Tech & Auto

Remote TV Tenaga Surya Samsung Rilis Tahun Ini

Remote TV Tenaga Surya Milik Samsung

Ketika sedang asyik menonton aneka tayangan kesukaan di televisi, remote TV merupakan benda wajib yang harus selalu ada di sekitar Anda kan? Meskipun terkadang benda ini mempunyai sifat yang kadang kadang hilang saat ingin Anda pakai. Tapi berguna saat ingin menghidupkan TV atau sekedar ketika Anda ingin mengganti siaran.

Namun tahukah Anda bahwa seringkali ketika kita sedang asyik-asyiknya menonton televisi dan ingin memindah siarannya, remote mendadak tidak bisa Anda gunakan karena kehabisan baterai? Akhirnya terpaksa harus menggunakan cara manual untuk menggantinya. Hal inilah yang akhirnya mendorong pihak Samsung menciptakan teknologi terbaru. Sebelumnya Samsung telah menciptakan lebih dulu TV

Samsung Punya Gagasan Berupa Remote TV Tenaga Surya

Samsung Punya Gagasan Berupa Remote TV Tenaga Surya
Samsung Punya Gagasan Berupa Remote TV Tenaga Surya

Untuk Anda yang menggunakan elektronik, maka Samsung bukan lagi brand baru yang akan Anda temui di pasaran. Samsung sendiri merupakan sebuah perusahaan multinasional yang mempunyai pusat di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini memiliki banyak anak usaha yang mayoritas mempunyai bisnis dengan merk Samsung.

Menurut sejarahnya Samsung didirikan oleh seseorang bernama Lee Byung Chul pada tahun 1938 di Korea. Perusahaan Ini dulunya didirikan dengan maksud menjadi perusahaan perdagangan. Namun seiring berjalanya waktu perusahaan ini akhirnya berekspansi ke beberapa sektor seperti pemroses makanan, tekstil, asuransi, sekuritas hingga intel. Hingga kemudian di tahun 1960an Samsung akhirnya memutuskan untuk ikut terjun pada industri elektronik

Remote TV yang Ramah Lingkungan

Remote TV yang Ramah Lingkungan
Remote TV yang Ramah Lingkungan

Pada tahun 2004 Samsung Electronics menciptakan penemuan baru. Samsung ingin menyusun sebuah produk yang sifatnya ramah terhadap lingkungan. Mereka menginginkan suatu awal perencanaan suatu produk yang nanti pembuangannya tetap ramah terhadap lingkungan.

Para peneliti di dalamnya terus menganalisis serta peneliti potensi dampak produk terhadap lingkungan. Bahkan, Samsung juga memberikan upaya yang terbaik bagi para konsumennya. Tujuannya agar mendapatkan produk yang tak hanya akan membuat sadar lingkungan namun juga secara fungsionalnya.

Mulai dari melestarikan sumber daya sampai membuat produk baru serta inovatif yang berguna untuk memastikan agar produk dapat dengan mudah untuk didaur ulang pada akhir masa pakainya nanti.

Samsung Menerapkan Sistem Sertifikasi Untuk Eco Partner

Samsung Electronic mengakui mereka telah melakukan evaluasi pada Eco Partner di semua pemasok produk serta suku cadang untuk mereka periksa secara seksama tidak hanya sampai produk saja tapi hingga suku cadang. Tak sampai disitu mereka juga memberikan sertifikasi yang memberikan bukti bahwa mereka juga memikirkan standar untuk Pengendalian Zat. Ini akan mereka gunakan dalam produk serta sistem manajemen kualitas lingkungan pemasok. Pemasok nantinya akan mengirimkan laporan tentang lingkungan produk yang nantinya berisi tentang bukti informasi zat berbahaya yang mereka miliki, beserta data dari perusahaan bahan baku.

Kemudian nantinya Samsung sendiri yang akan melakukan penilaian menyeluruh. Caranya dengan mengunjungi situs manufaktur pemasok untuk melakukan verifikasi dokumen yang mereka kirim.

