Tech & Auto

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Di zaman serba canggih ini masih banyak orang yang tidak bisa membedakan berbagai perangkat teknologi yang secara fungsi memang mirip sama. Laptop, notebook, dan netbook merupakan bentuk perangkat personal computer versi mini dan mudah dibawa. Sekilas, bentuk dan fungsinya sama saja meski dari segi ukuran sangat terlihat ada beberapa yang berbeda. Dari segi komponen, fungsi, dan faktor lain pun ada pula yang membedakan di antara ketiganya. Kali ini kami akan menyajikan ulasan singkat mengenai perbedaan laptop, notebook, dan netbook yang kerap kali dianggap sama oleh masyarakat.

Netbook

Perangkat satu ini termasuk dalam kategori perangkat kecil, ringan, dan juga murah. Pertama kali perangkat ini dikenalkan tahun 2007 dengan menggunakan sistem operasi Windows XP atau Linux dikarenakan spesifikasi dalam netbook biasanya tidak terlalu tinggi dan hanya dibekali prosesor kelas mengengah ke bawah, RAM yang tidak lebih dari 2 GB, dan juga grafis yang minim. Ukuran layarnya hanya sekitar 7 hingga 13 inchi dan bobornya sekitar 1 kg atau kurang. Perangkat yang disematkan pada netbook antara lain Bluetooth, WiFi, LAN, USB dan Card Reader. Fungsinya adalah memenuhi kebutuhan dalam mengakses internet, browsing, dan menulis email.

laptop netbook notebookNotebook dan Laptop

Notebook merupakan perkembangan dari laptop dan dilihat dari segi spesifikasi pun notebook memang lebih tinggi dari laptop. Ukuran layar notebook berkisar antara 13.1 hingga 18 inchi sedangkan laptop biasanya memiliki ukuran layar 18 inchi ke atas. Beratnya sekitar 1 hingga 8 kg tergantung pada ukuran, bahan, desain, dan spesifikasi yang disematkan. Untuk spesifikasi, notebook biasanya menggunakan spesifikasi kelas menengah ke atas tergantung mereknya. Prosesor yang disematkan biasanya sudah menggunankan Dual Core hingga Core i7 untuk yang berbasis Intel dan AMD Dual Core. Kartu grafis yang digunakan biasanya hanya menggunakan Intel HD, NVIDIA GT 830, juga AMD Radeon. Sedangkan pada laptop hanya disematkan kartu grafis NVIDIA GTX atau Radeon HD 8970/8790.

Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan laptop, notebook, dan netbook yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga dengan memperhatikan perbedaan yang dimiliki setiap tipe bisa membantu Anda menentukan dan memilih perangkat mana yang memang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga perangkat ini bisa membantu Anda dalam bekerja dengan performa kerja yang optimal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top