Tech & Auto

Sah! Telkomsel Jadi Operator Seluler Pertama RI Yang Melayani Jaringan 5G

Sah! Telkomsel Jadi Operator Seluler Pertama RI Yang Melayani Jaringan 5G

Tinggal selangkah lagi Telkomsel akan memberikan layanan jaringan 5G di Indonesia secara komersial. Kepastian tersebut didapat setelah Telkomsel dinyatakan lulus ULO (Uji Layak Operasi) 5G. Penyerahan SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) teknologi 5G di dari Kemenkominfo ke Telkomsel diserahkan langsung di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta pada Senin (24/5/2021).

Dengan diserahkannya SKLO tersebut, maka operator seluler tersebut resmi menjadi yang pertama menggelar layanan 5G di RI. Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa operator tersebut telah melakukan ULO 5G sejak 19 hingga 21 Mei 2021. Usai melalui proses ULO, Telkomsel dinyatakan lulus.

“Telkomsel dinyatakan layak (menggelar layanan 5G komersial) di RI usai melakukan uji teknis. Telkomsel merupakan operator pertama yang melakukan 5G di Indonesia,” Ujar Johnny.

Dalam tahap awal, operator tersebut akan memanfaatkan frekuensi spectrum 2,3 GHz untuk menghadirkan sinyal 5G kepada pelanggannya. Sejak dicanangkan dan dinyatakan sebagai pemenang dalam lelang frekuensi 2,3 GHz operator itu lalu mendapat alokasi tambahan 20 MHz. Telkomsel juga langsung bergerak cepat untuk mengakselerasi persiapan penerapan 5G di Indonesia.

Demi memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para pelanggan, mereka menyiapkan penerapan jaringan 5G sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku di RI.

Lihat Juga: Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu Simpati, AS, XL, Indosat Ooredoo, Tri, SmartFren

Hadirnya jaringan 5G di Indonesia akan memberi pengaruh besar enhanced Mobile Broadband (eMBB). Hal tersebut akan menguntungkan para pengguna teknologi, mengingat eMBB mampu mengakomodasi kekuatan untuk menjaga kecepata data di level tertinggi dalam berbagai kondisi. Dengan begitu, 5G akan memungkinkan bagi siapa saja untuk bisa menikmati teknologi dengan lebih matang di berbagai sektor. Mulai dari cloud gaming, VR (Virtual Reality, sampai video streaming dengan kualitas tinggi.

Dengan inovasi Ultra-Reliable and Low Latency Communications (uRLLC), 5G disebut dapat mendorong transformasi industri. 5G akan mendukung para pelaku industri untuk menambah efektifitas, produktifitas, efisiensi, serta presisi dalam tiap aktivitasnya.

To Top