Tech & Auto

Pengertian dan Fungsi Backlink untuk SEO Website

Pengertian dan Fungsi Backlink untuk SEO Website

This post is also available in: English

Backlink, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.

Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya search engine) sebagai dasar navigasi web, hari ini, kepentingannya terletak pada peringkat dari search engine optimization (SEO).

Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas, pentingnya website atau halaman. Misalnya ini digunakan oleh Google untuk menentukan page rank dari halaman web.

Fungsi Backlink untuk SEO

SEO itu dibagi menjadi dua yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page.

Perbedaan dari kedua teknik SEO tersebut terlihat jelas dari namanya, dimana On-Page yang berarti dari dalam halaman blog, dan Off-Page yang berarti dari luar halaman blog (backlink).

Banyak yang mengibaratkan Backlink ini sebagai Queen dari seorang King, hah apa maksudnya ? King disini adalah Content, sementara Queen ada Backlink.

Filosofi ini saya temui dari group publisher Indonesia, dimana mereka mengatakan, raja (artikel) tidak akan bisa (sulit) menduduki pejwan google tanpa bantuan queen (backlink).

Sangat menarik dan memang seperti itu faktanya. Saya sendiri mengakui cukup sulit menempati Ranking 1 Google dengan persaingan kata kunci yang ketat, jika tanpa bantuan Back-link.

Namun tidak sebalikya, kita tidak akan terlalu kesulitan masuk halaman pertama meskipun artikel yang kita buat minim dengan catatan backlink yang kita berikan ke blog tersebut sangat amat luar biasa berkualitas dan dengan kuantitas yang banyak.

Jika ditarik kesimpulan :

Artikel Tanpa Backlink = 40% menjadi Top Ranking 1 Google Backlink Tanpa Artikel = 60% menjadi Top Ranking 1 Google.

Backlink

Bukan berarti lopers menyuruh anda untuk membuat artikel yang seadanya tetapi usahakan untuk membuat artikel yang benar-benar bermanfaat untuk pengunjung. Jangan sampai melupakan backlink.

Backlink yang bagaimana?

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang natural, tidak terlalu dipaksakan, yang penting senatural mungkin dan bervariasi.

Misalnya anda memberikan komentar diforum yang mempunyai PR yang tinggi dan postingan anda diforum tersebut hanya menggangu aktifitas diskusi forum karena post yang anda berikan tidak sesuai dengan diskusi berlangsung, ini tidak natural ada kesan dipaksakan.

Begitu juga dengan komentar blog dan tukeran link, sesuaikan dengan tema blog anda dan blog yang anda komen, paling tidak sesuaikan dengan postingannya, agar anda mendapat back-link berkualitas, kalau tidak anda akan dianggap spammer oleh robot Search Engine.

Baca Juga : Apa Itu SEO Off Page

Sementara ini saja yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga penjelasan singkat dari lopers mengenai ;

  • Apa Backlink Berkualitas Itu dan juga
  • Fungsi backlink untuk SEO

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

To Top