Tech & Auto

Per Februari 2021, Ini Pembaruan Kebijakan WhatsApp

Per Februari 2021, Ketahui Beberapa Pembaruan Kebijakan WhatsApp

Untuk Anda pengguna WhatsApp pasti sudah tahu bahwa kabarnya per tanggal 8 Februari 2021 akan ada kebijakan baru perihal WhatsApp. Kebijakan itu akan mulai mulai berlaku pada hari itu juga.

Kebijakan ini berisi tentang WhatsApp yang memberitahukan bahwa semua data penggunanya akan berhubungan dengan pada Facebook. Pagi ini WhatsApp mulai memberikan pemberitahuan perihal pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi milik mereka kepada para penggunanya.

Dalam perjanjiannya itu, tertulis bahwa akan ada perubahan kebijakan WhatsApp akan berbagi data penggunanya dengan Facebook. Data yang mereka maksud yaitu perihal soal pemrosesan data pengguna serta komunikasi dengan akun bisnis.

Namun, sebelum Anda nanti memberikan keputusan ingin mengiyakan kebijakan ataupun menolak. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda tahu terlebih dahulu.

Tanggal Berlakunya Kebijakan WhatsApp

Tanggal Berlakunya Kebijakan WhatsApp
Tanggal Berlakunya Kebijakan WhatsApp

Sebenarnya program pembaruan kebijakan seperti ini akan selalu ada setiap kali penyedia aplikasi ingin meningkatkan performa mereka. Untuk itu pengguna juga harus menerima pembaruan tersebut agar dapat menggunakan aplikasi yang telah terupdate itu.

Hal ini juga terjadi pada WhatsApp. Aplikasi yang merupakan aplikasi pesan singkat tak berbayar ini akan secara efektif mulai memberikan kebijakan baru perihal privasi yang akan mulai berlaku per 8 Februari 2021 mendatang.

Untuk Anda yang belum mendapatkan opsi tersebut, perlu Anda ketahui bahwa sebelum nanti memasuki masa berlakunya. Anda akan lebih dulu mendapat 3 opsi untuk Anda pilih nantinya. Opsi itu berisi menyetujui kebijakan baru itu, menunda persetujuan yang berarti Anda masih ingin memikirkannya terlebih dahulu dan untuk opsi berikutnya adalah tidak setuju dengan keputusan tersebut.

Memaksa Pengguna WhatsApp Untuk Memilih

Memaksa Pengguna WhatsApp Untuk Memilih
Memaksa Pengguna WhatsApp Untuk Memilih

Pada ketentuan itu, Anda bisa leluasa untuk mengambil keputusan. Opsi mana yang akan Anda pilih. Jika anda memiliki menyetujui kebijakan maka, ketika tanggal 8 februari itu datang. Anda masih akan dapat menikmati fitur WhatsApp. Namun jika Anda memilih tidak menyetujuinya maka Anda nantinya tidak akan bisa menikmati fitur yang ada pada WhatsApp.

Teruntuk Anda yang memilih untuk menunda persetujuan, maka pihak WhatsApp akan terus mengingatkan pengguna dikemudian hari sampai nanti 8 Februari 2021. Padahal kebijakan yang lalu, pihaknya masih memberikan opsi bebas kepada para penggunanya untuk memilih meneruskan data mereka kepada Facebook atau menolaknya.

Namun fungsi dari kebijakan itu muncul antara lain adalah demi meningkatkan keterkaitan pengguna WhatsApp dengan produk-produk lain dari Facebook.

Jenis Data yang Akan Diteruskan

Jika nanti Anda mendapatkan pemberitahuan tersebut, di bagian FAQ Anda dapat melihat bahwa WhatsApp menjelaskan jika kebijakan ini hanya untuk meneruskan informasi perihal pengguna yang sifatnya pribadi. Informasi itu berupa lokasi dimana Anda menggunakan aplikasi itu, Alamat IP pada perangkat, dan daftar kontak Anda.

Selain itu, untuk data yang terkait tentang perangkat pengguna yang mereka teruskan itu seperti tingkat baterai, kekuatan sinyal Anda, versi aplikasi yang digunakan, informasi browser milik Anda, jaringan seluler, nomor telepon dan Operator ponsel Anda.

Pada kebijakan baru ini, pihak WhatsApp mengatakan bahwa mereka akan tetap bisa melacak lokasi penggunanya meskipun nanti Anda mematikan fitur lokasi atau GPS pada perangkat ponsel Anda. Hal ini dikarenakan, pihak WhatsApp telah mengumpulkan semua alamat IP dan informasi lain seperti kode area serta nomor ponsel Anda untuk memberi gambaran perihal lokasi secara umum. Dan mereka juga bisa mengetahui tentang dikota mana dan negara mana saja pengguna itu berada.

Membuat Pengguna Makin Terikat Dengan Facebook

Membuat Pengguna Makin Terikat Dengan Facebook
Membuat Pengguna Makin Terikat Dengan Facebook

Sesuai dengan apa yang tertulis pada kebijakan baru milik WhatsApp. Mereka mengatakan bahwa apabila pengguna menggunakan layanan pihak ketiga. Dalam hal ini yaitu produk dari perusahaan Facebook yang telah terintegrasi maka layanan itu akan menerima informasi yang sama seperti apa yang dibagikan oleh si pengguna.

Layanan atau fitur yang mereka maksud adalah Instagram, Onavo, Facebook dan lain lain. Jadi sebagai contohnya, ketika nanti Anda menggunakan Google Drive untuk mencadangkan chat yang ada di WhatsApp maka layanan cloud itu sebenarnya juga mendapatkan informasi milik Anda.

Berbagai data milik pengguna yang nantinya diteruskan kepada Facebook akan mereka gunakan untuk keperluan seperti iklan dan penyesuaian layanan untuk seluruh fitur atau produk milik Facebook.

Kebijakan privasi yang kali ini lebih mengarah apabila seseorang ingin menghapus aplikasi WhatsApp dari ponselnya tanpa menggunakan fitur “hapus akun” yang ada di aplikasi, maka informasi Anda akan tetap tersimpan pada server WhatsApp. Mereka juga menambahkan, jika nanti seseorang menghapus akun miliknya, maka salinan pesan dari temannya tidak akan ikut terhapus.

Baca Juga : WhatsApp Akan Hadirkan Beragam Fitur Baru Di Tahun 2021, Ada Fitur Panggilan Di versi Web

Kebijakan ini belum menyeluruh sepertinya, ada beberapa orang yang belum menerima kebijakan ini pada Aplikasinya. Tapi ada beberapa yang mengeluh karena ini seperti sebuah pemaksaan sepihak. Tapi meskipun begitu para pengguna tetap harus mematuhi peraturan yang Ada.

Namun bagaimana jika tidak sengaja mengabaikan pesan ketentuan dari whatsapp tersebut? Anda jangan khawatir karena Anda masih bisa membuat persetujuan untuk nanti keterangan kebijakan itu kembali lagi pada layar anda.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, kemudian pilih bagian atas kanan yang ada tiga titiknya. Lalu pilih setelan WhatsApp. Setelah itu Anda bisa masuk ke opsi pertama klik pada Akun. Lalu pilih opsi minta info akun. Anda bisa langsung memilih bagian permintaan. Selain itu juga akan ada pemberitahuan kapan opsi kebijakan itu akan kembali kepada ponsel Anda. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top