Tech & Auto

Review Huawei P50 Dengan Fitur HarmonyOS

Review Huawei P50 Dengan Fitur HarmonyOS

This post is also available in: English

Beberapa waktu yang lalu melalui sebuah berita mengejutkan bahwa Huawei akan menggunakan fitur HarmonyOS yang sangat canggih dan kekinian. Berita ini beredar cukup luas dan sudah lama ada kebenarannya. Beberapa waktu yang lalu juga Huawei akan mengumumkan sebuah seri ponsel terbaru mereka yang akan menggunakan fitur itu untuk pertama kali di tahun ini yaitu Huawei P50.

Dalam salah satu website online milik negara China, Huawei mengatakan bahwa seri mereka terbaru yaitu Huawei P50 tidak akan menjadi yang pertama menggunakan fitur HarmonyOS

HarmonyOS Sebagai Fitur Andalan

Baru baru ini terdengar info perihal Huawei yang menciptakan sebuah sistem berbasis microkernel. Perangkat ini memiliki fungsi yang nyaris sama seperti OS berbasis Android namun dengan OS untuk perangkat loT.

Menurut info yang beredar, karena perang dagang yang mulai memanas antara Amerika dan Tiongkok. Akibatnya Tiongkok menciptakan sebuah perangkat lunak sendiri untuk mengungguli Android. Beberapa waktu yang lalu ada kabar yang mengatakan bahwa Tiongkok menciptakan sebuah perangkat lunak bernama HongMengOS, namun hal itu baru tampak setelah 2 tahun mereka mengembangkannya. Kabarnya berita itu baru dapat Anda ketahui awal tahun 2019.

Namun beberapa saat yang lalu secara tiba-tiba pihak mereka memberikan keterangan pada pertengahan Agustus 2020 bahwa mereka telah meluncurkan sebuah perangkat OS Custom untuk ponsel mereka yang bernama Harony OS. Kabar ini mereka umumkan secara resmi ketika wawancara di salah satu konferensi tahunan milik Huawei.

Perbedaan HarmonyOS Dari OS Lain

Review Huawei P50 Dengan Fitur HarmonyOS
Perbedaan HarmonyOS Dari OS Lain

Selain HarmonyOS adalah sebuah penemuan oleh negara Tiongkok sendiri. Perangkat ini memiliki perbedaan yang lumayan bisa Anda pertimbangkan saat menggunakan Android.

Pihak Huawei sendiri mengatakan, jika suatu hari nanti smartphone tidak dapat menggunakan perangkat lunak Android karena satu hal tertentu. Ini tidak akan terjadi untuk perangkat lunak mereka. Beberapa hal yang menjadi perbandingan antara keduanya adalah

Hal pertama. Perangkat lunak HarmonyOS tidak menggunakan kernel Linux. Cukup berbeda dengan Android. Untuk perangkat ini mereka tidak dikembangkan oleh kernel Linux. Kernel adalah suatu perangkat yang menjadi sebuah inti dari OS dan mempunyai akses ke perangkat keras. Justru Harmony OS dikembangakan dengan chip yang kecil atau microkernel, ukurannya lebih kecil daripada yang Android miliki.

Hal kedua. Perangkat lunak Harmony OS menggunakan konsep task scheduling dan data management yang berguna untuk meningkatkan performa.

Hal ketiga adalah HarmonyOS menggunakan sistem penjadwalan canggih. Mekanisme ini menggunakan sebuah analisis beban waktu nyata perkiraan untuk mengalokasikan sumber daya dan pencocokan karakteristik.

Dan poin terakhirnya adalah, untuk OS ini tidak menggunakan Akses Root yang sekarang ini Android gunakan. Hal ini mampu meningkatkan keamanan sistem dan perangkat secara umum.

Segera Rilis April 2021 Ini

Kamera Huawei P50
Segera Dirilis April 2021 Ini

HarmonyOS sendiri sebenarnya belum mengalami pembaruan. Ia masih berupa beta yang berarti masih bersifat percobaan. Salah satu petinggi Huawei mengatakan bahwa pihaknya sudah memastikan bahwa perangkat ini akan dipasang setidaknya 90% smartphone milik Huawei dan Honor.

Versi beda dari HarmonyOS ini dikabarkan akan mulai dapat dicoba pada publik dibulan April 2021. Huawei memang telah berencana untuk meluncurkan sistem operasi smartphone sendiri. Hal ini karena mereka ingin segera mengurangi ketergantungan terdapat sistem operasi yang dimiliki oleh negara Amerika Serikat.

Beberapa handphone yang dikabarkan akan menggunakan sistem perangkat lunak ini diantaranya adalah Huawei Mate 40, Huawei Mate X, Huawei P40 dan lain-lain. Kemudian untuk ponsel honor sendiri yaitu Honor V40, Honor 30 Pro, Honor V30, Honor X10 dan masih banyak lain. Selain dua seri itu, huawei juga menggunakan harmonyOS ini pada jam tangan pintar milik mereka dan juga Tablet.

Huawei P50

Salah satu seri smartphone milik huawei yang akan menggunakan sistem perangkat lunak HarmonyOS adalah Huawei P50. Saat ini di seluruh sosial media yang china punya, ponsel ini menjadi perbincangan panas lantaran akan rilis tahun ini dengan konsep yang berbeda dengan seri handphone mereka sebelumnya.

Di Salah satu sosial media milik China memberitahukan tentang bocoran spesifikasi dari seri handphone ini. Kabarnya untuk ponsel ini akan dilengkapi dengan layar yang sifatnya jauh lebih kecil daripada biasanya yaitu hanya sebesar 6,2 inci. Namun jangan salah, karena Huawei P50 kali ini memiliki 3 varian yang bisa menjadi pilihan Anda berikutnya. Yaitu P50, P50 Pro dan P50 Pro Plus

 Layar Kecil Milik Huawei P50

Review Huawei P50 Dengan Fitur HarmonyOS
 Layar Kecil Milik Huawei P50

Ditengah pertumbuhan seri ponsel yang sedang berkembang pesat oleh masing-masing perusahaan. Huawei kini justru datang dengan memberikan opsi layar handphone yang layarnya akan lebih kecil dari pada seri berikutnya.

Dari sebuah laman smartphone media massa. Ada yang mengatakan bahwa desain yang mereka pilih nanti akan sangat mirip dengan seri mereka P40 yang rilis tahun 2020 dan bagian layarnya akan ada lubang untuk kamera depan. Meskipun begitu untuk seri ini mereka memiliki lebar 73mm dengan tinggi 159mm.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hal ini masih rumor dan belum ada klarifikasi langsungnya. Terlebih dari pihak Huawei sendiri. Pasalnya mereka masih sibuk dengan pengembangan perangkat lunak mereka yang harus rampung sebelum April tahun 2021 ini. Mereka ingin menerapkan sebuah perangkat lunak yang jauh lebih ringan dan canggih daripada perangkat lunak Android atau iOs oleh Amerika Serikat.

Baca Juga : Huawei Mate 40 RS Porsche Design Collection Edition Menjadi Alternatif Dari Thermo Gun

Jika HarmoniS dalam versi beta ini berhasil menembus pasar. Maka tidak mungkin huawei akan mulai memproduksi atau memberlakukan sistem tersebut secara meluruh untuk di Tiongkok.

To Top