Tech & Auto

Ancaman Serangan Siber Saat Work From Home, Begini Cara Mencegahnya

Sejak masa pandemi Covid-19 melanda dunia, sebagian besar perusahaan mengeluarkan kebijakan dengan memberlakukan sistem Work From Home (WFH) untuk pegawainya. Meskipun bekerja dari rumah, namun hal ini ternyata juga tidak lepas dari ancaman serangan siber.

Baru-baru ini, Cisco telah melakukan survei terhadap 3.000 pengambil keputusan teknologi dan informasi di beberapa perusahaan berskala kecil hingga besar dari 21 negara di dunia termasuk Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai apa saja ancaman siber yang mulai mengintai selama masa Work From Home dan bagaimana cara untuk mencegahnya.

Ancaman serangan siber saat Work From Home

Ancaman Serangan Siber Saat Work From Home

Di perusahaan-perusahaan Indonesia setidaknya ada tiga hal yang menjadi ancaman keamanan siber saat perusahaan menerapkan sistem Work From Home, diantaranya:

  1. Secure access atau akses ke jaringan atau aplikasi yang digunakan oleh perusahaan
  2. Data pribadi termasuk data penting perusahaan maupun data klien
  3. Proteksi dari malware

Ketiga ancaman tersebut termasuk apa yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia selama Work From Home. Tidak hanya itu, kekhawatiran akan perlindungan akses laptop atau komputer kantor, aplikasi berbasis penyimpanan atau cloud, informasi pelanggan, dan perangkat pribadi juga menjadi sorotan utama yang memang harus diperhatikan.

Dengan pemberlakuan sistem bekerja dari rumah membuat banyak pegawai yang lebih menggunakan perangkat pribadi yang tidak terprogram dari perusahaan. Hal itulah yang membuat risiko keamanan siber meningkat.

Penyebab perusahaan lengah dari ancaman serangan siber

Penyebab perusahaan lengah dari ancaman serangan siber

Ada beberapa penyebab yang mendasari kenapa perusahaan bisa sampai lengah terhadap ancaman serangan siber, diantaranya:

  • Pegawai kurang memahami tentang keamanan siber
    Dengan adanya masalah ini tentunya menuntut sebuah perusahaan agar memberikan pemahaman yang cukup terkait keamanan siber
  • Antarmuka yang tidak konsisten
    Perusahaan biasanya cenderung tidak peduli jika terjadi masalah keamanan. Hal ini menyebabkan solusi untuk mengatasi masalah keamanan berubah-ubah dan cenderung tidak konsisten
  • Perusahaan kurang melihat potensi dari ancaman siber
    Kelemahan tersebut akan semakin tidak terlihat apabila masalah yang dihadapi perusahaan semakin kompleks.

Cara mencegah

Cara mencegah ancaman serangan siber saat work from home

Solusi untuk masalah terkait ancaman siber ini, Cisco membagikan cara untuk mencegah ancaman serangan siber di perusahaan selama sistem Work From Home berlaku. Cara-cara tersebut, diantaranya:

  • Mengaktifkan pengaturan verifikasi identitas pengguna

    Penggunaan password sudah tidak efektif lagi untuk menjaga keamanan karena mudah dibobol. Oleh karena itu, salah satu cara baru untuk menjaga keamanan adalah dengan mengaktifkan pengaturan verifikasi identitas pengguna.

    Cara ini juga menggunakan strategi zero-trust. Dengan strategi tersebut, maka pihak yang bisa mengakses aplikasi atau sumber data penting perusahaan hanyalah pengguna dan perangkat yang telah terdaftar.  Bisa dikatakan bahwa strategi ini merupakan cara untuk memverifikasi identitas pengguna sebelum mengakses data perusahaan.
  • Pastikan akses koneksi internet aman
    Saat bekerja di rumah dan mengakses data perusahaan, pastikan koneksi jaringan yang digunakan aman. Apabila menggunakan jaringan WiFi publik bisa jadi jaringan tersebut dienkripsi sehingga pengguna lain yang ada di jaringan tersebut  dapat melihat aktivitas kita di internet.

    Hal ini tentunya akan sangat berbahaya jika kalian mengakses informasi yang dimiliki perusahaan dengan menggunakan jaringan publik karena bisa saja orang lain dapat mengaksesnya juga.
  • Kunjungi situs-situs internet yang terpercaya
    Semua situs yang ada di internet tidak semuanya aman. Ada juga beberapa situs berbahaya yang bisa membawa malware ke perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, usahakan gunakan proteksi untuk melindungi dari ancaman siber malware.
  • Gunakan multi-factor authentication (MFA)
    Multi-factor authentication (MFA) berguna untuk memberikan perlindungan berlapis terhadap siapapun yang hendak mengakses jaringan atau aplikasi perusahaan.
  • Gunakan VPN jika diperlukan
    VPN bisa digunakan untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang terverifikasi yang boleh mengakses data penting. Salah satu aplikasi VPN yang bisa digunakan yaitu turbo VPN.

Nah itulah ulasan mengenai ancaman keamanan siber saat Work From Home beserta penyebab dan cara mencegahnya. Mulai dari sekarang,  berhati-hatilah  dan selalu gunakan proteksi untuk melindungi data-data penting perusahaan dari ancaman siber.

To Top