Untuk mempertahankan sertifikat Eco Partner, pemasok harus ikut dalam proses audit yang diciptakan oleh Samsung sendiri dan jikalau mereka gagal dalam audit tersebut. Maka mereka akan dikecualikan dari rantai pasokan. Dengan cara seperti ini, Samsung berusaha untuk menggabungkan beberapa pemasok mereka ke dalam sistem prakarsa Manajemen Hijau milik mereka. Untuk itu sistem milik Samsung lumayan ketat.

Eco Remote Control

Setelah Samsung berhasil dengan elektroniknya berbentuk TV beberapa waktu yang lalu. Kini dengan sangat antusiasnya, Samsung membawa sebuah terobosan terbaru. Terobosan ini merupakan ciptaan mereka yaitu remote TV yang bertenaga surya.

Perangkat terbaru yang mereka miliki ini memiliki nama Eco Remote Control. Perangkat ini memiliki bentuk serta fungsi yang sebetulnya sama saja dengan remote TV milik Samsung pada umumnya. Remote ini juga memiliki berbagai tombol kontrol serta shortcut.

Namun apakah Remote biasa milik Samsung sama saja dengan Remote Eco ini? Tentu saja terdapat perbedaan keduanya. Perbedaan ini terlihat dari bagian belakang remot eco tersebut. Remote pada umumnya pada bagian belakang akan Anda gunakan untuk memasang baterai maka untuk remote satu ini. Namun, Anda akan menemukan tempat isi ulang yang nantinya harus menggunakan panel surya. Panel ini benar-benar ada pada bagian belakang remote.

Samsung juga mengklaim bahwa dengan menggunakan teknologi tersebut, orang-orang akan dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang mereka hasilkan setiap tahunnya.

Spesifikasi Remote TV Samsung

Spesifikasi Remote TV Samsung
Spesifikasi Remote TV Samsung

Perangkat ini memiliki berat hanya sekitar tiga puluh satu gram dan diketahui terbuat dari plastik. Yang mana dua puluh delapan persen dari materialnya diketahui merupakan plastik jenis polyethylene terephthalate yang telah didaur ulang.

Meskipun produk ini mengandalkan panel surya, akan tetapi Eco Remote Control oleh Samsung ini telah mereka berkali sebuah port USB type C. Ini nantinya bisa menjadi sarana alternatif untuk pengisian daya apabila pengguna menginginkan mengisi baterai dengan lebih cepat.

Samsung menyebutnya sebagai remote ramah lingkungan. Produk ini mereka klaim dapat bertahan kurang lebih selama dua tahun pemakaian dalam satu kali pengisian daya. Sementara itu, untuk usia baterainya sendiri mereka mengaku bahwa baterainya dapat Anda gunakan selama kurang lebih tujuh tahun lamanya dengan mengikuti siklus rata rata penggunaan televisi.

Menurut berita yang berlaku, remote yang memiliki panel surya milik Samsung ini akan mulai ada pada tahun 2021. Akan tetapi untuk waktu pastinya, Samsung belum mau memberikan keterangan lebih lanjut.

Pada pembicaraan itu pihak Samsung mengatakan bahwa pengaturan remote ini merupakan upaya untuk mencegah pemborosan penggunaan baterai AA yang terhitung hingga 99 juta selama kurun waktu tujuh tahun. Selain remote yang bertenaga surya ini, Samsung akan mulai melanjutkan upayanya dengan menghadirkan sebuah kotak kemasan untuk produk dalam rangka untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga : Teknologi Ramah Lingkungan Tahun Lalu, Apa Kejutan Tahun Ini?

Bahkan samsung menawarkan sebuah solusi yang sifatnya dapat membantu untuk mendaur ulang hingga dua ratus ribu ton limbah kardus TV per tahunnya serta nantinya mereka akan mengubahnya menjadi dekorasi rumah.

To Top