Tech & Auto

Seri “i” Terbaru, Inilah Spesifikasi Dari Handphone Realme 7i

Spesifikasi Realme 7i

This post is also available in: English

Realme termasuk produktif dalam menghadirkan smartphone terbaru. Setelah sekian lama tidak merilis penerus dari seri “i”, kini Realme telah menghadirkan ponsel baru dengan spesifikasi yang sangat berbeda dari seri i sebelumnya yaitu Realme 7i yang dirilis secara bersamaan dengan rilisnya Realme 7

Sama seperti Realme 7, seri ini juga memiliki slogan “64MP Power Master” yang mengunggulkan pada sektor kamera. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini spesifikasi  dari Realme 7i yang telah resmi di Indonesia. Simak baik-baik ya!

Layar Realme 7i

Realme 7i hadir layar berdimensi 6,5 inci beresolusi HD+ (1600×720 pixel) dengan screen body ratio setara 90% yang membuat pengalaman menonton video maupun film akan menyenangkan. Realme 7i memiliki ini layak disebut Ultra Smooth Display karena menyajikan pengalaman visual yang mulus, halus, dan lancar dengan refresh rate hingga 90Hz. Dibandingkan dengan layar yang 60Hz, layar 90Hz memberikan peningkatan hingga 50% jumlah pada gambar yang akan ditampilkan per detiknya.  

Realme 7i ini memiliki Bezel yang ramping di setiap sisinya hanya saja pada bagian dagu terlihat sedikit tebal. Pada pojok kiri atas layar terdapat tempat untuk kamera depan. Selain itu, layarnya juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 sehingga menjaga layar terkena goresan. Ketika digunakan dalam waktu yang lamapun tidak perlu khawatir karena telah didukung dengan proteksi mata.

Desain Realme 7i

Sama halnya dengan Realme 7, Realme 7i juga mengusung Mirror Design yang membuatnya tampak lebih premium. Pada body belakang handphone menggunakan desain kaca yang tidak terlihat membosankan karena desain body belakang juga menambahkan garis pemisah berupa diagonal dengan Fingerprint Scanner berbentuk lingkaran. Selain itu, desain kaca yang digunakan membagi dua sisi yaitu matte dan berkilau sehingga ketika terkena pantulan cahaya, maka bagian belakang handphone akan terlihat berkilau.

Body Realme 7i memiliki ukuran 164,1×75,5×8,9 mm dengan dimensi ketebalan 3,55 mm dengan berat 188 gram yang terlihat tipis dan ringan sehingga nyaman dibawa kemanapun karena tidak menghabiskan banyak tempat. Pada sisi kanan handphone terdapat tombol power dengan pengatur volume, sedangkan untuk sisi kanan terdapat triple slot untuk dua SIM Card dan satu MicroSd. Setiap lubang yang ada di Realme 7i dilengkapi dengan sistem kedap air sehingga lubang-lubang yanga da akan tersegel dengan pelindung silikon yang akan mencegah percikan air

Realme 7i tersedia dalam dua pilihan warna yang terinspirasi dari kutub utara yaitu Polar Blue yang menggabungkan warna putih salju di Kutub Utara dengan birunya Samudera. Kemudian ada warna Aurora Green yang terlihat seperti cahaya kutub yang disebut Aurora.

Kamera

Pada sisi kamera belakang, Realmi 7i menghadirkan set up 64MP AI Quad Camera yang mampu menghasilkan gambar yang luar biasa jelas dan detail. Pada kamera belakang terdiri atas empat kamera yaitu kamera utama beresolusi 64MP, lensa ultra wide angle sebesar 119o beresolusi 8MP, lensa portrait B&W 2MP, dan lensa makro 2MP. Keempat kamera tersebut diatur ke dalam bentuk persegi ke bawah beserta LCD Flash mengikuti perkembangan desain kamera saat ini dengan empat kamera di dalamnya.

Pada kamera belakang dilengkapi dengan beragam fitur diantaranya sebagai berikut:

  • Night Filters
    Filter untuk mode malam yang terbaru yaitu Flamingo, Modern Gold, dan Cyberpunk. Hanya dengan satu klik maka akan menghasilkan gambar suasana malam yang artistik
  • Super Nightscape
    Fitur ini bisa digunakan untuk mengambil gambar keindahan malam yang akan menghasilkan gambar yang jelas dan terang
  • Cinema Mode
    Fitur ini berfungsi ketika melakukan perekaman video. Dengan fitur ini tentunya dapat merekam tentang kegiatan sehari-hari layaknya merekam sebuah film blockbuster dengan rasio yang lebih besar
  • UIS Max Video Stabilization
    Fitur ini digunakan untuk perekaman video yang dilengkapi dengan efek anti-goyang sehingga ketika mengambil rekaman video dalam keadaan berlari dan melompat, hasil gambar tetap jelas meskipun waktu perekaman gerakan lebih banyak daripada berdiam diri.

Selain itu, ada beberapa fitur lain yang tersedia di kamera belakang Realme 7i seperti Ultra Wide Mode, Chroma Boost, Panoramic view, Portrait Mode, HDR, Ultra Macro, AI Scene Recognition, Bokeh Effect Control, Slo-mo Video, AI Beauty, dan masih banyak lagi.

Sementara itu pada kamera depan beresolusi 16MP yang dilengkapi dengan sensor  Sony IMX471. Kamera depan Realme 7i dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat mempercantik hasil foto selfie seperti fitur AI Beauty, Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, Beauty Mode, HDR, Face Recognition, Filter, dan Bokeh Effect. Kamera depan Realme 7i juga bisa digunakan untuk perekaman video yang mendukung fitur UIS Video Stabilization.

