Tech & Auto

Monument Valley 2 Sebagai Game Puzzle Terbaik Sequel Dari Seri Yang Pertama

Monument valley 2

This post is also available in: English

Monument Valley termasuk salah satu games yang sangat populer dan sangat menyenangkan. Setelah sukses di versi yang pertama, kini telah hadir seri kedua dari Monument Valley yang bernama Monument Valley 2.

Bagi kalian yang penasaran terhadap sistem permainan Monument Valley 2  ini apakah sama dengan versi yang pertama? Apa terdapat perubahan pada versi ke 2 ini? Untuk lebih jelasnya lagi mengenai aplikasi Monument Valley 2, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi Monument Valley mulai dari pengertian, sistem permainan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Penasaran? Simak baik-baik ya!

Sekilas tentang game Monument Valley 2

Monument Valley 2 adalah sebuah game berbentuk puzzle indie yang dikembangkan dan dirilis oleh Ustwo Games. Game ini merupakan seri kedua dari game Monument Valley yang pertama rilis pada tahun 2014 dimana versi pertama dari game ini termasuk salah satu game yang populer.  Monument Valley 2 termasuk game berbayar, namun pernah juga game ini bisa dimainkan secara gratis. Pada bulan Juli 2020, dan kembali ke versi berbayar.

Hadirnya Monument Valley 2 ini terinspirasi dari banyaknya pengembang pada game pertama yang telah menjadi orang tua dan karakter orang tua tersebut yang menjadi inspirasi tersendiri. Selanjutnya tim pengembang menyadari bahwa adanya karakter ibu dan anak dalam satu game akan menjadikan sebuah video game yang tidak biasa. Kebanyakan game yang mengenalkan karakter ibu hanya untuk memberi pengetahuan saja, namun pihak pengembang (Ustwo Games) menginginkan jika karakter ibu sangat berpengaruh dan kuat dalam game  Monument Valley 2.

Monument Valley 2 tercatat telah diunduh lebih dari 30 juta kali di China. Total pengunduhan antara versi pertama dan Monument Valley 2 tercatat lebih dari 80 juta kali pada September 2019. Oleh karena itulah, game ini banyak mendapatkan penghargaan. Game ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best Mobile Game di UNITY AWARDS 2017.

Best Mobile Game

Game ini juga pernah mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama dalam IGN’s Best of 2017 Award. Game ini berada di posisi kedua untuk “Puzzle Game Terbaik” dalam penghargaan Pembaca Game Informer’s Best of 2017 Award, bahkan The Verge memasukkan game Monument Valley 2 sebagai salah satu dari 15 Game Terbaik 2017.

Sistem Permainan Game Monument Valley 2

Sudah dijelaskan sebelumnya jika Monument Valley 2 merupakan sequel dari versi pertama. Dalam game versi ke 2 lebih mengedepankan jalan cerita daripada game yang pertama di mana game ini menceritakan seorang ibu yang bernama Ro dan anaknya yang sedang menjelajahi dunia. Monument Valley yang berisikan bangunan-bangunan magis dengan arsitektur yang penuh dengan elemen ilusi optik dan teka-teki di dalamnya.

Monument Valley 2 hadir dengan tampilan isometrik yang bertujuan agar Ro dan anaknya dapat melalui labirin yang mencakup ilusi optik. Pemain dapat mengetuk layar untuk memindahkan Ro atau anaknya (tergantung pada bab) atau untuk memicu adanya perubahan dalam arsitektur level untuk menyelesaikan puzzle atau teka-teki selama perjalananya.

Dalam game ini terdapat beberapa teka-teki yang melibatkan kehadiran Ro dan anaknya sehingga pemain akan dihadapkan dengan beberapa teka-teki lama dengan cara pemecahan yang lama dan teka-teki baru dengan cara pemeahan baru. Selain itu, di dalam game Monument Valley 2 terdapat beberapa arsitektur bangunan yang sangat keren beserta rahasia-rahasia di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Game Monument Valley 2

Setelah sukses di Monument Valley pertama, pihak developer Ustwo Game juga meraih kesuksesan di versi sequelnya. Kesuksesan tersebut didapatkan karena Monument Valley 2 ini memiliki kelebihan yang membuat game ini diminati banyak gamers. Di samping itu, game ini juga memiliki kekurangan yang nantinya dapat dijadikan pekerjaan untuk pembaruan di versi yang baru. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui:

Kelebihan:

1. Tampilan stage dalam setiap level simple namu kompleks

Level yang ada di dalam game Monument Valley 2 dibuat seperti sebuah cerita bersambung dimana setiap levelnya ditampilkan dengan lurus memanjang ke bawah dan bersifat sistematis. Konsep ini tentunya sangat simple dan unik mengingat ukuran game ini cukup besar. Jadi dapat dikatakan besarnya ukuran file aplikasi tidak berpengaruh pada tampilan level game.

