instagram bahwa TikTok Cask tidak terkait dengan platform milik mereka. Karena, TikTok tidak pernah meminta uang dari pengguna. Mereka pun meminta penggunanya agar lebih berhati-hati terhadap laman itu.

  1. Laman TikTok Cash masih dapat diakses

Pada Kamis (11/2/2021) pagi, laman TikTok Cahs masih dapat diakses dengan menampilkan bahasa Mandarin. Di tampilan awalnya terdapat sejumlah menu, seperti pendatang, bagikan, kepala layanan, dan dompet. Selain itu, ada juga menu paket keanggotaan, namun tidak bisa di-klik.

  1. Aplikasi serupa pernah muncul di China

Aplikasi serupa bernama Zynn juga pernah muncul di China pada tahun lalu. Dikutip dari laman Kompas.com (11/2/2021), Zynn adalah tiruan TikTok yang berorientasi menyaksikan video pendek berorientasi potret.

Lihat Juga: TikTok Perluas Fitur Family Pairing, Orang Tua Bisa Kontrol Akun Anak

Seperti TikTok Cash, aplikasi tersebut juga membayar pengguna untuk menonton video, mendaftar, dan meyakinkan pengguna lain untuk mengikutinya. Namun, jika ingin mendapat uang, pengguna harus menyerahkan informasi pribadi seperti akun Google, media sosial, atau nomor HP.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top