Tech & Auto

Ramai ‘Google Terus Berhenti’ Di Android Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Error 'Google Terus Berhenti'

Pengguna smart phone Android mengeluhkan pesan pop-up ‘Google terus berhenti’ atau ‘Google keeps stopping’ yang terus muncul di handphone mereka. Keluhan tersebut dilaporkan oleh seluruh pengguna Android di seluruh dunia melalui platform media sosial, Selasa (22/6/2021).

Mengutip dari Independent, Rabu (23/6/2021), pop-up tersebut diduga ada kaitannya dengan aplikasi bawaan Google.

Dugaan Penyebab Error Google

Sebelumnya masalah error pop-up juga menimpa pengguna Android pada Maret 2021, saat itu ponsel tiba-tiba berhenti bekerja sendiri. Selain itu, ada juga error yang terjadi pada Android System WebView tool, yang dipakai ponsel untuk merender halaman web.

Terkait ‘Google terus berhenti’ hari ini, sejumlah pihak menduga hal tersebut diakibatkan adanya bug pada pembaruan aplikasi milik Google. Dugaan itu salah satunya diungkapkan oleh Alvin Tse, General Manager Xiaomi Indonesia, melalui akun Twitter miliknya, Selasa (22/6/2021).

“Sepertinya terdapat bug Google yang baru saja terjadi hari ini. Tim tengah menyelidikinya. Sementara apabila anda melihat pembaruan untuk aplikasi Google di playstore, harap tunda pembaruan,” tulis Alvin.

Lihat Juga: Google Luncurkan Fitur Tree Canopy Lab Untuk Bantu Selamatkan Dunia

Solusi ‘Google Terus Berhenti’ Dari Google

Google masih belum memberikan keterangan resmi soal penyebab munculnya pop-up tersebut. Namun, melalui akun media sosial resminya, mereka dengan aktif membagikan solusi kepada pengguna yang mengalami masalah error tersebut. Untuk mengatasinya, Google memberikan saran agar para pengguna Android melakukan soft reboot. Caranya dengan menahan tombol power selama 30 detik pada ponsel mereka.

Solusi Lain

Walaupun solusi dari Google berhasil untuk sejumlah pengguna, namun menurut Independent, masih ada pengguna Android lain yang mengeluhkan pop-up tersebut terun muncul, walaupun sudah mencoba solusi dari Google.

Sementara itu, pengguna lain menyebutkan bahwa masalah ‘Google terus berhenti’ bisa diatasi dengan bergabung dengan Google app beta, sehingga dapat mengunduh versi terbaru. Sementara itu Alvin Tze menyebutkan, salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghapus pembaruan aplikasi Google.

Perbaikan secara menyeluruh mungkin harus menunggu Google menyalurkan pembaruan lain untuk menutupi bug. Seperti kasus error Android System WeView yang terjadi sebelumnya.

To Top