Tech & Auto

Mobil Listrik LG Akan Ada di Indonesia Tahun 2021

Mobil Listrik LG Ada di Indonesia Tahun 2021, Super Canggih

LG Energy Solution mengatakan bahwa mereka bersama dengan pemerintah Indonesia tentang pengadaan mobil listrik beberapa waktu lalu. Ini dibahas dalam suatu pertemuan telah menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU).  untuk bekerjasama membangun sebuah pabrik baterai yang nantinya akan memproduksi mobil listrik Indonesia.

Dalam kesempatan itu mereka mengatakan bahwa mereka telah menyepakati nilai investasi sebesar 9,8 miliar dollar Amerika atau 137,5 triliun rupiah. Pada kesempatan itu juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal mengatakan bahwa MoU telah teken sejak 18 Desember 2020 lalu.

Menurut Balik Lahadalia selaku Kepala Badan Koordinasi Modal mengatakan bahwa pada kesempatan kali ini akan membuat Negara Indonesia menjadi negara pertama yang akan memiliki pabrik baterai terintegrasi.

Menurut sebuah pengakuan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa beliau juga mengundang CEO Elon Musk dan beberapa investor lainnya untuk ikut berinvestasi di Tanah air.

Mobil listrik LG Akan Ada Mulai 2021

Pada tahun 2020 ini, sepertinya pasar untuk penjualan mobil listrik sangat tinggi. Bahkan berpotensi untuk populer. Sejumlah produsen elektronik bahkan tertarik dalam proyek kali ini.

Pada satu berita teknologi bernama neowin, mereka mengatakan bahwa salah satu produsen elektronik yang berasal dari Korea tertarik untuk ikut terjun ke dalam pasar EV dari sisi komponen penunjang. Produsen tersebut adalah LG. Dalam pernyataannya itu, LG mengatakan akan bekerja sama dengan Magna International Inc atau Magna.

Kerjasama pada keduanya pada akhirnya membentuk entitas baru yang mereka sebut dengan nama LG Magna E-Powertrain. Gabungan itu menghadirkan sebuah tujuan baru untuk menghadirkan inverter, motor listrik dan on board charger.

Alasan Membuat Pabrik Mobil Listrik

Alasan Membuat Pabrik Mobil Listrik
Alasan Membuat Pabrik Mobil Listrik

Pada wawancara yang berlangsung beberapa waktu lalu. Pihak LG mengatakan bahwa kesempatan emas ini tidak akan mereka lewatkan. Selain dari segi pasar, mobil listrik merupakan pasar yang cukup menjanjikan. Ada sebab mengapa LG akhirnya memilih negara Indonesia menjadi negara pertama yang memasuki industri elektronik ini.

LG mengaku bahwa alasan mengapa Indonesia mendapat penunjukan dahulu adalah karena pada Negara Indonesia masih ada sumber Nikel yang melimpah. Ini akan mereka manfaatkan pihak LG untuk pasar investasi tersebut.

Indonesia Adalah Tempat Penghasil Nikel

Indonesia adalah negara yang masih memiliki Sumber Daya Alam yang berlimpah. Dan hal ini menjadi daya tarik investor, pengusaha dan pemerintah sekitar untuk memanfaatkan hal tersebut.

Seperti halnya investor lain, LG melihat peluang ini sebagai peluang yang menjanjikan. Dan setelah perbincangan mengenai hal ini baik LG maupun pemerintah pusat sepakat untuk bekerjasama memanfaatkan Sumber Daya Alam Nikel. Beberapa wilayah dinilai masih memiliki Sumber Daya Alam ini dengan jumlah yang banyak.

Nikel sendiri menjadi daya tarik karena ia mempunyai fungsi yang sangat berguna, bentuk dan strukturnya yang keras. Mudah untuk dibentuk. Sifatnya menghantarkan panas dan mudah untuk menghantarkan listrik. Jadi tak heran kalau Sumber Daya ini dicari dan digemari oleh LG karena dapat dipadukan dengan besi dan kromium

Beberapa wilayah di Indonesia yang dikenal mempunyai banyak Nikel diantaranya adalah Luwu timur Provinsi Sulawesi Selatan, Sorowako Provinsi Sulawesi Selatan, Kaloka Provinsi Sumatera Tenggara, Morowali yang berada di Provinsi Sulawesi tengah, Halmahera Timur di Provinsi Maluku Utara, Pulau Ternate, Pulau Obi, Pulau Gebe dan Pulau Gag.

Proyek Mobil Listrik

Proyek Mobil Listrik
Proyek Mobil Listrik

Rencana proyek ini akan kurang lebih pada tanggal 18 Desember 2020 lalu ini, akan mulai dilakukan per akhir Desember 2020. Dan direncanakan akan selesai pada tahun 2023. Program ini merupakan gabungan dari perusahaan milik Korea dan milik China. Mereka mengatakan bahwa kemungkinan akan memulai segala sesuatu persiapannya dari akhir Desember 2020 atau sekitar awal Januari.

Akan tetapi meskipun begitu, mereka sebenarnya masih bermasalah pada beberapa aspek. Seperti tanah yang nanti akan digunakan. Mereka memperkirakan 800 hektar. Namun untuk mendapatkan hal itu, tidak mudah. Menurut Bahlil, ia harus pelan-pelan membuat masyarakat ikut berpartisipasi. Bahkan ia harus turun tangan dalam perjanjian dan percakapan dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

 Tanggapan Masyarakat

Ketika berita tentang Indonesia yang mulai memasukan produsen Mobil Listrik ke Indonesia. Masyarakat terlihat begitu antusias dengan hal tersebut. Sebagian merasa bangga karena Indonesia menjadi negara pertama yang akan dikenal sebagai penghasil mobil listrik. Namun juga tak sedikit orang yang menanyakan tentang bagaimana dengan harga mobil ini kedepannya?

Menurut beberapa kasus, delapan puluh persen warga indonesia masih menyukai bepergian menggunakan sepeda motor. Karena hal itu mendapat anggapan bahwa sifatnya lebih efisien dan murah. Beberapa ahli juga menanyakan tentang hal ini, karena menurut data. Sebagian besar masyarakat lebih mampu atau mau membeli kendaraan dengan harga 300 juta kebawah. Sedangkan untuk harga mobil ini masih di atas itu. Kurang lebih mencapai 500 juta lebih

Masyarakat Indonesia juga masih minim dengan pengetahuan penggunaan mobil listrik ini. Serta belum adanya tempat pengisian daya yang tersedia banyak di indonesia menjadi salah satu hal mengapa hal ini masih menjadi perbincangan serius.

 Kelebihan dan Kekurangan

 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik
 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mobil listrik ini akan menjadi media transportasi masa depan ini, kendaraan tersebut memiliki beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Penggunaan mobil listrik ini akan mampu mengurangi polusi udara, menghemat energi, lebih cerdas daripada mobil biasa, perawatan juga lebih muda, hemat untuk ruangan karena ia memiliki body yang lebih kecil daripada mobil pada umumnya yang sekarang sering digunakan.

Sedangkan untuk kekurangannya, mobil ini apabila dalam jarak dan waktu yang lama memungkinkan untuk butuh sumber daya listrik yang banyak. Sedangkan di Indonesia sendiri tempat untuk menemukan sumber daya itu masih minim.

Baca Juga : Toyota Serius Kembangkan Mobil Listrik Saingi Tesla

Alasan waktu pengisian ulang nya juga menjadi pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian juga. Pasalnya untuk mengisi satu mobil saja, kita membutuhkan kurang lebih 6 jam pengisian dengan daya tertentu.

To Top