Performa Yang Tangguh

Pada sisi dapur pacu, Realme 7i menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 662 dengan CPU Octacore 11 nm dan GPU Andreno 610 sehingga ponsel ini sangat cocok digunakan untuk bermain game dan menghemat daya baterai meskipun berjam-jam gaming. Sementara itu, Realme 7 ini memiliki kapasitas RAM dan memori penyimpanan internar yang besar yaitu RAM 8GB dan memori internal 128GB sehingga bisa menyimpan lebih banyak aplikasi, game, data, lagu, dan lainnya.

Tersedia juga tiga Slot Card yang terdiri dari dua SIM Card dan 1 slot Micro SD dengan kapasitas hingga 256GB untuk menyimpan file-file lain yang memang ingin disimpan di luar memori internal. Sistem operasi yang digunakan Realme 7i sama dengan yang digunakan Realme 7 yaitu Android 10 yang didukung dengan UI khas Realme.

Baterai Tahan Lama

Baterai menjadi sektor utama yang diunggulkan dalam Realme 7i ini dimana pada handphone ini tertanam baterai 5000mAh  Massive Baterry yang dilengkapi dengan Quick Charge 18 Watt yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat. ketika daya habis pun bukan menjadi masalah. Hal itu dikarenakan waktu pengisian daya baterai pun terbilang cepat. Hanya membutuhkan waktu 22 menit saja sudah bisa mengisi hingga 25%. Untuk pengisian hingga penuh hanya membutuhkan waktu 60 menit. Hal itu terjadi karena adanya fitur pengisian daya cepat yang terpasang di Realme 7i.

Kapasitas baterai yang besar yang ditawarkan Realme 7i ini benar-benar membuat daya baterai tahan lama meskipun handphone dimainkan sepanjang hari seperti bermain game selama 13 jam, Whatsapp selama 21,5 jam, YouTube selama 19,2 jam, Musik selama 88,5 jam, Google Maps selama 22,4 jam, Instagram selama 25,9 jam, dan Telepon selama 35 Jam. Bahkan, jika digunakan hanya sebatas bermain media sosial saja, handphone bisa bertahan hingga dua hari. Apalagi jika tidak digunakan untuk apapun, maka handphone Realme 7i ini akan siaga selama 34 hari.

Baterai yang tertanam pada Realme 7i ini dilengkapi dengan Super Power Saving Mode sehingga ketika daya baterai berada di bawah 10% maka mode tersebut dapat diaktifkan dan handphone bisa digunakan kembali. Dengan sisa baterai 5%, handphone dapat bertahan selama 41,1 jam. Selain itu, ada juga beberapa fitur lainnya yang membuat daya baterai awet seperti App Quick Freeze, Battery Optimization, dan Sleep Standby Optimization.

Ada hal menarik yang dimiliki Realme 7i ini yaitu fungsi ganda yang dijalankan dimana handphone ini bisa menjadi power bank bagi perangkat lain dengan OTG khusus.

Fitur Pendukung Lainnya

Untuk keamanan, Realme 7i memiliki fitur pemindai sidik jari untuk membuka handphone. Selain itu, dilengkapi juga fitur pemindai sensor wajah untuk mempermudah membuka handphone dengan menggunakan wajah pengguna. Ada pula fitur NFC Multifungsional yang mempermudah dalam melakukan setiap transaksi digital.

Harga dan Spesifikasi Realme 7i

LayarLayar menggunakan teknologi layar 90 Hz Ultra Smooth Display. Layar 6,5 inci Fullscreen Screen body ratio 90%Resolusi layar  HD+ (1600×720)
Kamera Depan16 MP dengan sensor  Sony IMX471
Fitur Kamera DepanAI Beauty, Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, Beauty Mode, HDR, Face Recognition, Filter, Bokeh Effect, dan UIS Video Stabilization (fitur perekaman video).
Kamera BelakangKamera belakang utama Sony 64 MP Quad Camera119o lensa Ultrawide Angle 8MPLensa Portrait B&W 2 MPLensa Macro 2MPLED Flash
Fitur Kamera BelakangNight Filters, Super Nightscape, Cinema Mode (fitur perekaman video), UIS Max Video Stabilization (fitur perekaman video), Ultra Wide Mode, Chroma Boost, Panoramic view, Portrait Mode, HDR, Ultra Macro, AI Scene Recognition, Bokeh Effect Control, Slo-mo Video, AI Beauty
ProcessorQualcomm Snapdragon 662
CPUOctacore 11 nm
GPUAndreno 610
Sistem OSAndroid 10, Realme UI
Sim CardDual SIM (Nano SIM, dual Stand-by)
Baterai5000mAh, Quick Charge 18 Watt
RAM8 GB
Memori128 GB Slot MicroSD hingga 256 GB
Jaringan Seluler2G, 3G, 4G (LTE)
KonektivitasWLAN, Bluetooth, USB, Infrared, NFC Multifungsional, GPS, Headphone Jack
Fitur lainSuper Power Saving Mode, App Quick Freeze, Battery Optimization, dan Sleep Standby Optimization
SensorFingerprint,  Accelerometer, Compass, dan  Gyro, Proximity
WarnaPolar Blue  dan Aurora Green
HargaRp. 3.199.000 (Harga terbaru Oktober 2020)
Spesifikasi Realme 7i

Nah itulah ulasan tentang spesifikasi dari Realme 7i. Untuk harga memang sedikit lebih murah dibandingkan dengan Realme 7.  Meskipun murah tetapi kualitasnya sangat mumpuni ditambah dengan beragam fitur yang mendukung handphone Realme 7i ini. Jika ada dari kalian yang tertarik dengan Realme 7i, kalian bisa membelinya di Realme official storenya maupun situs-situs e-commerce seperti Akulaku, Lazada maupun situs online resmi Realme. Semoga beruntung dan selamat mencoba.

To Top