Tech & Auto

Menunggu Realisasi 5 Paten Apple Dalam Teknologi Masa Depan

Portal Berita

Apple merupakan salah satu perusahaan raksasa dalam hal teknologi komunikasi dan informasi. Sudah banyak sekali mereka menjual produk – produk unggulan mereka dengan kualitas dan fitur – fitur canggih dan sangat update sekali dengan perkembangan teknologi. Seperti iPhone, MacBook, sistem operasi iOS, iPod, dan lainnya. Ternyata, selain produk – produk unggulan miliknya, Apple juga diam – diam sedang mengembangkan beberapa penemuan – penemuan baru dalam bidang teknologi. Dan semua itu sudah dipatenkan oleh Apple. Ada banyak sekali paten Apple, tetapi disini akan dijabarkan 5 paten Apple yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya, dan sangat masuk akal sekali untuk direalisasikan menjadi sebuah teknologi baru di masa depan. Mari kita simak.

1. Perangkat Elektronik Anti Air.

Bukan tidak mungkin untuk mewujudkan sebuah alat elektronik yang tahan terhadap air. Memang saat ini, perangkat elektronik tahan air sudah ada dan direalisasikan oleh beberapa produsen smartphone terkenal. Tetapi itu hanya tahan terhadap cipratan air, atau bertahan di dalam air selama maksimal 5 menit saja dalam kedalaman 30cm. Jika lebih, maka kita bisa tahu hasilnya.

Apple ingin membuat berbagai perangkat elektronik yang benar – benar tahan air. Apple telah mematenkan bahan khusus yang sangat hidrofobik (anti air) untuk dilapisi di setiap perangkat elektroniknya seperti smartphone, komputer, speaker, dan lainnya. Sehingga benar – benar kedap air walau berapa jam didalam air dan kedalaman berapapun.

 

2. Pelacak Mobil.

Teknologi Apple yang satu ini sebenarnya hampir menjadi kenyataan. Karena paten yang diresmikan pada tahun 2013 ini bekerja secara simpel. iPhone yang didalamnya terdapat fitur bluetooth hanya bisa disandikan dengan mobil miliknya yang sudah tertanam perangkat bluetooth. Jadinya, saat mobil kita hilang, maka kita bisa menemukan di sekitar kita dan mencarinya.

Adanya teknologi ini akan membantu kita dalam menemukan mobil yang susah di parkiran mobil. Ataupun saat kita lupa memarkir mobil.

 

3. Pengirim Pesan Suara.

Pengirim pesan suara, atau Voicemail Screener adalah paten Apple yang dipatenkan pada tahun 2003. Kita pasti sudah tahu maksud fitur ini. Yah, rencananya fitur ini ada dalam iPhone, dimana kita hanya perlu menekan tombol di layar sentuh untuk merekam pesan suara kita. Setelah merekam, akan diberi pilihan untuk rekam lagi atau mengirimkannya. Di sisi penerima, kita bisa mendengarkan pesan suara yang diterima dan disimpan di iPhone kita.

 

4. Fitur “Berjalan sambil mengetik”.

Fitur berjalan sambil mengetik adalah fitur dimana kita bisa berjalan sambil mengetik SMS atau chat, sambil ada peta atau kamera untuk melihat jalan didepan kita. Jadinya layar SMS atau chat kita akan semi-transparan agar bisa melihat pandangan di depan kita. Dengan demikian, kita tidak perlu takut akan menabrak sesuatu, atau tersandung dan terjatuh.

Fitur berjalan sambil mengetik atau “A walk and text” ini dipatenkan oleh Apple pada tahun 2012 lalu.

 

5. Smartphone biometrik.

Smartphone biometrik, yang mana nama resmi saat dipatenkan oleh Apple pada 2008 adalah biometric-tracking headphone. Seperti arti kata biometrik, yaitu teknologi yang digunakan untuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia dalam autentifikasi. Dengan demikian jika biometrik dipadukan dengan smartphone, maka dapat dipastikan smartphone kita akan tahu kondisi kita. Seperti suhu tubuh, kadar gula, denyut jantung, tingkat stress, dan lain sebagainya.

Apalagi jika fitur biometrik ini dipadukan dengan perangkat elektronik Apple lainnya, akan sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan para pengguna alat elektronik ini. Sangat keren sekali untuk kita yang ingin hidup tetap sehat dan berdampingan dengan teknologi.

Demikian tadi penjabaran 5 paten Apple dalam bidang teknologi yang paling ditunggu sekali realisasinya di masa mendatang. Jika bisa terwujud, maka kehidupan manusia akan sedikit terbantu kedepannya dengan teknologi dari Apple. Kita tunggu saja.

Sekian dari saya, terima kasih telah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top