Tech & Auto

OPPO A93 5G Rilis Bulan Ini, Simak Spesifikasinya

Spesifikasi OPPO A93 5G

Perusahaan OPPO umumkan gawai terbarunya yaitu seri OPPO A93 5G yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat pada Kamis pekan lalu (14/01). Peluncuran ini menjadikan gawai tersebut sebagai telepon pintar kedua dari china yang menggunakan Snapdragon 480 5G dari Qualcomm. Sebelumnya, Vivo telah lebih dulu meluncurkan Vivo Y31S sebagai telepon pintar pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 480 5G.

Dengan perilisan seri A93 5G seolah jawaban bagi para penggunanya yang berharap OPPO meluncurkan lagi telepon pintar 5G untuk level menengah. Sebab ini bukan pertama kalinya bagi OPPO merilis telepon pintar 5G. Sebelumnya OPPO merilis seri Reno 4 pro dan 5 yang memiliki konektivitas 5G untuk level flagship dan A73 5G untuk level menengah.

OPPO A93 5G merupakan penerus dari pendahulunya OPPO A93 yang di rilis pada oktober 2020. OPPO berencana untuk merilis gawai tersebut di china dalam waktu dekat. Namun, belum ada informasi lebih lanjut terkait kapan perilisan gawai tersebut secara global.

A93 dan A93 5G Serupa Tapi Tak Sama

A93 dan A93 5G
A93 dan A93 5G Serupa Tapi Tak Sama

Meski nama keduanya sama seolah adik dan kakak, tetapi dari segi spesifikasi dan desain Oppo A93 5G cukup berbeda. Desain dari kamera belakang OPPO A93 5G lebih mirip dengan A92 yang telah rilis jauh sebelum seri A93. Terkait desain kamera, para pengguna OPPO menyoroti 2 kamera belakang yang berukuran 2 megapixels yang mereka anggap sangat tak berguna.

Salah seorang pengguna mengutarakan harapannya untuk OPPO akan membuang 2 kamera 2 megapixels yang terdapat pada bagian belakangnya dan mengurangi harga. 2 kamera tersebut sejatinya ialah kamera potret dan makro. Namun, para pengguna merasa kamera itu tidak terlalu berguna.

Dari segi tampilan, OPPO A93 telah memiliki layar super Amoled dan A93 5G masih dengan IPS. Tetapi untuk segi dimensi layar, A93 5G memiliki layar lebih luas 0.07 inch.

Untuk Platform yang keduanya gunakan, seri A93 5G memiliki banyak kelebihan. Versi android yang digunakan, A93 5G telah menggunakan Android 11 dengan Color OS 11.1. Chipset yang ada pada gawai tersebut pun menjadi kebanggaan OPPO yaitu Snapdragon 480 5G. Untuk GPU, seri A93 5G telah menggunakan Andreno 619.

OPPO A93 5G juga memiliki kapasitas memori yang sangat besar, yaitu 256 GB ROM dan 8 GB RAM. Hal itu seolah menjadi kelebihan mutlak bagi seri ini. Tidak ada ponsel pintar lain yang menawarkan memori sebesar itu dengan harga yang terjangkau.

Selain Memory, seri A93 5G juga lengkap dengan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5000 mAh. Namun, untuk alat pengisian daya seri A93 5G hanya fast charging 18 Watt. Hal itu sangat mengecewakan sebab OPPO memiliki teknologi Vooc dan juga beberapa telepon pintarnya memiliki fast charging hingga 30 Watt.

Harga yang Ditawarkan

harga A93 dan A93 5G
Harga yang Ditawarkan

Biaya yang OPPO A93 5G tawarkan yaitu dalam kisaran 1999 Yuan atau 4.3 juta rupiah untuk varian memory 256 GB. Sedangkan untuk varian memori 128 masih belum ada kejelasan hingga saat ini. Seri ini juga hadir dengan 3 warna yaitu Aurora, Dazzling Black, dan Elegant Silver. Varian Aurora menjadi yang paling istimewa karena dapat berubah apabila Anda melihat dari sudut yang berbeda

Harga dari OPPO A93 5G terbilang cukup kompetitif pada levelnya. Kebanyakan level menengah dengan rentang harga yang sama tidak ada yang memberikan memory sebesar A93 5G. Belum lagi dapur pacu gawai ini telah memiliki chipset keluaran Qualcomm yang terbaru.

Meski seri A93 5G telah hadir untuk pasaran china. OPPO belum memberikan penjelasan terkait kapan telepon pintar tersebut akan tersedia untuk pasar global, terutama Indonesia. Para pengguna OPPO berharap gawai ini juga akan memasuki pasar Indonesia untuk menambah kompetisi persaingan antar gawai level menengah.

OPPO A93 5G atau Vivo Y31S?

OPPO A93 5G atau Vivo Y31
OPPO A93 5G atau Vivo Y31S?

Vivo dan OPPO mungkin memiliki image yang tidak jauh berbeda dalam benak masyarakat. Kedua brand ini sama-sama membanggakan teknologi kamera selfie yang mereka miliki. Slogan keduanya sudah tertanam erat di benak masyarakat, OPPO dengan selfie expert dan Vivo dengan perfect selfie.

Hingga saat ini, keduanya masih bersaing pada setiap level. Mulai dari gawai level bawah, menengah, hingga flagship. Jika Anda bingung memilih OPPO atau Vivo sebagai gawai harian, ada baiknya untuk memperhatikan perbedaan yang ditawarkan oleh kedua gawai tersebut.

Tidak lama setelah Vivo meluncurkan Vivo Y31S yang menggunakan chipset Snapdragon 480 5G. OPPO seolah kebakaran jenggot dan meluncurkan OPPO A93 5G dalam kurun waktu yang tak begitu lama sejak Vivo meluncurkan gawainya. Apakah keduanya memiliki perbedaan?

Jawabannya sudah pasti spesifikasi Oppo A93 5G dan Vivo Y31S berbeda. Namun, apakah signifikan? Jawabannya tidak. Keduanya memiliki banyak kesamaan mulai dari tampilan, chipset, memori, OS, GPU, hingga CPU. Perbedaan yang paling mencolok adalah memory internal yang ditawarkan oleh OPPO A93 5G sangatlah besar, yakni 256 GB.

Kedua brand tersebut seolah tidak ada yang ingin kalah start sehingga memaksa salah satunya untuk berinovasi lebih. Karena Vivo telah lebih dulu meluncurkan Y31 S, hal itu memaksa OPPO untuk memberikan inovasi yang berbeda dengan memasang memory internal 256 GB.

Selain memori, tidak ada lagi perbedaan spesifikasi Oppo A93 5G dan Vivo Y31S yang begitu mencolok selain resolusi kamera dan desain kameranya. Jadi, apabila Anda merasa bingung untuk memilih anatar Vivo dan OPPO, coba pertimbangkan kembali perbedaan dan juga rentang harga yang ditawarkan. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan untuk apa telepon tersebut nantinya digunakan

To Top