Tech & Auto

Pilih Siri, Cortana, atau Google Now?

Portal Berita

Semakin pesatnya teknologi saat ini sudah melampaui batas pikiran dan perkiraan manusia, hingga tanpa kita sadari tugas-tugas dan pekerjaan kita sebenarnya bisa dikerjakan dengan lebih baik oleh hasil inovasi di bidang teknologi ini. Bila Anda adalah pecinta teknologi, tentunya Anda mengenal 3 aplikasi ini yang merupakan asisten pribadi di setiap smartphone Anda dan bisa diajak berbicara meskipun tidak seluwes manusia.

Ketiga aplikasi ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai waktu, informasi pengingat atau reminder yang kita buat, mengetik dan mengirim pesan, menanyakan posisi kita, hingga berbagai tugas dan pekerjaan lainnya. Tentu hal ini akan sangat memudahkan kita sebagai pengguna smartphone. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mau tau lebih baik pilih Siri, Cortana, atau Google Now? Yuk kita simak ulasan singkatnya!

Siri merupakan asisten pribadi di smartphone yang umumnya digunakan oleh para pengguna ponsel cerdas besutan Apple, iPhone. Kelebihannya, Siri bisa diajak bernyanyi, mematikan dan menghidupkan fitur bluetooth, serta memiliki intonasi ketika berbicara. Inilah salah satu kelebihan Siri dibandingkan dengan Cortana dan Google Now. Dan hal inilah yang menjadikan para pengguna iPhone lebih merasa sedang berbicara secara sungguhan kepada asisten pribadi mereka daripada berbicara kepada robot. Dengan kemampuannya, Siri bisa ‘menunjukkan perasaan’ misalnya ketika dia sedang berpikir dia akan berkata “Let me think… Ok I found this!” untuk menunjukkan dia menemukan sesuatu. Siri bahkan bisa mengatakan isi hatinya ketika ia sudah lelah dan meminta pengguna untuk mencoba beberapa saat lagi.

Bukan berarti Google Now tidak memiliki kelebihan. Kelebihan yang dimiliki Google Now adalah mampu menampilkan data lebih banyak dibandingkan aplikasi pesaing. Kita bisa ‘memanggil’ Google Now namun Siri harus menggunakan bantuan sentuhan tangan. Google Now bahkan dirancang untuk mematuhi satu jenis suara yaitu suara sang pemilik. Tentunya perintah tersebut hanya disematkan pada smartphone jenis terbaru seperti Nexus 5. Aplikasi ketiga adalah Cortana yang merupakan asisten pribadi dari beta. Meski terbilang muda, namun Cortana lebih unggul untuk memberikan informasi mengenai letak atau posisi kita secara lebih spesifik. Lucunya, aplikasi ini bahkan tahu siapa ayahnya, seolah dia memang hidup dan memiliki jiwa. Wah, keren sekali!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top