Tech & Auto

Pratinjau Android 6.0: Marshmallow

Portal Berita

Android 6.0 Marshmallow kini resmi diperkenalkan sebelum di rilis secara resmi bulan september atau oktober. Operating SistemAndroid ini msecara resmi dikenalkan setelah  sebelumnya Google memperkenalkan dengan inisal Android M, pada tahun lalu.

Android 6.0 akan mengawali debutnya di 4 gadget. Yang pertama Nexus 5 keluaran LG, lalu Nexus 6 keluaran Huawei, Nexus 9 dan Nexus Player.

Lantas bagaimana jika dibandingkan dengan pendahulunya, Lollipop?

Dari segi desain materi, Marshmallow memiliki desain hampir sama dengan Lollipop. Dari pengaturan Recent Apps hingga Visual Pemberitahuan, kedua OS ini memiliki kesamaan. Dari segi ikonik dan warna, Android 5 dan 6 juga terlihat sama. Ini juga menjadi bukti Google konsisten dengan desain yang minimalis. Jadi, bagi kalian yang memutuskan hijrah dari Android Lollipop keMarshmellow, jangan khawatir, kalian akan merasa akrab dengan tapilan grafisnya.

Salah satu yang diperbaiki dari Lollipop adalah kontrol volume. Di Lollipop, kita hanya bisa mengatur volume keseluruhan. Namun di Android Marshmallow, kita bisa mengatur volume secara independen. Anda dapat mengaktifkan mode silent namun alarm anda masih binya berbunyi dengan keras. Bahkan, di Marshmallow anda bisa mengatur volume ini tanpa masuk ke menu menu khusus melainkan bisa langsung mengatur langsung di tombol volume. Tombol pengaturan cepat (mode diam seluruhnya, getar, atau umum) juga masih tersedia.

Fasilitas yang di-upgrade di Marshmallow juga adalah fitur keamanan. Rumornya, di perangkat Nexus terbaru, akan ada unci sidik jari yang dipasang. Selain itu, peeking tatau pengintipan aplikasi juga lebih dipermudah. Anda bisa memblokir semua pemberitahuan atau membukanya, juga bisa mengatur password agar notifikasi perangkat anda aman. Salah satu yang ditonjolkan dalam OS terbaru ini adalah manajemen privasi penggunanya.

Selain itu, dalam OS Android 6.0 ini anda bisa melihat penggunaan baterai untuk tiap aplikasi. Anda juga akan lebih mudah melakukan pengecekan informasi penggunaan data atau informasi lainnya. Selain itu, anda juga dimudahkan dengan pengaturan lanjutan untuk penggunaan semua aplikasi. Laman Pocket Lint mencontohkan anda bisa mengatur sistem aplikasi yang menggunakan informasi kontak dan lokasi anda, jadi anda bisa mengatur apakah semua aplikasi bisa / tidak bisa menggunakan informasi tersebut. Semua terserah anda

Dalam OS terbarunya, Android memudahkan penggunanya untuk memilih aplikasi default. Jadi, apabila kalian memiliki banyak aplikasi browser (Opera dan Chrome) / maps (Google Maps dan Citymaper)/musik dan lainnya. Anda dapat dengan mudah menjadikan salah satu  sebagai aplikasi default dan anda juga dengan mudah mengubahnya.

Sebagai ujung tombak perubahan di Marshmallow, Doze merupakan aplikasi yang luar biasa. Doze adalah mode siaga yang akan tahan lama saat tidak digunakan. Penggunaan baterai akan dihamin lebih irit disini.

Dalam uji cobanya, Nexus 6 telah menjadi contoh nyata. Dalam uji coba terakhir di Google I / O, daya Nexus 6 bertahan sangat lama. Namun, Android 6.0 : Marsmellow layak ditunggu dengan berbagai kelebihan yang diberikan google. Terlihat dari saham android yang langsung menguat saat rilisnya pekan lalu.

(Sumber: Pocket Lint)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top