Tech & Auto

Nokia Kembali Bangkit, Inilah Spesifikasi Nokia 225 4G Terbaru

Nokia 225 4G

Setelah sempat mati suri, kini Nokia perlahan bangkit kembali ke gelanggang persaingan ponsel dunia dan mulai banting setir dari berbasis Windows ke Android. Dulu, Nokia sendiri pernah merajai penjualan ponsel mengalahkan merek lainnya. Namun, pamornya pernah mulai tergusur sejak kehadiran ponsel berbasis Android dan iOS. Kini di bawah naungan dari HMD Global, Nokia kembali bangkit dengan mengeluarkan HP jadul terbaru yang murah tapi berspesifikasi tinggi sehingga terlihat seperti ponsel premium yaitu Nokia 225 4G.

Kira-kira, bagaimana spesifikasi dari handphone jadul milik Nokia ini? apakah ada perbedaan dengan handphone-handphone keluaran Nokia lainnya. Untuk itu, Yuk intip spesifikasi dari Nokia 225 4G.

Nokia 225 4G

Nokia 225 4G ini merupakan handphone jadul terbaru dari Nokia yang berbentuk candybar dengan jaringannya yang sudah 4G. Dengan handphone ini tentunya pengguna akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dibandingkan seri candybar lainnya. Berikut ini spesifikasi dari 225 4G:

Layar

225 4G

Nokia 225 4G menghadirkan layar 2.4 inci dengan screen body ratio 28%. Layar handphone ini bertipe TFT 256 K colors beresolusi 240x 320 pixel dengan ratio 4:3.

Desain

Nokia 225 4G ini berbentuk candybar yang didesain klasik yang berpadu kontemporer. Dengan berat sekitar 90.1 gram dan dimensi 13.7 mm membuat handphone ini nyaman ketika digenggam apalagi dibantu dengan body bagian belakang di buat melengkung.

Keyboardnya sendiri menggunakan desain lama yaitu Alfanumerik T9 namun tetap didesain dengan premium dan tombol fungsi khusus terasa lebih presisi karena dibuat dengan terpisah.

Di bagian belakang keyboard dilengkapi dengan LED yang membantu pengguna melihat keyboard ketika digunakan di suasana yang minim cahaya. Nokia 225 4G  hadir dengan tiga pilihan warna glossy yang menghasilkan warna yang mewah yaitu Classic Blue, Metallic Sand, dan hitam.

Kamera Nokia 225 4G

Rilisnya Nokia 225 4G ini bersamaan dengan rilisnya Nokia 215. Namun hanya 225 4G yang dilengkapi dengan kamera belakang 0.3MP VGA yang berada di bagian belakang dan terletak di bawah speaker utama. Meskipun demikian, tetap saja kamera ini hanya bisa mengambil gambar yang standar karena tidak dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung kamera yang dapat mempercantik hasil bidikan.

Jaringan, Performa dan Baterai

Nokia 225 4G hadir dengan jaringan 4G yang mendukung VoLTE yang membuat kegiatan apapun yang membutuhkan jaringan semakin jelas seperti panggilan telepon, akses media sosial maupun bermain game.

Sistem operasi yang digunakan, handphone jadul ini menggunakan RTOS (Series 30+) dengan menggunakan Unicos UMS9117 di CPU-nya. Selain itu,  ponsel ini juga dibekali RAM 64MB dengan memori internal yang berkapasitas 128MB yang dilengkapi dengan slot MicroSD dengan kapasitas hingga 32GB.

Untuk baterainya sendiri, Nokia 225 4G diklaim memiliki baterai yang tahan lama dengan kapasitas 1.150 mAh sehingga tidak boros seperti smartphone. Bisa dikatakan bahwa kapasitas baterai tersebut memang membuat baterai handphone awet untuk sejenis ponsel candybar seperti 225 4G ini. Handphone ini menggunakan tipe SIM Card Single SIM (Nano SIM) atau Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by).

Fitur Pendukung

225 4G dilengkapi dengan beragam fitur hiburan seperti radio FM, game-game khas Nokia, Facebook, dan masih banyak lagi. Dengan fitur tersebut tentunya pengguna tidak akan mengalami kebosanan.

Diketahui bahwa Nokia 225 4G ini resmi rilis di China pada Oktober 2020. Namun, untuk di Indonesia sendiri belum diketahui kapan perilisannya. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 ini, peluncuran handphone ini diundur. Nokia 225 4G dibandrol dengan harga sekitar Rp. 697.000. Harga yang sangat murah namun desain dan spesifikasi tetap terlihat premium.

Harga dan Spesifikasi Nokia 225 4G

Layar– 2.4 inci
– Screen body ratio 28%
– Bertipe TFT 256 K colors
– Resolusi 240x 320 pixel
– Ratio 4:3.
Kamera Belakang0.3MP VGA
Sistem OSRTOS ( Series 30+)
CPUUnicos UMS9117
JaringanGSM, 4G, VoLTE
Sim Card TypeSingle SIM (Nano Sim), Dual SIM (Nano SIM, dual standby)
Baterai1.150 mAh
RAM64MB
Memori128 MBSlot MicroSD hingga 32 GB
Fitur lainRadio, USB, Bluetooth, Fingerprint, 3.5 Jack Earphone
WarnaClassic Blue, Metallic Sand, dan hitam
HargaRp. 697.000
Harga dan Spesifikasi

Bagaimana dengan ulasan mengenai handphone terbaru dari Nokia di atas? kira-kira apakah kalian tertarik untuk memiliki handphone jadul terbaru Nokia 225 4G? Memang bukan berbasis Android karena handphone ini masih berbentuk candybar dengan layarnya yang kecil.

Meskipun demikian desain dan spesifikasinya terlihat lebih premium dibandingkan dengan handphone candybar lainnya bahkan jaringannya juga sudah menggunakan jaringan 4G. Untuk harga pun sangat murah. Nokian 225 4G ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 697.000. Sangat murah kan?.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini setidaknya memberikan informasi kepada kalian bahwa Nokia kini kembali bangkit setelah sempat mati suri beberapa tahun lalu akibat kalah saing dengan handphone-handphone berbasis Android dan iOS yang ada di pasaran. Selamat mencoba dan selamat mencoba handphone Nokia 225 4G ini. 

To Top