Tech & Auto

O’Jack, Taxi Motor Argometer Pertama di Indonesia

motor

 

Anda pasti tidak asing dengan Gojek kan? Ya, Gojek merupakan ojek yang dilengkapi dengan sebuah aplikasi sehingga memudahkan kita ketika akan menggunakannya. Namun tahukah Anda mengenai O’Jack? Mungkin asing, tapi ternyata O’Jack tidak jauh berbeda dengan Gojek. Nah, ternyata O’Jack ini merupakan pelopor dari adanya ojek berbasis argometer yang ada di Yogyakarta.

O’Jack ini bahkan telah mendapatkan rekor MURI pada tahun 2010. Rekor ini diberikan sebagai “Taxi Motor Pertama yang Dilengkapi Argometer”. Tidak cukup sampai di situ, satu tahun kemudian yaitu pada tahun 2011, MURI memberikan rekor “Pemrakarsa Taxi Motor Berargometer di Indonesia”.

 

Tarif dari O’Jack ini pun cukup terjangkau yaitu Rp 4000 pada 1 kilometer pertama. Untuk kilometer selanjutnya, dihargai dengan Rp 2000. Harga ini tergolong jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang dikeluarkan oleh ojek konvensional. Perbedaannya pun akan sangat terasa apabila jarak tempuh Anda jauh.

Tidak hanya memiliki tarif yang tergolong murah, pengendara taxi motor ini pun bersikap sangat ramah kepada para penumpang. Anda tidak akan merasa bosan selama di perjalanan karena pengendara akan mengajak Annda mengobrol. Pengendara O’Jack pun sangat sopan ketika berbicara dengan penumpangnya.

Keamanan dan keselamatan penumpang pun sangat dijaga. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara pengendara dalam membawa kendaraannya. Apabila melewati jalanan sepi sekalipun, taxi motor ini rata-rata melaju di kecepatan 40km/jam dan tidak pernah melaju di atas kecepatan 50km/jam. Namun jangan khawatir, Anda juga bisa meminta pengendara melaju sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana jika ingin menggunakannya? Anda hanya perlu menghubungi call center O’Jack melalui sms atau telepon. Tak jauh berbeda dengan taxi mobil, Anda hanya perlu menyebutkan nama dan alamat lokasi penjemputan. Nantinya, pengendara yang akan menjemput Anda akan menghubungi apabila sudah dekat. Tidak hanya mengandalkan call center, Anda juga bisa langsung menghentikan pengendara yang sedang berlalu-lalang. Pengendara pun akan langsung mengantarkan Anda apabila belum ada yang memesan.

Walaupun perlu dipesan terlebih dahulu, Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa dijemput. Biasanya pengendara akan menjemput Anda dalam waktu kurang dari 10 menit. Hal ini didukung oleh markas O’Jack yang lokasinya tergolong strategis yaitu berada di dekat kampus Universitas Gadjah Mada (UGM).

Untuk membedakan O’Jack dengan ojek pada umumnya, Anda dapat melihat seragam yang digunakan oleh pengendara. Pengendara akan mengenakan atribut berwarna kuning baik helm maupun jaketnya. Tidak hanya itu, motor masing-masing pengendara pun berwarna kuning. Ini tentunya akan memudahkan Anda membedakan dan melihat O’Jack dari jarak pandang yang jauh.

Tidak hanya mengandalkan call center, taxi motor ini pun memiliki website dan beberapa media sosial. Hal ini tentunya untuk mendukung layanan mereka dan untuk memperkuat branding. Pelayanan terhadap konsumen yang selalu baik, membuat taxi motor ini kembali mendapatkan penghargaan. Pada tahun 2012, O’Jack mendapatkan penghargaan sebagai “Leading Company in Public Service of The Year” pada The Inspiring Business Variety Award.

Itulah satu lagi produk kreatifitas anak bangsa. Anda tertarik menggunakan layanan O’Jack? Jika ya, Anda bisa mencobanya ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top