Tech & Auto

Nvidia CMP, GPU untuk Penambang Cryptocurrency

Nvidia CMP, GPU untuk Penambang Cryptocurrency

This post is also available in: English

Nvidia baru-baru ini meluncurkan kartu GPU bernama Nvidia CMP khusus untuk para penambang cryptocurrency yang banyak dibicarakan warganet. Hal ini seolah sebagai jalan terakhir bagi Nvidia untuk memenuhi permintaan pasar terkait kartu GPU yang kian hari kian langka keberadaannya.

Tak pelak, hal itu berimbas besar pada produksi kartu grafis Nvidia yang tak dapat memenuhi permintaan pasar akibat krisis kartu grafis. Bahkan saking langkanya kartu grafis Nvidia, perusahaan tersebut sampai harus menjual kembali produk kartu grafis lamanya. Hal tersebut pihaknya lakukan agar dapat memenuhi permintaan pasar, meskipun pihak Nvidia sadar betul itu tidakk mungkin bisa.

Apa yang menjadi alasan kelangkaan tersebut? Jawabannya adalah adanya pembeli yang memborong kartu grafis untuk menambang cryptocurrency. Dalam keadaan tersudut tersebut, Nvidia perlu memutar otak lagi agar dapat bertahan dari gempuran para miner. Pada akhirnya, Nvidia memilih untuk memproduksi kartu yang diperuntukan khusus untuk menambang cryptocurrency bernama Nvidia CMP.

Melansir dari laman situs resmi Nvidia, pihaknya akan menjual Nvidia CMP melalui rekanan serta akan terdapat pengoptimalan untuk efisiensi mining terbaik. Jadi, apabila Anda berniat untuk membeli kartu yang satu ini, Anda harus tahu rekanan Nvidia yang menjual kartu chip khusus tersebut. Nvidia memilih rekanan seperti Asus, Colorful, MSI, EVGA, hingga Gigabyte.

Spesifikasi Nvidia CMP

Spesifikasi Nvidia CMP

CMP merupakan singkatan dari Cryptocurrency Mining Processor. Dari nama tersebut sudah jelas bahwa Nvidia menciptakan produk ini memang untuk tujuan menambang cryptocurrency.

Lebih lanjut, Nvidia menjelaskan bahwa processor miliknya tersebut memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda dari produknya yang lain seperti seri Geforce. Dengan begitu, Nvidia berharap para penambang cryptocurrency tidak akan mengganggu ketersediaan kartu grafis gaming miliknya.

Nvidia merilis 4 jenis kartu grafis yang termasuk dalam seri CMP. Berikut ini nama 4 kartu tersebut beserta spesifikasinya.

1. Nvidia CMP 30 HX

Nvidia CMP 30 HX
Nvidia CMP 30 HX

Seri 30 HX merupakan kartu grafis yang bisa dianggap memiliki spesifikasi lebih rendah daripada seri yang lainnya. Pada seri ini, Nvidia hanya memberikan hashrate sebanyak 26 MH/s. Atau bisa kita simpulkan seri ini memiliki tingkat kecepatan terendah dalam jaringan yang sangat Anda butuhkan untuk menambang cryptocurrency. Meski begitu, Nvidia CMP 30 HX memiliki daya rata-rata terkecil yaitu hanya sebesar 125 W.

Untuk power connector dari seri ini adalah 1 x 8-pin. Nvidia juga memberikan memory yang berukuran 6 GB. Jika Anda memiliki budget yang minim dan masih belajar menambang cryptocurrency, mungkin seri ini cukup tepat untuk Anda memulai penambangan.

2. Nvidia CMP 40 HX

Setelah seri 30 HX, Nvidia juga merilis lainnya yang memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dari seri 30 HX. Nvidia memberi nama yang hampir sama, hanya saja mengganti angkanya ke angka yang lebih tinggi untuk menandakan tingkatannya yang juga lebih tinggi. Nvidia menamai kartu kedua tersebut dengan nama Nvidia CMP 40 HX.

Meski memiliki spesifikasi yang lebih unggul, faktanya adalah keduanya juga memiliki kesamaan antara satu dan lainnya. Perbedaan yang pertama adalah pada hashrate seri 40 HX yang lebih tinggi dari pada seri 30 HX. Pada seri ini, Anda akan mendapati hashrate sebesar 36 MH/s. Untuk ukuran memori dari kartu ini, Nvidia membekalinya dengan memori sebesar 8 Gb. Kedua hal tersebut menjadikan seri 40 HX memiliki nilai lebih.

Seperti yang kita tahu, spesifikasi yang baik akan membutuhkan daya yang lebih besar untuk mengoperasikannya. Hal itu membuat rata-rata daya oleh kartu grafis ini menjadi 185 W.

3. Nvidia CMP 50 HX

Nvidia CMP 50 HX
Nvidia CMP 50 HX

Jika menurut Anda spesifikasi seri 40 HX tersebut masih kurang, Ada dapat menggunakan Nvidia CMP 50 HX. Seri ini memiliki kelebihan daripada seri sebelumnya. Kelebihan yang pertama berada pada hashratenya yang sangat cepat hingga 45 MH/s. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya juga terletak pada ukuran memori hingga 10 GB. Hal ini menjadikan seri 50 HX sangat layak untuk Anda gunakan.

Untuk daya listriknya, rata-rata kartu grafis ini akan memakan daya hingga 250 W. Tentu hal itu berimbang dengan spesifikasi dewa yang ia miliki. Selain itu, power connector pada kartu grafis ini juga berbeda dari dua seri lainnya di atas. Untuk power connectornya, seri 50 HX memiliki 2x 8-pin.

4. Nvidia CMP 60 HX

Jika seri 50 HX menurut Anda adalah yang terbaik, coba pertimbangan juga Nvidia CMP 60 HX. Pada seri ini, Anda akan menemukan spesifikasi dewa. Yang pertama adalah hashratenya yang sangat cepat hingga 86 MH/s. Jumlah yang sangat tidak main-main dan sangat baik untuk menambang cryptocurrency.

Dalam hal ukuran memori yang akan Anda dapatkan juga bagus, ukurannya sama dengan seri 50 HX yaitu sebesar 10 GB. Jumlah tersebut memang sangat pas untuk Anda gunakan dalam menambang cryptocurrency.

Meski begitu, penggunaan daya oleh kartu ini cukup besar. Daya rata-ratanya mencapai hingga 320 W dan menjadi yang tertinggi dari pada seri lainnya.

Hingga saat ini bentuk hardware dari Nvidia CMP masih misteri. Namun, Nvidia menjanjikan bahwa CMP tersebut akan dapat terpasang pada bracket terbuka untuk memaksimalkan sirkulasi udara.

Dengan memperkenalkan chip khusus menambang cryptocurrency tersebut, Nvidia seolah membangun tembok pembatas. Pihaknya seolah memberi perbedaan antara miner dan juga gamer yang sela ini menjadi konsumennya. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top