Perbedaan Sistem Mobil Otomatis dan Semi-Otomatis

sistem transmisi mobil otomatis

Mobil memiliki berbagai sistem dengan teknologi canggih sehingga bisa memberikan performa terbaik untuk Anda.

Namun masih banyak pengguna kendaraan roda empat ini yang belum mengetahui informasi penting dari sistem yang  digunakan pada mobil.

Contohnya adalah pada sistem transmisi mobil yang secara umum dibedakan menjadi dua yakni transmisi otomatis konvensional dan transmisi manual.

Untuk transmisi jenis otomatis konvensional sendiri terbagi atas beberapa sistem karena kerumitan serta teknologi yang berbeda yang diterapkan di dalamnya.

Salah satu yang populer dari sistem transmisi jenis ini adalah transmisi semi otomatis dan otomatis.

Meski jarang diketahui, ternyata kedua transmisi ini memiliki perbedaan yang mendasar.

Transmisi semi otomatis menggunakan pedal kopling, meski posisi gigi masih dipindahkan secara manual, namun Anda tidak perlu menginjak pedal kopling. Sedangkan untuk transmisi otomatis, masih termasuk dalam sistem transmisi otomatis konvensional.

Sistem Transmisi Mobil Otomatis

Bedanya, sistem ini menggunakan 3 bagian penting berupa Torque Converter, planetary gear unit dan hydraulic control unit.

Selain itu, pada sistem transmisi otomatis, semua cairan yang masuk dalam cairan/fluida (oli) dikenal dengan ATF (Automatic Transmission Fluid).

Mobil Toyota yang menggunakan transmisi otomatis fluida ini dapat dibedakan dengan melihat dari tuas transmisi yang ada di dalamnya.
Jika menggunakan tombol OD yang merupakan sebuah tombol pengunci untuk memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi “P” atau parkir, maka bisa dipastikan mobil menggunakan transmisi otomatis fluida ini.

Nah, itulah perbedaan mendasar antara transmisi otomatis dan semi-otomatis. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies.