Tech & Auto

PS5 Buka Pre-Order Di Indonesia, Catat Tanggalnya

PS5 Buka Pre-Order

This post is also available in: English

PS5 Pre-Order, konsol next-gen milik Sony sudah dipastikan tanggal peluncuran beserta harganya. Di Indonesia sendiri, PS5 secara resmi akan tersedia pada 22 Januari 2021 mendatang. PS5 versi Indonesia akan hadir dalam dua varian yaitu Standar Edition dan Digital Edition. Apa saja spesifikasi PS5?

Bagi kalian yang sudah lama menunggu kehadiran PS5 ini, kalian tidak perlu khawatir lagi karena dalam bulan ini, konsumen Indonesia sudah bisa pre-order PS5 di sejumlah retail yang bekerja sama dengan Sony. Kira-kira kapan tanggal pre-order PS5 di buka? Untuk itu, simak baik-baik ya.

Tanggal Pre-order PS5 di Indonesia

Meskipun baru tersedia pada tahun 2021 mendatang, namun Sony telah membuka sesi pre-order awal PS5 di Indonesia pada 18 Desember 2020. PS5 ini sudah bisa pre-order melalui retailer resmi  yang bekerja sama dengan Sony di sejumlah kota besar di Indonesia. retailer-retailer resmi tersebut tersebar di kota Medan, Tangerang, Jakarta, Bandung, hingga Bali.

Mekanisme pre-order PS5 di Indonesia ini nantinya akan menggunakan sistem undian. Konsumen yang ingin pre-order diharuskan mengambil nomor undian terlebih dahulu. Saat ini, beberapa retailer di Indonesia yang bekerja sama dengan Sony sudah mulai membuka pendaftaran nomor undian. Retailer tersebut adalah PS Enterprise (Pse) dan Multi Game yang menggandeng Shopee.

Sistem undian ini di mulai pada Rabu, (16/12/2020) hingga Jum’at (18/12/2020). Apabila terdapat konsumen yang berniat untuk mengikuti sesi undian, mereka akan diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan membeli tiket seharga Rp.1 melalui akun Shopee. Perlu diketahui bahwa setiap konsumen dapat membeli dua tiket undian untuk masing-masing varian PS5.

PS5 Pre-Order

Mengenai pengumuman tentang pendaftar yang terpilih akan dilaksanakan pada hari Sabtu, (19/12/2020) pukul 12.00 WIB melalui notifikasi di Shopee. Untuk proses pembeliannya dapat dilakukan di hari yang sama pada pukul 13.00 WIB.

Selain dua retail yang telah disebutkan, GS Shop juga membuka pre-order untuk pembelian PS5 melalui sistem undian. Ritel tersebut membukan pendaftara nomor undian melalui situs resminya. Konsumen yang berminat akan diminta mengisi formulir mulai dari nama lengkap, nomor handphone, alamat email dan aksesoris yang nantinya diinginkan. Di GS Shop, proses penarikan undian akan dilakukan pada Jum’at, (18/12/2020). Bagi mereka yang beruntung, maka bisa langsung melakukan proses pemesanan PS5.

Spesifikasi

Spesifikasi PS5 ini akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (Octa-core) yang memiliki kecepatan 3,5 GHz. Prosesor yang digunakan oleh PS5 ini diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan yang digunakan oleh PS4 yang dibekali dengan 8 prosesor AMD Jaguar yang menghasilkan kecepatan 1,6 GHz.

Mengenai penyimpanannya sendiri, PS5 memiliki kapasitas RAM yang dua kali lebih besar dibandingkan dengan PS4 yaitu RAM sebesar 16 GB. Memori penyimpanan internal yang digunakan pun menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Hard Disk Drive (HDD) yang digunakan PS4. PS5 memiliki SSD yang berkapasitas sekitar 825 GB dimana memori ini pun masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Dengan media penyimpanan yang digunakan, waktu proses loading game diklaim akan lebih singkat.

Kemampuan grafis yang dimiliki PS5 mendapatkan peningkatan dengan prosesor berbasis RDNA 2 milik AMD. Peningkatan grafis ini menghasilkan 36 CU dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops. Angak tersebut bisa dikatakan meningkat dari GPU milik PS4 yang hanya menghasilkan 18 CU dan daya komputasi sebesar 1,8 Teraflops. Tak hanya itu, PS5 juga didukung dengan resolusi gambar yang lebih tinggi mulai dari 4K dengan refresh rate 120 Hz hingga 8K. Selain itu, PS5 juga disertai dengan audio 3D.

spesifikasi PS5
Spesifikasi PS5

Harga PS5

Di Indonesia, PS5 hadir dalam dua varian yaitu Standar Edition dan Digital Edition. Mengenai harganya pun, kedua varian ini dibanderol dengan harga yang berbeda. Untuk PS5 Standar Edition dibanderol dengan harga sekitar Rp. 8.799.000 dimana varian ini dilengkapi dengan slot cakram (disc) Ultra HD Blu-ray. Sedangkan untuk varian PS5 Digital Edition dibanderol sekitar Rp. 7.299.000 dimana varian ini tidak terdapat slot cakram Blu-ray.

Setelah melakukan pre-order, konsumen harus menunggu hingga tahun depan karena PS5 baru akan tersedia di Indonesia pada tanggal 22 Januari 2021. Perlu diperhatikan bahwa pre-order ini bersifat undian dan unit PS5 pun hanya tersedia dalam stok yang terbatas. Hal ini bisa diartikan bahwa tidak semua konsumen yang berpartisipasi dapat membeli PS5. Hanya konsumen yang berhasil memenangkan undian itulah yang berkesempatan bisa membeli PS5.

Baca Juga : Sony Putuskan Ganti Nama Perusahaan

Nah itulah informasi mengenai konsol baru dari Sony yaitu PS5 yang akan segera dibuka sistem pre-order di Indonesia. Konsumen bisa mendapatkan PS5 ini apabila memenangkan undian yang dilakukan oleh beberapa retail resmi di Indonesia. yang telah bekerja sama dengan Sony. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

To Top