2. Memiliki kontrol permainan yang sederhana

Kontrol untuk memainkan game Monument Valley 2 sangatlah sederhana. pemain hanya perlu sentuhan ke layar untuk memindahkan Ro dan anaknya atau untuk mengubah arsitektur guna menyelesaikan teka-teki

3. Membebaskan pemainnya untuk berkreasi

Monument Valley 2 memiliki fitur unik dimana fitur tersebut membebaskan pemainnya untuk berkreasi. Ketika level dalam game akan berakhir, maka disinilah pemain dapat berkreasi. Hal itu dikarenakan dalam level terakhir akan muncul scene dimana karakter game akan melepaskan sebuah cahaya ke langit. Cahaya tersebut dapat dibentuk menjadi beragam pola sesuai dengan keinginan pemainnya. Pola tersebut tidaklah berpengaruh ke dalam game, namun pola tersebut dapat dijadikan sebuah rewards bagi pemain yang telah menyelesaikan sebuah level dalam game ini

4. Menampilkan musik yang membuat suasana dalam game semakin realistis

Dalam game MV 2 menampilkan musik yang sangat bagus dimana mengedepankan nada-nada halus yang mana membuat suasana dalam game semakin realistis dan atmospheric. Oleh karena itu, ketika memainkan game Monument Valley 2 sangat direkomendasikan untuk memakai headset agar pengalaman yang didapatkan ketika bermain lebih terasa

5. Adanya fitur screenshot

Monument Valley 2 memiliki fitur screenshot yang membuat pemain dapat mengabadikan setiap momen ketika memainkan game ini. Fitur ini dilambangkan dengan bentuk lingkaran dengan titik ditengahnya yang terletak di layar bagian kanan atas. Dengan menggunakan fitur ini, tentunya pemain dapat melakukan zoom in maupun zoom out pada gambar yang akan di screenshot

Kekurangan:

1. Ukuran game Monument Valley 2 ini cukup besar sehingga menghabiskan banyak memori penyimpanan telepon

Monument Valley 2 termasuk game yang memiliki ukuran sekitar 252 MB sehingga akan menghabiskan memori penyimpanan telepon. Ketika selesai menginstall, otomatis ukuran file akan bertambah karena cache-cache dalam aplikasi juga ikut tersimpan.

2. Durasi permainan pendek

Monument Valley 2 memiliki durasi permainan yang pendek. Untuk menyelesaikan setiap level mulai dari awal sampai akhir, durasi yang dibutuhkan sangat cepat karena setiap level tergolong sangat mudah sehingga ketika memainkan ini terkesan tidak puas karena cepat selesai. Padahal game ini termasuk game teka-teki yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan setiap levelnya

3. Game Monument Valley 2 termasuk game berbayar

Untuk bisa memainkan Monument Valley versi pertama, pengguna harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 51.000 untuk mendapatkan game tersebut. begitupun juga dengan Monument Valley 2 yang hanya bisa dimainkan jika telah membelinya seharga Rp. 75.000

Bagaimana dengan ulasan di atas? apakah kalian sudah mendapatkan gambaran seperti apa game Monument Valley 2 ini? Apakah sama dengan versi yang pertama? jika sudah memahami tentang game MV 2, kalian bisa langsung mengunduh game terssebut melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Namun, untuk bisa memainkan game ini pengguna tentunya harus merogoh kocek sebesar Rp 75.000 dimana harga tersebut cukup mahal untuk kategori gamers yang masih anak-anak.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat untuk kalian karena memberikan informasi mengenai game Monument Valley 2 agar kalian dapat mengenal salah satu game puzzle terbaik dan terpopuler.

To Top