Tech & Auto

Oppo Luncurkan ColorOS 11 Versi Resmi Di Indonesia, Oppo Reno4 F Yang Pertama?

Oppo ColorOS 11

Perlu diketahui bahwa Oppo baru saja meluncurkan sistem operasi yang dinamakan ColorOS 11 versi resmi di Indonesia. Sistem operasi tersebut adalah OS pertama yang berbasis Android 11. Sebelumnya, Oppo sendiri mengenalkan ColorOS 11 ini secara global. OS ini dirilis hanya dalam waktu dua bulan dari merilis versi resminya yang stabil. OPPO diketahui telah melakukan kolaborasi dengan Google untuk mewujudkan peluncuran dan pembaruan yang lebih cepat untuk ColorOS 11.

Oppo merupakan salah satu produsen ponsel terkemuka yang berasal dari Tiongkok. Oppo berhasil menduduki peringkat nomor lima di seluruh dunia sebagai perusahaan yang terus menerus mengeluarkan produk ponsel dengan peningkatan di spesifikasinya. Oppo sendiri termasuk bagian dari BBK Electronics bersama dengan dua produsen lainnya yaitu Vivo dan Realme.

Produk ponsel dari Oppo yang telah menerima pembaruan secara resmi pertama kali adalah Oppo Reno4 F yang sudah dilakukan sejak 12 November 2020. Kemudian akan disusul seri Oppo Find X2, Find X2 Pro, Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition yang akan dilakukan pembaruan pada 25 November 2020. ColorOS 11 versi resmi ini akan mengjangkau lebih dari 30 perangkat Oppo termasuk seri Reno dan A yang akan dilakukan pembaruan secara bertahap hingga Desember 2020. Tindakan ini mendapatkan respon positif dari pengguna produk Oppo.

Seperti yang dikatakan oleh Aryo Meidianto yang dilansir dari iNews.id, Jum’at (20/11/2020) bahwa “ColorOS 11 telah mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari para penggunanya dan para pengembang sejak diluncurkannya pada bulan September 2020 lalu”.

ColorOS 11 versi resmi ini diketahui mengusung konsep “Make Life Flow” yang tetap mempertahankan fitur-fitur favorit yang ada pada Android. Hal itu sekaligus akan menghadirkan kustomisasi UI yang lebih baik lagi karena belum pernah ada sebelumnya dimana hal itu dapat membantu pengguna mewujudkan imajinasinya dan lebih mempersonalisasi pengalaman mereka.

Dengan hadirnya kustomisasi UI yang belum pernah ada sebelumnya, pengguna dapat membuat layar ponsel selalu aktif atau Always-On Display, mengubah tema, warna, wallpaper, font, ikon, hingga nada dering yang sesuai dengan keinginan pengguna sendiri. ColorOS 11 versi resmi ini diketahui dapat meningkatkan dark mode yang tersedia pada stock Android dengan tiga skema warna dan tingkat kontras untuk mengatur tampilan layar. Peluncuran ColorOS 11 versi resmi ini tentunya sangat dinantikan oleh para pengguna ponsel Oppo terutama pengguna Oppo di Indonesia.

Dengan Oppo Relax 2.0 memungkinkan penggunanya dapat menciptakan kreasi white noise mereka sendiri dan menghadirkan koleksi suara yang lebih banyak lagi dan imersif yang berasal dari berbagai kota di seluruh dunia.

Untuk pengguna Oppo Reno4F, ada cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pembaruan di sistem operasinya dengan menggunakan ColorOS 11 yaitu

  • Buka “pengaturan”. Pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” kemudian deteksi ke versi baru
  • Tunggu hingga adanya pemberitahuan untuk memperbarui

Adanya pembaruan berarti OS telah dilakukan perbaikan. Proses perbaikan OS ini hingga menjadi ColorOS 11 versi resmi di Indonesia tentunya tidak dilakukan pihak Oppo sendiri. Mereka pastinya bekerja sama dengan orang lain agar menghasilkan sesuatu yang baru dengan hasil yang memuaskan. Pembaruan ColorOS 11 pada beberapa perangkat Oppo yang dimaksud tentunya memberikan peningkatan pada performanya.

Seperti yang dikatakan oleh pak Aryo Meidianto bahwa Oppo telah bekerja sama dengan tim Android dalam proses perbaikan bug dan mengevaluasi keseluruhan dari setiap masukan-masukan yang masuk dari ribuan pengguna Oppo di seluruh dunia untuk peluncuran versi resmi dari ColorOS 11 di Indonesia ini. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan versi resmi ColorOS11 secara global bagi pengguna Oppo di Indonesia.

Nah itulah informasi terbaru mengenai perusahaan Oppo telah merilis ColorOS 11 versi resmi di Indonesia dengan pembaruan pertama dilakukan di Oppo Reno4 F yang kemudian diikuti oleh seri FindX2 dan 30 ponsel Oppo lainnya.

Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini memberikan manfaat bagi kalian terutama pengguna Oppo seri terbaru yang bisa melakukan pembaruan OS sendiri. Selamat membaca.

To Top