Tech & Auto

Prospek Kerja Dan Gaji Menjanjikan, Inilah Skill IT Paling Banyak Diperebutkan Saat Ini

Prospek Kerja Dan Gaji Menjanjikan, Inilah Skill IT Paling Banyak Diperebutkan Saat Ini

Saat ini, seluruh dunia sedang memasuki era revolusi industri 4.0 yang mana banyak melibatkan internet dan perangkat teknologi termasuk Indonesia. Banyak bermunculan perusahaan digital atau startup yang membuka peluang pekerjaan di bidang teknologi. Apalagi perusahaan startup yang sudah besar tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli bidang teknologi atau IT. Di samping itu, perusahaan konvensional pun sepertinya tidak mau kalah. Saat ini, mereka juga berlomba-lomba mencari sumber daya manusia yang menguasai teknologi agar dapat memajukan atau mengoptimalkan operasional perusahaan.

Prospek kerja dan gaji lulusan IT dianggap sangat menjanjikan

Dengan banyaknya peluang pekerjaan di bidang teknologi, seseorang dengan skill bidang teknologi (IT) pun sangat dibutuhkan. Banyak orang yang berpendapat bahwa seseorang yang memiliki skill IT akan mendapatkan prospek kerja yang sangat menjanjikan dengan pendapatan gaji yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan posisi IT memang sangatlah dibutuhkan di perusahaan terutama startup.

Baca Juga : Menarik! 4 Soft Skill Penting dalam Industri Kreatif

Pada tahun 2019 pun, Hendri Tio selaku pendiri dari Bhinneka.com mengaku bahwa gaji pekerja startup bidang teknologi sangat tinggi. Jika ada pekerja yang merupakan lulusan luar negeri, gaji yang diminta bisa mencapai kisaran Rp. 80 juta hingga Rp. 90 juta, bahkan bisa saja lebih. Lalu, skill IT apa saja yang saat ini banyak diperebutkan di dunia teknologi? Berikut ini ulasannya.

Skill IT yang paling banyak diperebutkan saat ini di dunia teknologi

Burning Glass Technologies selaku penyedia layanan analisis pasar kerja telah mempublikasikan hasil studinya terkait skill atau keterampilan yang paling banyak dicari di dunia Information Technology (IT) saat ini yang ditulis dalam laporan berjudul Skills of Mass Disruption: Pinpointing the 10 most Disruptive Skills in Tech dikutip dari TeknoKompas.com,

Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa sebagian besar jenis pekerjaan yang terdapat di daftar tersebut bisa dikatakan jenis pekerjaan yang baru muncul lima tahun terakhir. Ada sekitar sepuluh skill yang masuk ke dalam kategori keterampilan yang paling banyak diperebutkan saat ini yang diprediksi memiliki prospek kerja bagus hingga lima tahun mendatang.

Pekerjaan yang dimaksud berhubungan dengan skill yang berhubungan dengan DevOps dan kecerdasar buatan atau artificial intelligence (AI). Selain banyak diperebutkan, skill yang masuk ke dalam daftar ini juga memiliki prospek gaji yang besar.

Sebagai contoh di Amerika Serikat, perusahaan bisa memberikan penawaran gaji tambahan hampir US$ 25.000 per tahun atau sekitar Rp. 352 juta untuk para tenaga profesional yang mampu merancang operasional dengan teknologi.  Berikut ini skill IT yang paling banyak diperebutkan versi Burning Glass:

1. Connected technologies

Connected technologies termasuk suatu skill atau keterampilan yang berhubungan dengan Internet of Things (IoT) dan alat fisik yang terhubung. Selain itu juga berhubungan dengan infrastruktur telekomunikasi yang diperlukan untuk mengaktifkannya seperti halnya jaringan 5G

2. Quantum computing

Quantum computing merupakan sebuah keterampilan yang berhubungan dengan membangun dan memanfaatkan komputer kuantum beserta aplikasinya.

3. AI dan Machine Learning

AI dan Machine Learning adalah keterampilan yang berkaitan dengan suatu pengembangan dan pemanfaatan program, alat dan solusi yang mana didukung oleh algoritma dan teknologi lainnya. Dukungan tersebut secara otomatis akan merespons dan meningkat berdasarkan pengalaman atau catatan data sebelumnya.

4. Fintech

Fintech merupakan suatu skill yang berkaitan dengan teknologi bernama blockchain dan lainnya dimana bertujuan untuk membuat suatu transaksi keuangan agar lebih efisien dan tentunya aman.

5. IT automation

IT automation, skill yang berhubungan dengan suatu kegiatan dalam mengotomotisasi dan mengatur bagaimana proses dan alur kerja secara digital

6. Natural Language Processing

Natural Language Processing merupakan suatu keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan solusi dan teknologi yang mana dibangun dengan suatu pemrosesan bahasa alami yang telah diaktifkan oleh mesin

7. Proactive security

Proactive security termasuk salah satu keterampilan yang berhubungan dengan pengamanan dan perlindungan infrastruktur digital secara proaktif dari cybercriminal untuk mencegah adanya serangan dari dunia maya

8. Software development methodologiest

Software development methodologiest merupakan sebuah keterampilan yang berhubungan dengan penggunaan beberapa metode teknologi seperti Agile, DevOps maupun metode pendekatan lainnya yang mana digunakan untuk membantu dalam mengembangkan perangkat lunak secara cepat, efektif dan aman

9. Cloud

Cloud merupakan suatu keterampilan yang berhubungan dengan proses pengembangan, penerapan, pengamanan infrastruktur dan strategi komputasi awan.

10. Parallel computing

Parallel Computing termasuk keterampilan yang berhubungan dengan pelaksanaan proses komputasi dilakukan secara bersamaan.

Nah itulah informasi mengenai deretan skill IT yang paling banyak diperebutkan saat ini dimana skill tersebut dianggap sebagai skill yang memiliki prospek kerja dan gaji menjanjikan di manapun berada termasuk di Indonesia.

Baca Juga : 10 Skill Hebat yang Tidak Membutuhkan Bakat, Kamu Punya yang Mana

Daftar skill di atas berdasarkan hasil pengamatan terhadap lebih dari 1,7 juta lowongan pekerjaan yang membutuhkan pekerja bidang teknologi di Amerika Serikat. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top