Tech & Auto

Samsung Galaxy S21 Series, Ini Spesifikasi dan Tanggal Rilisnya

Samsung Galaxy S21 Series

This post is also available in: English

Samsung mulai mencoba merubah skema penamaan pada seri flagship. Sepertinya Samsung ingin memberikan nama pada seri flagshipnya dengan mengurutkan angka yang ada di belakang.

Hal itu dilakukan mulai dari tahun 2020 ini. perubahan tersebut dimulai dari produk Samsung Galaxy S20 series. Melihat hal tersebut tentunya sepertinya untuk seri selanjutnya akan diberi nama Galaxy S21.

Tanggal Rilis Galaxy S21

Setelah merilis Samsung S20 di pasaran, kabarnya Samsung akan merilis kembali produknya pada tahun 2021 tepatnya pada bulan Januari. Jika mengikuti jadwal rilis yang biasa dilakukan, maka seharusnya Samsung akan merilis seri flagship terbaru pada bulan Februari. Namun belakangan ini terdengar kabar bahwa Samsung akan merilis produk selanjutnya yang bernama Galaxy S21, bahkan bocoran mengenai spesifikasi ponsel tersebut sudah mulai beredar meskipun informasi tersebut terbatas.

Kabar ini pertama kali didapatkan dari thread yang ditulis seorang pembocor ulung bernama Jon Prosser pada tanggal 4 November 2020 di Twitter. Produk dari Samsung nanti akan hadir dalam tiga varian dari lini flagship yaitu Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra. Ketiga produk tersebut akan diumumkan dalam sebuah event pada tanggal 14 Januari 2020 bersamaan dengan pembukaan sistem pre-order.

Tweet Jon Prosser

Selang dua minggu setelah pengumuman produk dan pembukaan pre-order,  Galaxy S21 akan resmi diluncurkan di publik pada tanggal 29 Januari 2021. Konsumen yang ingin memiliki seri tersebut harus bersabar hingga tanggal yang ditentukan. Perilisan Galaxy S21 ini dilakukan lebih awal untuk menebus penjualan S20 yang lebih rendah dari yang diharapkan. Selain itu, awalnya perilisan Galaxy S21 ini bisa dibilang sebagai upaya Samsung untuk mengisi celah yang ada di pasar dengan memanfaatkan kesulitan yang dialami oleh Huawei saat ini.

Varian Warna

Prosser menjelaskan bahwa Galaxy S21 akan tersedia enam pilihan warna yaitu Hitam, Putih, Abu-abu, Silver, Ungu Violet dan Pink.  Namun, dia tidak menjelaskan warna apa saja yang akan dibawa oleh masing-masing seri. Mengenai pilihan warna pada masing-masing seri dibocorkan oleh seorang yang bernama Ross Young di akun Twitternya pada tanggal 23 Oktober 2020.

Tweet Ross Young

Ross Young mengatakan bahwa Galaxy S21 akan tersedia empat pilihan warna yaitu Abu-abu, Pink, Ungu Violet, dan Putih. Untuk S21+ hanya akan tersedia dua pilihan warna yaitu hitam dan putih dan S21 Ultra akan tersedia dalam warna hitam, silver, dan ungu violet. Untuk S21+ hanya terdapat dua pilihan warna yaitu Hitam dan Putih. Sedangkan untuk S21 Ultra tersedia dalam tiga warna yaitu Hitam, Silver, dan Ungu Violet.

Jika kabar tersebut memang benar adanya, maka di Galaxy S Series akan kedatangan warna baru yaitu ungu violet dan pink. Hal itu menandakan bahwa Samsung menghilangkan dua warna yang menjadi unggulan yaitu merah dan biru.

Kabar ini bisa dikatakan sejalan dengan rumor sebelumnya. Pernah juga terdengar kabar bahwa Samsung sudah mulai memproduksi Galaxy S21 Ultra. Namun masih belum jelas apakah produksi yang dilakukan secara massal atau hanya untuk perangkat prototipe saja karena masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Samsung sendiri.

Spesifikasi Galaxy S21

Mengenai dapur pacu, S21 nanti kabarnya akan ditenagai antara chipset Snapdragon 875 atau Exynoss 2100, hal itu tergantung pasarnya nanti. Kabar yang beredar di publik, Galaxy S21 akan menggunakan Snapdragon 875, seri ini akan menjadi produk pertama yang menggunakan chipset tersebut yang lolos sertifikasi.

S21 kabarnya menggunakan baterai berkapasitas besar, namun hal itu tergantung variannya. Untuk Galaxy S21 dan S21+ diduga menggunakan baterai berkapasitas 4.000mAh. Varian tertinggi yaitu Galaxi S21 Ultra menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh. S21 mendukung Fast Charging 65W yang termasuk teknologi terbaru dari Samsung.

Untuk layarnya nanti akan membawa desain Display Infinity-O dengan punch hole di tengah layar. S21 dan S21+ nanti akan memiliki tiga kamera belakang, sedangkan untuk varian tertinggi dari seri ini yaitu S21 Ultra akan memiliki empat kamera belakang. Salah satu lensanya mengadopsi dari kamera utama Samsung HM2 dengan resolusi 108MP yang tentunya akan menghasilkan gambar yang sempurna.

Kamera yang dibawa oleh Galaxy S21 nanti kabarnya mampu merekam video dengan kualitas tinggi yaitu 1080p pada 240 fps, 4K pada 120fps, dan 8K pada 30fps. Sementara layarnya sendiri mampu menampilkan kualitas layar sebesar 1040p dengan refresh  rate antara 120Hz ataupun 144Hz.

Sertifikasi

Menurut kabar yang beredar, saat ini Galaxy S21 telah melewati proses sertifikasi 3C di China. Sertifikasi dilakukan oleh pihak pemohon yaitu perusahaan Samsung yang ada di China (Samsung Investment) dengan pabrik pusatnya yaitu Samsung Electronics.

Produk ini diduga telah diproduksi di pabrik Samsung yang ada di Vietnam. Produk ini terdaftar dengan nomor SM-G9910 yang dilengkapi dengan charger 25W di dalam box yang akan didapatkan oleh konsumen.

Secara tidak langsung, kabar mengenai akan rilisnya Galaxy S21 pada Januari 2021 menepis dugaan bahwa yang akan menjadi penerus dari Galaxy S20 adalah S30. Hal itu menandakan bahwa bisa saja Galaxy S30 baru akan dirilis di publik sekitar tahun 2030 mendatang.

Nah itulah informasi mengenai kabar terbaru tentang akan dirilisnya Galaxy S series selanjutnya yaitu S21 yang dikabarkan akan segera dirilis di tahun 2021. Kabar yang dimaksud adalah bocoran tentang spesifikasi yang dimiliki oleh Galaxy S21 nanti.  Semoga apa yang diulas di dalam tulisan ini memberikan informasi bagi kalian. Dalam waktu dekat akan ada produk terbaru dari Samsung yang masuk dalam Galaxy S series.

To Top